Hut RI Ke 77, Kolatmar Gelar Upacara di Tengah Laut dan Pengibaran Merah Putih Bawah Air di Pulau Gili Ketapang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Agustus 2022 - 05:15 WIB

Hut RI Ke 77, Kolatmar Gelar Upacara di Tengah Laut dan Pengibaran Merah Putih Bawah Air di Pulau Gili Ketapang
Hut RI Ke 77, Kolatmar Gelar Upacara di Tengah Laut dan Pengibaran Merah Putih Bawah Air di Pulau Gili Ketapang

INDUSTRY.co.id - Pasuruan- Semarak Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 tahun, perintah dari Kepala Staf  TNI Angkatan Laut melalui Komandan Korps Marinir untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar)  menggelar upacara di tengah laut dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut di Pulau Gili Ketapang, Probolinggo, Rabu (17/08/2022).

Prosesi upacara di tengah laut dan pengibaran bawah laut melibatkan 13 penyelam; 5 personil dari Puslatsus Kolatmar, 4 personil dari KSOP dan 4 dari personil Club Merines Coral Dive Probolinggo, dilaksanakan di  kedalaman 15 meter dipimpin Lettu Marinir Adi Sampurno selaku komandan Tim pengibar bendera bawah air.

Sedangkan pasukan diatas laut melibatkan 1 Kapal Patroli Dari KSOP, 1 Kapal dari Dinas Perikanan serta 5 Kapal komunitas wisata snorkeling Gili Ketapang.

Tak kurang sejumlah 2 Peleton prajurit Kolatmar, 1 Regu dari KSOP dan 1 Regu dari Perikanan siswa-siswi SMP Negeri 3, tokoh Pemuda Karang Taruna, dan tokoh masyarakat Gili Ketapang turut dalam upacara ini.

“Dengan perencanaan yang matang pengecekan personel dan material juga sarana pendukung lainnya agar tercapainya sasaran sinergitas dan menumbuhkan rasa kebersamaan dengan instansi terkait dan masyarakat sekitar untuk kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Dankolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E selaku penanggung jawab acara.

Dankolatmar mengatakan, ini merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke 77, "Kibarkan Merah Putih Di Bawah Laut Di 77 Lokasi Nusantara !".

Kegiatan ini dalam rangka membangun membangun kejayaan maritim untuk  "Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Ini sebagai upaya menanamkan nilai-nilai patriotisme dan menjalin sinergitas dengan seluruh komponen masyarakat dalam mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan global, TNI Angkatan Laut dengan membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Diwaktu yang sama, Kepala Desa Gili Ketapang Bapak Munir mengucapkan terima kasih kepada bapak bapak Marinir TNI AL semoga kedepan bisa digelar acara ini lebih meriah, kami mewakili warga sekali lagi mengucapkan terima kasih, ungkapnya.

Diketahui, Pantai Gili Ketapang Probolinggo menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang ramai dikunjungi wiasatawan lokal maupun luar. Marcing Band dari Karang Taruna Gili Ketapang juga ikut memeriahkan acara, antusias masyarakat berbaur bersama menyaksikan, foto bersama Komandan Kolatmar, door stop dengan media dan ramah tamah mewarnai acara tersebut.

Dirgahayu RI Ke 77 Tahun, TNI Angkatan Laut adalah garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah kelautan NKRI dengan berjuta kekayaan yang terkandung dan bukti penghargaan kepada perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia yang harus dijaga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.