Tak Hanya Dermawan Sedekah, Kiai Asep Tak Pelit Bagikan Rahasia Sukses

Oleh : Wiyanto | Rabu, 24 Agustus 2022 - 12:30 WIB

KH Asep Saifuddin Chalim bersama narasumber lainnya saat bedah Buku Kiai Miliader tapi Dermawan
KH Asep Saifuddin Chalim bersama narasumber lainnya saat bedah Buku Kiai Miliader tapi Dermawan

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim dikenal sebagai sosok Kiai miliarder yang dermawan. Tak hanya gemar bersedekah, Kiai Asep juga tak pelit dalam membagikan rahasia sukses yang dia miliki.

Bahkan sebagai Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU), Kiai Asep selalu menyempatkan waktunya untuk berkeliling Indonesia untuk menularkan kesuksesannya dalam membangun lembaga pendidikan.

"Kami terus turun ke berbagai provinsi tujuannya hanya dua, pertama menyemangati lembaga pendidikan yang bisa mencetak kader mewujudkan Indonesia maju, adil dan makmur. Kedua menyemangati masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya," tutur Kiai Asep dalam bedah buku "Kiai Miliarder tapi Dermawan" yang digelar Forum Jurnalis Wakaf Indonesia (Forjukafi) di Dewan Pers, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Tak hanya itu, bahkan Kiai Asep bersedia mentransfer sistem pendidikan Pesantren Amanatul Ummah yang telah sukses kepada pesantren lain.

"Saya selalu keliling ke berbagai provinsi untuk memotivasi kiai-kiai, untuk mentransfer sistem pendidikan pesantren kami," kata Kiai Asep.

Kepada peserta bedah buku, Kiai Asep juga membagikan rahasia ibadah yang jadi salah satu faktor kesuksesannya. Kiai Asep mengambil referensi dari Kitab Ihya' Ulumuddin karya Imam Al Ghazali. Di kitab itu disebutkan tentang doa yang tidak akan ditolak oleh Allah SWT.

Doa tersebut diiringi dengan puasa dan shalat hajat. Shalat hajat itu, kata Kiai Asep terdiri dari 12 rakaat, setiap 2 rakaat salam sampai dengan salam yang ke 6. Dalam setiap rakaatnya yang dibaca Surat Al Fatihah 1 kali, ayat Kursi 1 Kali dan surat Al Ikhlas 1 kali. Setelah salam yang ke 6 (di luar shalat) langsung bersujud. Sebelum memanjatkan do’a dalam sujud, membaca terlebih dahulu tasbih 11 kali dan shalawat 11 kali, kemudian berdoa.

"Saya laksanakan dan berhasil. Saya melaksanakannya 1 jam sebelum subuh, karena itu adalah waktu yang istijabah. Jadi shalat hajatnya merupakan doa yang tidak akan ditolak. Waktunya, waktu yang istijabah," pungkas Kiai Asep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BKSJI Kemenperin Doddy Rahadi

Senin, 26 September 2022 - 18:40 WIB

Keren! Balai Besar Kemenperin Ciptakan Sistem Monitoring Kualitas Udara & Air Limbah Industri Terintegrasi Digital

Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Pencegahan Pencemaran Industri (BBSPJPPI) Semarang telah menciptakan sistem monitoring kualitas udara maupun air limbah industri yang terintegrasi…

Mitsubishi Xpander

Senin, 26 September 2022 - 18:30 WIB

Mitsubishi Sematkan Fitur 'Ajaib' yang Bikin Mobil Irit BBM

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melengkapi mobil Mitsubishi dengan fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Fitur ini sangat…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 18:15 WIB

Ini Fitur yang Bikin New Xpander Cross Makin Sempurna

Mitsubishi New Xpander Cross tampil dengan peningkatan kualitas di berbagai fitur, keamanan dan kenyamanan, menghadirkan kombinasi sempurna antara keagresifan sebuah SUV dan pengalaman berkendara…

Presiden Jokowi

Senin, 26 September 2022 - 17:10 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Semua Sama di Mata Hukum Terkait Sejumlah Kasus Korupsi

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa proses hukum yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus dihormati oleh semua pihak karena semua warga negara sama di mata hukum. Hal tersebut…

Pelepasan produk IKM

Senin, 26 September 2022 - 15:44 WIB

Produk Singkong Beku IKM Binaan Ditjen IKMA Kemenperin Tembus Hingga Pasar Dunia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya agar Industri Kecil Menengah (IKM) tanah air mampu berkontribusi dan berperan aktif dalam memperkuat ketahanan pangan dengan menghasilkan…