Sucofindo Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Oleh : Kormen Barus | Senin, 15 Agustus 2022 - 18:32 WIB

SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022
SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT Sucofindo mendukung Kementerian Perindustrian dalam optimalisasi penyerapan garam lokal, yaitu melalui verifikasi neraca komoditas garam. Komitmen Penyerapan Garam Lokal 2022 ini tertuang dalam nota kesepahaman antara industri pengolah garam dengan petani garam, yang disaksikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan turut dihadiri oleh Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa penandatanganan nota kesepahaman (MoU) ini dapat meningkatkan penyerapan hasil produksi garam dalam negeri.

"Kami berharap petani garam dapat memproduksi garam sesuai dengan kualitas yang ditetapkan oleh industri pengguna garam, serta kuantitasnya bisa terpenuhi, sehingga impor untuk garam lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," tutur Agus Gumiwang.

Agus Gumiwang berharap MoU ini sebagai momentum yang tidak hanya kontrak di atas kertas saja. "Kerja sama ini penting bagi kita semua termasuk industri untuk melakukan pembinaan terhadap petani garam. Ini sebagai wujud dan bukti nyata dari Kemenperin, pelaku industri, petani garam, dan stakeholder lainnya bahwa negara tetap memprioritaskan produk dalam negeri termasuk garam," ujar Agus Gumiwang.

Darwin Abas, Direktur Komersial PT SUCOFINDO, menjelaskan bahwa dukungan terhadap kerja sama ini, PT SUCOFINDO dapat melayani verifikasi neraca komoditas garam. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan rencana kebutuhan industri komoditas garam sesuai dengan pemanfaatan produksi berdasarkan kemampuan produksi dan kesesuaian distribusi.

"Verifikasi ini juga bertujuan untuk mendapatkan peta rencana kebutuhan industri komoditas garam yang meliputi jenis, jumlah, spesifikasi, realisasi dan rencana seperti pasokan, produksi, pemanfaatan, distribusi dan stok komoditas garam,” kata Darwin.

Selain itu, hasil verifikasi neraca komoditas garam dapat mengetahui kebutuhan dan kesesuaian dengan distribusi, berdasarkan jenis dan spesifikasi secara sektoral dan regional, update data industri, serta sebagai bahan evaluasi, referensi dan penentuan kebijakan penetapan neraca komoditas garam industri.

Lingkup kegiatan verifikasi ini menurut Darwin antara lain, menilai kebenaran aspek legalitas, kelengkapan administrasi rencana kebutuhan/pasokan, realisasi produksi, kapasitas terpasang dan kemampuan produksi, jenis, spesifikasi, jumlah pemanfaatan, stok, rencana kebutuhan/pasokan dan distribusi serta menilai kesesuaian antara rencana kebutuhan/pasokan dengan rencana produksi, kapasitas terpasang dan kemampuan produksi. “Verifikasi ini juga mencakup evaluasi fasilitas produksi dan penyimpanan,” ujar Darwin.

PT SUCOFINDO telah melaksanakan verifikasi neraca komoditas garam sebagai bahan baku dan bahan penolong industri sejak tahun 2018. Penunjukan sebagai lembaga independen mengacu pada Keputusan Sekjen Kementerian Perindustrian No. 64 Tahun 2018 dan sudah dilakukan perpanjangan melalui Keputusan Sekjen Kementerian Perindustrian No. 381 Tahun 2020 tentang Penunjukan Lembaga Pelaksana Verifikasi Rencana Kebutuhan Impor Komoditas Pergaraman Industri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Beras Srinuk, Produk Pertanian Lokal yang Dipopulerkan Ganjar/ foto: jatengprov.go.id

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:01 WIB

Keren! Ini Beras Srinuk, Produk Pertanian Lokal yang Dipopulerkan Ganjar

Klaten – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo benar-benar peduli dengan produk lokal. Beras Srinuk yang merupakan produk pertanian unggulan Kabupaten Klaten pun, pernah dipedulikan Ganjar dengan…

Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan membuka secara simbolis pada acara Pelatihan 3 in 1 SDM Industri Perkapalan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:00 WIB

Gelar Pelatihan 3 in 1, Kemenperin Siap Ciptakan SDM Kompeten Industri Perkapalan

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk terus meningkatkan penyediaan SDM terampil dan kompeten guna mendukung peningkatan produktivitas dan daya saing industri perkapalan nasional.

Tahilalats, Karakter Web Komik Indonesia Umumkan Kolaborasi dengan Crayon Shinchan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:49 WIB

Tahilalats, Karakter Web Komik Indonesia Umumkan Kolaborasi dengan Crayon Shinchan

Jakarta – Karakter web komik lokal Tahilalats secara resmi mengumumkan kolaborasinya dengan tokoh kartun ikonik asal Jepang, Crayon Shinchan. Kolaborasi ini sekaligus menandakan tiga dekade…

Presiden Jokowi pada peresmian revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu (05/10/2022). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:25 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Sebelum lepas landas menuju Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kunjungan kerja, Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU/Bandara Halim Perdanakusuma,…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:23 WIB

Ini Jurus Menperin Agus Pacu Daya Saing Industri Galangan Kapal

sebagai upaya pengembangan industri perkapalan dalam negeri yang berdaya saing global, Kemenperin menilai perlunya langkah untuk mengurangi bahan baku dan komponen impor, dukungan pembiayaan…