AKLP 'Acungi Jempol' Menperin Agus Inisiasi 'Belanja Masalah dan Masukan' dengan Asosiasi Industri

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Agustus 2022 - 13:40 WIB

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY co.id - Jakarta - Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) mengapresiasi inisiatif Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara detail "belanja masalah dan masukan" dengan sejumlah asosiasi industri.

Hal ini dilakukan untuk menguatkan keyakinan dan harapan serta upaya "all-out" berkesinambungan dari pemerintah bermitra dengan pelaku industri untuk bersama-sama mengantisipasi gejolak ekonomi global dan menjaga momentum pemulihan industri manufaktur.

"Sejak awal pandemi, dengan cepat dan tepat pemerintah menerapkan beragam kebijakan serta regulasi diantaranya kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) sebesar USD 6/MMBTU dan pemberian Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI)," kata Ketua Umum AKLP Yustinus Gunawan saat dihubungi INDUSTRY co.id di Jakarta, Jumat (5/8).

Menurutnya, kebijakan tersebut terbukti menyelamatkan industri manufaktur nasional. Hal tersebut juga terindikasi dari Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang terus ekspansif sejak September 2021.

"Ini menandakan sudah terbentuknya pondasi risiliensi industri dengan dukungan kebijakan tepat dan cepat," terang Yustinus.

AKLP yakin dan percaya pemerintah sesegera mungkin akan menetapkan regulasi booster/penguat untuk menghadapi gejolak ekonomi global selepas pandemi yang mulai terkendali.

"Contohnya, memastikan dan menjamin keberlanjutan HGBT serta menambah pasokan gas dari sumur gas Jambaran Tiung Biru untuk memenuhi kekurangan pasokan di Jawa Timur serta memperluas penerima HGBT untuk sektor-sektor industri lainnya sehingga semakin bersinergi across the industry," paparnya.

Yustinus berharap kebijakan dan pelaksanaan regulasi booster ini ditetapkan dan dilaksanakan secepatnya, sehingga semakin sinergi.

"Dengan demikian, para pelaku industri mendapat kepastian dalam membuat rencana aksi strategis di tahun 2023, dan bisa berkontribusi untuk mencapai defisit anggaran kurang dari 3%, termasuk rencana dan realisasi bagi para investor dalam negeri maupun luar negeri," tutup Yustinus.

Sementara itu, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, setidaknya terdapat tiga aspek yang perlu menjadi fokus dalam upaya peningkatan produktivitas dan daya saing industri serta antisipasi dampak perekonomian global.

"Ketiga aspek tersebut yaitu, terkait situasi geopolitik, nilai tukar, serta persepsi kepercayaan industri," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu dengan para pimpinan asosiasi industri di Jakarta, Kamis (4/8).

Melalui pertemuan dengan asosiasi-asosiasi industri tersebut, Menperin berharap memperoleh input dari para pelaku industri sehingga dapat merumuskan kebijakan yang tepat bagi upaya peningkatan daya saing dan produktivitas sektor industri dalam negeri, serta untuk mengantisipasi arah perkembangan ekonomi global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…