Hut RI Ke 77, Kolatmar Gelar Upacara di Tengah Laut dan Pengibaran Merah Putih Bawah Air di Pulau Gili Ketapang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Agustus 2022 - 05:15 WIB

Hut RI Ke 77, Kolatmar Gelar Upacara di Tengah Laut dan Pengibaran Merah Putih Bawah Air di Pulau Gili Ketapang
Hut RI Ke 77, Kolatmar Gelar Upacara di Tengah Laut dan Pengibaran Merah Putih Bawah Air di Pulau Gili Ketapang

INDUSTRY.co.id - Pasuruan- Semarak Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 tahun, perintah dari Kepala Staf  TNI Angkatan Laut melalui Komandan Korps Marinir untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar)  menggelar upacara di tengah laut dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut di Pulau Gili Ketapang, Probolinggo, Rabu (17/08/2022).

Prosesi upacara di tengah laut dan pengibaran bawah laut melibatkan 13 penyelam; 5 personil dari Puslatsus Kolatmar, 4 personil dari KSOP dan 4 dari personil Club Merines Coral Dive Probolinggo, dilaksanakan di  kedalaman 15 meter dipimpin Lettu Marinir Adi Sampurno selaku komandan Tim pengibar bendera bawah air.

Sedangkan pasukan diatas laut melibatkan 1 Kapal Patroli Dari KSOP, 1 Kapal dari Dinas Perikanan serta 5 Kapal komunitas wisata snorkeling Gili Ketapang.

Tak kurang sejumlah 2 Peleton prajurit Kolatmar, 1 Regu dari KSOP dan 1 Regu dari Perikanan siswa-siswi SMP Negeri 3, tokoh Pemuda Karang Taruna, dan tokoh masyarakat Gili Ketapang turut dalam upacara ini.

“Dengan perencanaan yang matang pengecekan personel dan material juga sarana pendukung lainnya agar tercapainya sasaran sinergitas dan menumbuhkan rasa kebersamaan dengan instansi terkait dan masyarakat sekitar untuk kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Dankolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E selaku penanggung jawab acara.

Dankolatmar mengatakan, ini merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke 77, "Kibarkan Merah Putih Di Bawah Laut Di 77 Lokasi Nusantara !".

Kegiatan ini dalam rangka membangun membangun kejayaan maritim untuk  "Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Ini sebagai upaya menanamkan nilai-nilai patriotisme dan menjalin sinergitas dengan seluruh komponen masyarakat dalam mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan global, TNI Angkatan Laut dengan membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Diwaktu yang sama, Kepala Desa Gili Ketapang Bapak Munir mengucapkan terima kasih kepada bapak bapak Marinir TNI AL semoga kedepan bisa digelar acara ini lebih meriah, kami mewakili warga sekali lagi mengucapkan terima kasih, ungkapnya.

Diketahui, Pantai Gili Ketapang Probolinggo menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang ramai dikunjungi wiasatawan lokal maupun luar. Marcing Band dari Karang Taruna Gili Ketapang juga ikut memeriahkan acara, antusias masyarakat berbaur bersama menyaksikan, foto bersama Komandan Kolatmar, door stop dengan media dan ramah tamah mewarnai acara tersebut.

Dirgahayu RI Ke 77 Tahun, TNI Angkatan Laut adalah garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah kelautan NKRI dengan berjuta kekayaan yang terkandung dan bukti penghargaan kepada perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia yang harus dijaga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:23 WIB

Ini Jurus Menperin Agus Pacu Daya Saing Industri Galangan Kapal

sebagai upaya pengembangan industri perkapalan dalam negeri yang berdaya saing global, Kemenperin menilai perlunya langkah untuk mengurangi bahan baku dan komponen impor, dukungan pembiayaan…

Rizky Billar foto by Ig Pribadi RB

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:31 WIB

Dampak Dugaan KDRT, Rizky Billar Diputus Kontrak Sebagai Host D Academy 5 Indosiar

Analisa Sutrisno Buyil sebagai wartawan hiburan seniro yang dimuat dibeberapa media, tentang karier Rizky Billar bakal tamat. Mulai jadi kenyataan, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dengan…

Pabrik TACO di Cikande

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:56 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

TACO sebagai solusi produk interior mengumumkan pencapaiannya atas sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, Singapore Green…

Head of Community PINTU Jonathan Hartono

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:55 WIB

Aplikasi PINTU Berikan Edukasi Crypto dan Blockchain Kepada Tiga Kampus Besar Indonesia di ICMF 2022

PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU, platform jual beli dan investasi aset crypto terus bergerilya memberikan edukasi tentang investasi aset crypto dan teknologi blockchain. PINTU mendapatkan…

FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:10 WIB

12.000 Pengunjung, FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 telah resmi berakhir pada 24 September lalu. Tiga hari gelaran ini berlangsung bersama Retail Indonesia sukses menggaet 12,000 pengunjung, 300…