Sebanyak 151 Emiten dengan Kinerja Terbaik, Ini Penjelasan Warta Ekonomi

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:17 WIB

Samsul Hidayat, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia, saat memberikan sambutan di acara Indonesia Best Public Company Awards 2022.
Samsul Hidayat, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia, saat memberikan sambutan di acara Indonesia Best Public Company Awards 2022.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Dunia tengah diterpa berbagai tantangan, mulai dari pandemi hingga konflik Rusia-Ukraina yang menyebabkan terjadinya krisis energi dan pangan serta memicu tingginya inflasi di tingkat global. Sejumlah negara sudah mengalami krisis yang tak teratasi akibat tantangan-tantangan tersebut, salah satunya Sri Lanka yang mengalami kebangkrutan.

Sementara itu, Indonesia hingga saat ini masih mampu mejaga kestabilan ekonomi. Hal ini didukung oleh sejumlah faktor, misalnya kebijakan Bank Indonesia yang tidak menaikkan suku bunga.

“Indonesia termasuk yang terbaik dalam menangani inflasi dibanding negara-negara lain. Artinya, inflasi kita masih terjaga,” kata Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, dalam sambutannya di ajang penghargaan Indonesia Best Public Company Awards 2022, Kamis (4/8/2022).

Di sisi lain, dunia usaha juga memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan perekonomian nasional. Berdasarkan laporan Indonesia Economic Prospect (IEP) Bank Dunia, sejumlah faktor yang mendorong kinerja perekonomian adalah kepercayaan konsumen yang meningkat, nilai tukar perdagangan (terms of trade) yang lebih baik, dan lonjakan permintaan yang tertahan (pent-up).

Artinya, perusahaan dengan kinerja yang terjaga memiliki andil penting dalam perekonomian bangsa. Salah satu cara perusahaan menjaga kinerja adalah dengan terjun di lantai saham sehingga mampu memajuan perekononiam Indonesia.  Adapun saat ini, sejumlah sektor saham tercatat memiliki kinerja yang positif.

“Tumbuhnya industri pasar modal akan jadi salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia, akan menjadi pilihan utama bagi dunia usaha dalam mencari pembiayaan. Untuk itu, harapan kita pasar modal dapat memberikan manfaat positif dalam mendukung kemajuan dunia usaha,” ujar Samsul Hidayat, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia, saat memberikan sambutan di acara Indonesia Best Public Company Awards 2022.

Menimbang sejumlah kondisi tersebut, Warta Ekonomi ingin memberikan apresiasi kepada para perusahaan terbuka (emiten) yang telah berhasil memiliki tingkat perdagangan saham dan kinerja keuangan yang baik melalui ajang Indonesia Best Public Company Awards 2022. Mengangkat tema “Maintaining Quality and Facing Future Growth in the Pandemic Recovery”, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada 151 perusahaan.

Kategori: Minyak, Gas & Batu Bara (Pertambangan Batu Bara)

PT Bayan Resources Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with The Capacious Market Capitalization for Sustainability Business

PT Adaro Energy Indonesia Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Precious Earning Performance

PT Adaro Minerals Indonesia Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Extravagant Demand on Transaction

PT Bukit Asam Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Prominent Trading Frequency

PT Indo Tambangraya Megah Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Reliable Market Share Performance

PT Trada Alam Minera Tbk sebagai Indonesia Fastest Growing Public Company 2022 with Precious Earning Performance

PT Sigma Energy Compressindo Tbk sebagai Indonesia Fastest Growing Public Company 2022 with Prominent Trading Frequency

PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk sebagai Indonesia Fastest Growing Public Company 2022 with Reliable Market Share Performance

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO CoinEx Haipo Yang

Kamis, 29 September 2022 - 20:54 WIB

Membaca Kiprah Crypto Exchange CoinEx untuk Donasi Kemanusiaan

Jakarta-Berkomitmen pada gagasan amal tanpa batas telah menjadi visi awal dari organisasi nirlaba yang dihadirkan bursa kripto CoinEx, CoinEx Charity.

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…