Anggota DPR Bilang Harga TBS Mulai Membaik

Oleh : Wiyanto | Jumat, 19 Agustus 2022 - 22:16 WIB

Anggota Komisi IV DPR-RI, Hanan A. Rozak pada Economic Update
Anggota Komisi IV DPR-RI, Hanan A. Rozak pada Economic Update

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Perkembangan komoditas kelapa sawit Indonesia saat ini cukup menggembirakan bahkan Indonesia telah menjadi produsen kelapa sawit terbesar dunia.

Pertumbuhan kelapa sawit nasional dari tahun ke tahun cukup menarik. Selama tahun 2017 hingga 2022, terjadi penambahan luas areal perkebunan kelapa sawit hingga lebih dari 1 juta hektare. Saat ini, area perkebunan kelapa sawit mencapai lebih dari 15 juta hektare.

Sebagai negara pengekspor utama komoditas CPO (Crude Palm Oil) terbesat dunia, seharusnya Indonesia bisa mengontrol harga sawit dunia. "Kita berkepentingan tehadap harga sawit dunia yang stabil," kata Anggota Komisi IV DPR-RI, Hanan A. Rozak pada Economic Update yang tayang di CNBC Indonesia, Senin, 18 Agustus 2022.

Dia menjelaskan di tingkat petani, beberapa waktu lalu telah terjadi penurunan harga TBS (Tanda Buah Segar) yang signifkan karena adanya kebijakan yang harus diambil oleh Pemerintah setelah terjadi kelangkaan minyak goreng dalam negeri sebagai akibat dari membaiknya harga minyak sawit dunia.

Pada saat itu, katanya, perhatian Pemerintah terhadap konsumsi CPO dalam negeri agak sedikit terabaikan sehingga menimbulkan kelangkaan minyak goreng di tingkat masyarakat. Namun, Pemeritah sigap dan sudah tepat mengambil langkah-langkah dan kebijakan, salah sagtunya dengan melakukan penghentian sementara ekspor CPO dan produk turunanya.

"Saat ini, dengan adanya kebijakan pembukaan lagi keran ekspor CPO, penghapusan pajak-pajak ekspor dan secara bertahap mengurangi kebijakan DMO (Domestic Market Obligation), dampaknya sudah mulai dirasakan oleh petani berupa kenaikan harga tandan buah segar atau TBS," ujarnya.

Hanan menjelaskan saat ini dilaporkan bawa di sejumlah provinsi tertentu, sudah terjadi kenaikan harga TBS hingga diatas Rp2.000 per kg. Ada juga yang melaporkan harga TBS sudah diatas 1.500 per kg. "Saya kira, kebijakan yang diambil pemerintah sudah tepat dan sekarang bagaimana mempertahankanya. Bagi petani, dengan harga TBS diangka Rp2.000 per kg, asal tidak dibawah Rp2.000 per kg, mereka sudah nyaman," ujarnya.

Dia optimis, dengan tren kenaikan yang sudah terjadi sekarang, harga TBS kelapa sawit akan kembali normal. Sementara harga minyak goreng di dalam negeri-pun sudah tidak ada masalah lagi. Produksi minyak goreng dan kebijakan yang diambil pemerintah, sudah bisa dikatakan berhasil sehingga saat ini sudah tidak terdengar lagi adanya kelangkaan minyak goreng.

Dia menegaskan bahwa petani-petani swadaya kelapa sawit sangat berkepentingan dengan harga TBS yang stabil. Mereka sangat tergantung kepada harga TBS yang baik karena kegiatan pemeliharaan kebun, memenuhi kebutuhan rumah tangganya bahkan pada saat tertentu, mereka tidak bisa menutupi biaya panen jika harga tertalu rendah. "Strategi Pemerintah dalam menaikkan dan menjaga stabilitas harga TBS sudah tepat, hanya memerlukan waktu agar dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Personel Korem 174/ATWyang dipimpin oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih TA. 2022 oleh Kakumdam…

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Selasa, 06 Desember 2022 - 03:57 WIB

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 Tahun 2022. Acara pembukaan dipusatkan di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…