Kinerja Gemilang PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA)Di tengah Melemahnya Harga Emas Dunia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 12 Agustus 2022 - 16:32 WIB

 Direktur Utama HRTA, Sandra Sunanto (Tengah)
Direktur Utama HRTA, Sandra Sunanto (Tengah)

INDUSTRY.co.id - Bandung – Di tengah melemahnya harga emas dunia, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia, mencatatkan kinerja yang gemilang hingga pertengahan tahun 2022 (1H2022).

HRTA berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp3,22 triliun dimana terjadi peningkatan sebesar 31,18% YoY dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini menunjukan kinerja yang solid dari HRTA ditengah situasi pandemi dan juga melemahnya harga emas dunia.

Pertumbuhan pendapatan HRTA ini didorong oleh adanya peningkatan dalam penjualan emas murni sebesar 27,26% YoY dari 2,84 ton pada 1H2021 menjadi 3,62 ton pada 1H2022. Selain itu harga rata – rata jual (Average Selling Price/ASP) tercatat pada level Rp876,429/ gram di 1H2022, yang meningkat 3,05% YoY dari yang sebelumnya Rp850,482/ gram pada 1H2021.

Peningkatan juga tercatat pada laba bersih Perseroan sebesar 40,66% YoY menjadi Rp133,24 milliar. Penjualan ke grosir masih menjadi kontributor utama dengan porsi 89,83%, yang diikuti oleh penjualan eceran sebesar 8,81% dan bisnis gadai sebesar 1,10%. Sedangkan ROA dan ROE kini meningkat ke level 6,89% dan 16,62%. Di sisi lain, Perseroan berhasil mencatatkan penurunan rasio DER dari sebelumnya 1,58x di 1Q22 menjadi 1,41x di 1H22.

Direktur Utama HRTA, Sandra Sunanto Jumat (12/08/2022) menjelaskan, “pencapaian pertumbuhan kinerja HRTA yang signifikan tersebut dikontribusikan oleh penjualan EmasKita dan Kencana yang mencapai 45% dari total pendapatan konsolidasian. Perseroan bersama dengan PT Emas Antam Indonesia (EAI) juga terus berinovasi pada produk emas batangan Perseroan dengan menambahkan fitur BullionProtect®, yaitu teknologi terbaru proteksi keaslian logam mulia yang dikembangkan oleh SICPA bekerja sama dengan METALOR Technologies.”

 

Teknologi BullionProtect® saat ini ditambahkan pada produk emas murni batangan ukuran 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram, dimana tinta keamanan (security ink) telah terbukti mengamankan dan mengantisipasi tindakan pemalsuan. Kedepannya, Perseroan berencana untuk menerapkan teknologi yang sama untuk emas batangan dengan gramasi yang lebih kecil. Sandra yakin dan optimis bahwa masyarakat bisa berinvestasi emas dengan lebih aman, estetik dan elegan saat ini melalui produk EmasKITA.

Untuk mendorong penjualan EmasKITA dan KENCANA, Perseroan juga telah meluncurkan e-commerce emaskita.id yang dapat langsung diakses oleh pelanggan untuk membeli produk EmasKITA dan KENCANA, melakukan buyback, serta melakukan verifikasi keaslian emas dan untuk mengakses fitur Augmented Reality. Perseroan berharap dengan kehadiran e-commerce emaskita.id dapat meningkatkan inklusifitas emas terhadap masyarakat dan penjualan ritel secara B2C.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Wildner, CEO dan Co-founder AVOW

Kamis, 29 September 2022 - 21:18 WIB

Xiaomi Tunjuk AVOW sebagai Agensi Resmi Kawasan Asia Tenggara, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin

Perusahaan spesialis akuisisi pengguna OEM (Original Equipment Manufacturer), AVOW, baru saja diumumkan sebagai agensi resmi utama produsen smartphone Android terbesar, Xiaomi untuk kawasan…

Founder dan CEO CoinEx Haipo Yang

Kamis, 29 September 2022 - 20:54 WIB

Membaca Kiprah Crypto Exchange CoinEx untuk Donasi Kemanusiaan

Jakarta-Berkomitmen pada gagasan amal tanpa batas telah menjadi visi awal dari organisasi nirlaba yang dihadirkan bursa kripto CoinEx, CoinEx Charity.

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…