Ekonomi RI Tumbuh di Atas Rata-rata Global, Pengamat 'Acungi Jempol' Kinerja Pemerintah di Bidang Ekonomi

Oleh : Ridwan | Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:00 WIB

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengamat Ekonomi Mohammad Faisal mengapresiasi kinerja pemerintah di bidang ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi Indonesia dipastikan berada di atas rata-rata global.

Dikatakan Faisal, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada triwulan II 2022 mencapai 5,54 persen ini melebihi ekspektasi dan perkiraan banyak kalangan.

“Ini menunjukan ekonomi Indonesia relatif lebih resilience dibandingkan dengan banyak negara peers countries yang mana pada saat sekarang ketika terjadi tekanan global yang mengalami peningkatan, banyak negara yang mengalami perlambatan ekonomi dan bahkan beberapa juga sudah jatuh pada jurang resesi secara teknikal,” kata Faisal saat dihubungi wartawan (8/8/2022).

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia ini menjelaskan capaian Indonesia ini tidak lepas dari bauran kebijakan di dalam negeri. 

Ia menyebutkan keberhasilan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 menjadi salah satu kebijakan yang penting dalam menyelamatkan ekonomi Indonesia. 

Selain itu, kebijakan fiskal seperti penambahan subsidi di bidang energi disebut Faisal menjadi faktor lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Sebut saja salah satunya keberhasilan dalam pengendalian pandemi, pelaksanaan vaksinasi, sehingga sudah bisa dikendalikan pada tahun ini dan juga dari bauran kebijakan fiskal termasuk di antaranya penambahan subsidi untuk energi terutama BBM, listrik, dan juga gas yang disubsidi sehingga tidak meningkat harganya sehingga inflasi lebih bisa dikendalikan, Jadi ini memang perlu diapresiasi beberapa kebijakan yang sudah dilaksanakan pemerintah,” paparnya.

Meskipun berhasil dalam mengendalikan inflasi saat ini, Faisal memberikan catatan bagi pemerintah terkait tantangan ekonomi ke depan. Pertama adalah adanya ancaman resesi global yang akan berdampak pada penurunan permintaan (demand) barang-barang ekspor dari negara-negara mitra dagang. 

“Terutama negara-negara maju dan negara-negara besar yang artinya surplus perdagangan itu akan mengalami penyempitan yang artinya juga sumbangan ekspor terhadap GDP juga akan berkurang ke depan,” jelasnya.

Catatan kedua dari Faisal adalah kemampuan pemerintah untuk tetap mengendalikan inflasi. 

Ia mengatakan pada triwulan II 2022 inflasi yang mencapai 4,94 persen cenderung relatif dapat terkendali karena konsumsi rumah tangga meningkat mencapai 5,5 persen. Inflasi mengalami peningkatan namun masih dalam taraf moderat.

“Ke depan tekanan inflasi akan lebih besar kalau kemudian tidak diimbangi dengan kebijakan untuk meredam tekanan global,” katanya.

Sebelumnya apresiasi atas kinerja pemerintah dalam mengendalikan ekonomi juga disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin. 

Puteri mengatakan tumbuhnya ekonomi Indonesia yang mencapai angka 5,44 persen, karena tak lepas dari buah kinerja Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Di mana kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya agar ekonomi bisa berputar.

“Termasuk konsistensi dalam menjaga daya beli masyarakat pada kelompok 40 persen terbawah dengan menggenjot penyaluran Program PEN, yang juga dinahkodai beliau, baik atas program perlindungan sosial maupun subsidi,” tutur Puteri.

Putri menuturkan bilamana kebijakan dari Menko Airlangga yang  tak kalah pentingnya adalah komitmen beliau dalam memberikan dukungan pembiayaan UMKM melalui skema KUR dan pelatihan pekerja lewat Kartu Prakerja. 

Belum lagi, sambung Puteri, keseriusan dalam mendorong keberjalanan proyek Strategis Nasional, khususnya atas  proyek infrastruktur yang dapat memberikan efek pengganda bagi pembangunan wilayah dan nasional.

“Hasilnya, tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang tertopang, tetapi juga mampu mengurangi tingkat kemiskinan secara nasional,” tandas Puteri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizky Billar foto by Ig Pribadi RB

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:31 WIB

Dampak Dugaan KDRT, Rizky Billar Diputus Kontrak Sebagai Host D Academy 5 Indosiar

Analisa Sutrisno Buyil sebagai wartawan hiburan seniro yang dimuat dibeberapa media, tentang karier Rizky Billar bakal tamat. Mulai jadi kenyataan, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dengan…

Pabrik TACO di Cikande

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:56 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

TACO sebagai solusi produk interior mengumumkan pencapaiannya atas sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, Singapore Green…

Head of Community PINTU Jonathan Hartono

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:55 WIB

Aplikasi PINTU Berikan Edukasi Crypto dan Blockchain Kepada Tiga Kampus Besar Indonesia di ICMF 2022

PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU, platform jual beli dan investasi aset crypto terus bergerilya memberikan edukasi tentang investasi aset crypto dan teknologi blockchain. PINTU mendapatkan…

FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:10 WIB

12.000 Pengunjung, FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 telah resmi berakhir pada 24 September lalu. Tiga hari gelaran ini berlangsung bersama Retail Indonesia sukses menggaet 12,000 pengunjung, 300…

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:46 WIB

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim mencanangkan ‘Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis’. Salah satu programnya adalah…