Peduli pada Permasalahan Sampah, Resta Pendopo KM 456 Jalankan Program Inovasi Lingkungan

Oleh : Candra Mata | Senin, 15 Agustus 2022 - 22:01 WIB

Ilustrasi pembuatan eco enzyme
Ilustrasi pembuatan eco enzyme

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Resta Pendopo KM 456, tempat peristirahatan dan destinasi wisata garapan PT Astari Marga Sarana sebagai salah satu anak perusahaan Astra Property, menghadirkan berbagai inovasi terbaru dalam pengurangan dan pengelolaan sampah. Di tahun 2022 ini, tim Resta Pendopo KM 456 telah menjalankan beberapa program inovasi lingkungan, antara lain dengan menghadirkan bank sampah plastik, pembuatan eco enzyme dan pemanfaatan teknologi digital dalam pemesanan makanan di UMKM. 

Dalam melaksanakan program bank sampah plastik, Resta Pendopo KM 456 menyediakan kotak yang disebut rebox, yang berlokasi di UMKM A&B (lantai 2), sebagai tempat mengumpulkan sampah kemasan air minum berbahan plastik dari pengunjung. Untuk menarik minat pengunjung ikut berpartisipasi dalam program ini, bagi setiap pengunjung yang memasukan satu botol air minum plastik ke rebox maka akan dapat ditukar dengan satu buah masker. Kemasan air minum berbahan plastik yang terkumpul di Resta nantinya akan disalurkan ke pengepul sampah. Kegiatan ini telah dimulai sejak akhir bulan April sampai sekarang, dengan total 47kg sampah kemasan air minum berbahan plastik yang telah terkumpul. 

Sampah plastik hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang cukup pelik di Indonesia, Berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun. Berdasarkan Peraturan Presiden/Perpres 97 tahun 2017, Pemerintah Indonesia telah menetapkan target nasional pengurangan sampah sebanyak 30% dan penanganan sampah sebanyak 70% pada tahun 2025 serta pengurangan sampah plastik laut 70% pada tahun 2025.

“Tentu hal ini menjadi perhatian kami juga selaku pengelola Resta Pendopo KM 456. Kami tentu tidak ingin produksi sampah di Resta tidak terkelola dengan baik dan menjadi permasalahan baru. Kita harus mendukung program pemerintah dalam hal penanganan sampah,” kata Daisy Setiawan, Direktur PT Astari Marga Sarana dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Senin (15/8/2022).

Michale Atmoko selaku Presiden Direktur PT Astari Marga Sarana juga menambahkan, selain menghadirkan bank sampah plastik, Resta Pendopo KM 456 juga melakukan program inovasi pengelolaan sampah yakni pembuatan eco enzyme. Aktivitas ini merupakan kegiatan pemanfaatan limbah kulit buah menjadi cairan eco enzyme, yang sudah berlangsung sejak Februari 2022. Melalui proses eco enzym, pengolahan sisa kulit buah akan menghasilkan cairan pembersih lantai yang dapat mensubstitusi 10% dari pemakaian bahan kimia pembersih lantai, serta dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman yang dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia sebanyak 50% di area Resta Pendopo KM 456. 

Selain itu, Resta Pendopo KM 456 berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital dalam pemesanan makanan di gerai UMKM untuk mengurangi penggunaan kertas. Hal ini dilakukan dengan memindai kode QR yang akan menghubungkan pembeli ke laman mobile orderingmilik Resta yang diberi nama ‘Nedha’ untuk gerai UMKM sisi A (arah tol Semarang-Solo) dan 'Remen’ untuk gerai UMKM sisi B (arah tol Solo-Semarang). Selain bertujuan mengurangi penggunaan kertas, Resta Pendopo KM 456 juga memberikan edukasi bagi pelaku UMKM untuk menggunakan teknologi digital sebagai sarana untuk meningkatkan daya jual produknya. 

Fasilitas semakin lengkap lewat kehadiran tenant-tenant baru

Diapit oleh lima gunung ikonik di Jawa Tengah, Resta Pendopo KM 456 yang terletak di ruas jalan Tol Trans Jawa arah Semarang - Solo terus berinovasi untuk menghadirkan fasilitas - fasilitas terbaik bagi pengunjungnya. Mengusung konsep One stop services under one roof, Resta Pendopo KM 456 menawarkan fasilitas yang lengkap, mulai dari berbagai gerai kuliner, pusat oleh-oleh hingga gerai fashion.

Melengkapi fasilitas yang sudah tersedia sebelumnya, di bulan Juni tahun ini, Resta Pendopo KM 456 kembali menghadirkan tenant-tenant baru yang semakin meramaikan pilihan makanan dan minuman bagi pengunjung. Tenant baru yang diisi oleh brand-brand kenamaan tersebut di antaranya Kopi Kenangan, Golden Lamian, Roti’O, dan Outlet Fashion Minimal dan MOC yang menawarkan banyak promo menarik mulai dari buy one get one, pay one for two, hingga Discount up to 50 percent. 

Selain itu, untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tangal 17 Agustus, Resta Pendopo KM 45 akan menyelenggarakan program Kemerdekaan. Para pengunjung akan dapat menikmati berbagai promo dari tenant-tenant di Resta selama program berlangsung, seperti Diskon 17%, harga promo Rp 7.700 hingga paket makanan serba Rp 77.237. Berbagai aktivitas menarik juga diadakan, seperti mendekorasi gerai tenant sesuai dengan tema Kemerdekaan, dan akan ada lomba 17-an yang dapat diikuti oleh seluruh insan Resta Pendopo KM 456.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…