UD Trucks Laksanakan Pelatihan Pengemudi di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Agustus 2022 - 11:03 WIB

UD Trucks Laksanakan Pelatihan Pengemudi
UD Trucks Laksanakan Pelatihan Pengemudi

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, UD Trucks mengadakan pelatihan dan memberikan edukasi kepada 35 pengemudi dari Astra UD Trucks atau disebut juga dengan program UD Driver Training yang bertujuan untuk meningkatkan performa dan pengalaman pengemudi. 

Pelatihan pengemudi ini diikuti beberapa peserta yang merupakan pengemudi armada UD Trucks dari beberapa bisnis yang dijalankan oleh konsumen UD Trucks. Program UD Driver Training adalah salah satu dari serangkaian program yang didasarkan atas komitmen UD Trucks dalam memberikan pelayanan lebih bagi pelanggan setia UD Trucks. 

Program ini terdiri dari berbagai aktivitas yang melatih pengemudi untuk terus giat mencapai performa terbaiknya yang berkaitan erat dengan peningkatan bisnis pelanggan dimana pelanggan dapat menghemat biaya bahan bakar, melipat gandakan produktivitas unit, serta meningkatkan keamanan pengemudi. 

Astra UD Trucks rutin memberikan program pelatihan pengemudi, terutama bagi pelanggan baru dan pengemudi baru serta pengulangan pelatihan. Modul pelatihan yang diberikan oleh Astra UD Trucks terdiri dari pelatihan inclass dan praktek langsung dengan lokasi beragam mulai di Astra UD Training Centre, ke lokasi pelanggan, atau juga dapat dilakukan secara online. 

Melalui program UD Driver Training, 35 pengemudi Astra UD Trucks mendapatkan kesempatan untuk diberikan pelatihan oleh PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) dan juga dari Ahmad Wildan Senior Investigator dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Program UD Driver Training, berpedoman pada 4 pillar penting yaitu; pre-drive inspection, driving skill, pick-up time dan delivery. Pengemudi diberikan edukasi dan dipastikan memahami ke-4 pillar penting ini di setiap proses berkendara. 

"Bagi kami sumber daya manusia merupakan salah satu komponen utama dalam industri. Hal ini tentunya saling berkaitan dengan pengembangan teknologi, design, dan peningkatan performa untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu adanya teknologi UD Telematics pada UD Trucks sangat membantu memudahkan pekerjaan dan peningkatan efisiensi pengemudi," kata Bambang Wijanarko selaku Chief Operating Officer dari Astra International UD Sales Operations, Sabtu (13/8/2022).

"Kami harap setiap pengemudi yang ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini dan pelatihan selanjutnya dapat terus memacu semangat mereka dalam menambah pengetahuan dan juga pengalaman tidak hanya untuk memberikan performa terbaik di setiap pekerjaan mereka namun juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi mereka yang mampu bekerja dengan efisien," imbuhnya.

Pelatihan ini merupakan upaya dari UD Trucks untuk memberikan hasil maksimal kepada pelanggan dari sisi performa pengemudi. Dengan adanya teknologi dan fitur-fitur canggih yang diberikan pada unit-unit UD Trucks, aspek kemampuan pengemudi merupakan aspek penting dalam meningkatkan efisiensi kerja yang mana jika dikombinasikan dengan pengamatan terus-menerus selama operasional, kontribusi yang diberikan dalam mengurangi Total Cost Ownership (TCO) sangat besar dan di sisi lain berdampak juga pada keselamatan pengemudi dan keamanan unit truk yang digunakan. 

Pada aspek keamanan armada bagi pemilik bisnis, UD Trucks sejak lama telah menyediakan fitur UD Telematics yang membantu pengemudi dan pelanggan mengelola armada secara efektif. Fitur ini dapat memberikan visibilitas penuh untuk memantau armada, mampu memprediksi kapan unit memerlukan preventive maintenance, memungkinkan pelanggan mengakses analisis laporan unit dan optimasi bahan bakar unit, serta pengelolaan waktu kerja setiap armada yang dimiliki dengan demikian efisiensi unit dapat tercapai. 

“Sudah saatnya kita membentuk budaya selamat pada para pengemudi kita. Budaya selamat adalah suatu budaya dimana pengemudi terlatih untuk mengidentifikasi resiko pada pekerjaaannya. Apa saja resiko pada kendaraan yang dibawanya, apa saja resiko pada lintasan yang akan dilaluinya, apa saja resiko muatannya, dan yang paling penting apa saja resiko pada dirinya. Karena keselamatan, adalah terhindarnya seseorang dari resiko terjadinya kecelakaan, oleh sebab itu jika tidak ingin celaka pahami resikonya dan kendalikan.” ujar Ahmad Wildan Senior Investigator dari KNKT.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…