Ekspansi ke Asia Tenggara, KVG Bakal Kembangkan Industri Kenaf di Aceh

Oleh : Ridwan | Rabu, 17 Agustus 2022 - 07:40 WIB

Penandatanganan MoU KVG dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemerintah Aceh
Penandatanganan MoU KVG dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemerintah Aceh

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan asal Malaysia, Kenaf Venture Global (KVG) berekspansi bisnis ke pasar Asia Tenggara. Langkah pertama, KVG menyasar Indonesia dengan menggaet PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemerintahan Daerah Aceh.

KVG telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Kenaf Diwana Sanjaya dan Pemerintahan Aceh untuk perluasan industri kenaf dalam hal teknologi, penelitian, dan pengembangan benih kenaf di Aceh.

Melalui kerja sama ini, KVG ingin memperluas perkebunan hingga 100 ribu hektar.

"Kami bertekad menjadi yang terdepan dalam kemajuan teknologi yang terkait industri kenaf," kata CEO of KVG Group Jazman Shahar Abdollah di Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta pada Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, perusahaan menyasar Aceh karena wilayah tersebut dinilai cocok bagi perkembangan industri kenaf. 

"Tidak hanya didukung lingkungannya, tapi Pemerintah Daerah Aceh juga mendukung kerja sama ini," ujar Jazman.

CEO of PT Kenaf Diwana Sanjaya Ikhsan mengatakan, kerja sama dengan KVG membantu perkembangan pertumbuhan kenaf di Indonesia. 

"Ini langkah yang bagus untuk pengembangan kenaf di Indonesia," katanya.

Ia juga menilai, tanaman kenaf merupakan tanaman yang dapat menggantikan material yang tidak ramah lingkungan untuk sejumlah industri, seperti otomotif.

Sementara itu, Plt. Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekda Aceh Mawardi mengatakan bahwa kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif di bidang ekonomi, masyarakat, dan lingkungan Aceh.

Pada bidang ekonomi, kerja sama dengan KVG sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang sedang menggiatkan investasi dari luar dalam rangka mendorong perekonomian yang sempat melambat akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah Aceh mendukung KVG dalam ekspansi industri kenaf di Aceh, khususnya di bidang riset dan pengembangan. Kami sangat menghargai kerja sama ini dan berharap semoga dengan masuknya KVG ke Aceh, akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Aceh," kata Mawardi.

Kenaf merupakan tumbuhan kategori serat panjang yang dapat tumbuh dengan baik di beragam jenis tanah, mulai dari tanah gambut organik hingga tanah gurun berpasir. 

Kenaf juga dapat tumbuh di tanah yang telah terkena banjir, kesuburan rendah, dan jangkauan ph yang luas serta toleransi terhadap kekeringan.

Kenaf dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan karung goni, karpet, geotekstil, dan kerajinan. Kenaf juga digunakan di berbagai sektor antara lain, otomotif, kertas, bangunan, hingga konstruksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…