Gandeng Privy, Kemenparekraf Serahkan Bantuan 100 Kursi Tunggu Perkuat Amenitas Bandara Ngurah Rai Bali

Oleh : Candra Mata | Jumat, 12 Agustus 2022 - 21:50 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno - Handhy Heryudhitiawan (GM Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali
Menparekraf Sandiaga Uno - Handhy Heryudhitiawan (GM Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan PT. Privy Identitas Digital memperkuat amenitas (sarana) Bandar Udara Internasional Ngurah Rai berupa bantuan 100 kursi tunggu yang diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan wisatawan sehingga akan berdampak maksimal pada upaya mendukung kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif dan terciptanya lapangan kerja di Bali. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara penyerahan bantuan amenitas yang berlangsung di ruang keberangkatan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (12/8/2022) siang, mengapresiasi gerak cepat pemangku kepentingan pariwisata dalam menyikapi kebutuhan wisatawan khususnya dalam upaya menjaga momentum kebangkitan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Alhamdulillah hari ini 100 _seats_ sudah dihadirkan untuk membantu kenyamanan wisatawan," kata Menparekraf Sandiaga Uno dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Jumat (12/8/2022).

Menurut Sandiaga, momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali sudah mulai terindikasi berdasarkan data BPS, tingkat ekonomi Bali pada kuartal II tahun ini tumbuh 3,04 persen. Sektor transportasi, akomodasi, dan minuman menjadi lokomotif dalam pertumbuhan tersebut. 

"Saya bersyukur pariwisata dan ekonomi kreatif sudah menggeliat tapi kita harus jaga kesehatan ekosistem parekraf kita. Saya memberi perhatian sangat besar terhadap _revenge travel_ ini jangan sampai seperti Bandara Heathrow (Inggris) yang kelasnya dunia kewalahan meng-_handle_ kedatangan wisatawan," ujarnya.

Selain itu, kesiapan sumber daya manusia juga harus dapat dijaga agar target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 dapat terwujud. 

"Sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif harus segera kita siapkan untuk menjaga momentum pariwisata Bali di tahun 2022 semakin baik. Termasuk menghadirkan langkah kolaboratif menyambut berbagai _event_ dunia termasuk G20 di November 2022," jelas Sandiaga. 

Sementara itu, Direktur Utama PT. Privy Identitas Digital, Marshall Pribadi, merasa bangga karena bisa memberikan kontribusi terhadap pengembangan industri pariwisata tanah air. 

"Satu kehormatan bagi kami untuk sedikit berkontribusi dalam memberikan sejumlah kursi tunggu untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai," kata Marshall. 

Ia berharap kolaborasi ini dapat berkembang ke depannya khususnya dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Privy sebagai perusahaan yang menghadirkan layanan identitas digital dan tanda tangan digital sejak tahun 2016 berkomitmen terus mendukung, terutama dalam mengoptimalkan digitalisasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Hingga saat ini _user_ dari Privy sudah mencapai 30 juta individu. Dengan digitalisasi diharapkan dapat mendukung percepatan _ecotourism_ di tanah air," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, menyampaikan apresiasi atas dukungan penguatan fasilitas dari Kemenparekraf dan Privy yang akan meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan di Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Handhy menjelaskan hingga saat ini jumlah penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terus meningkat. Saat ini meski masuk _low season_, jumlah penumpang bisa mencapai 22 ribu hingga 23 ribu per hari. 

Terlebih banyak maskapai dari luar negeri yang berencana menambah frekuensi atau membuka kembali penerbangannya ke Bali. Seperti China Airlines yang rencananya akan masuk pada September 2022. 

"Artinya memang perlu kerja sama kolaborasi di antara kita semua untuk memastikan pariwisata di Bali sudah mulai tumbuh dan ini perlu kita dorong kembali. Dan kursi-kursi tersebut akan ditempatkan di berbagai areal bandara agar bisa dimanfaatkan secara maksimal," kata Handhy. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis, Ario Prawiseso; Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf/Baparekraf, Anggara Hayun Anujuprana; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; Wakil Direktur 2 Politeknik Pariwisata Bali, I Wayan Tuwi; serta Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Dayu Indah. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…