Sandiaga Uno: Digitalisasi UMKM Potensi Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja di Tahun 2024

Oleh : Candra Mata | Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:09 WIB

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, bahwa Kemenparekraf akan terus mendorong digitalisasi bagi UMKM untuk membantu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di 2024.

"Tapi kita enggak bisa kerja sendiri, seluruh masyarakat harus bergerak," ujar Sandi seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari unggahan di akun sosial media Instagram miliknya @sandiuno, Jumat (5/8).

"Teruntuk teman-teman generasi muda, Milenial dan Gen-Z, hayuuk kita bekerja sama, berkreasi menciptakan tatanan ekonomi baru yang mampu meningkatkan keberdayaan masyarakat, terutama melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," sambungnya.

Mas Menteri sapaan akrab Sandiaga Uno mengungkapkan,  ada tiga kata ajaib yang jadi strategi jitu bagi dirinya dan juga selalu menjadi pengingat di Kemenparekaf sebagai solusi pemulihan ekonomi, yaitu Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi.

“Memang harus dikenali satu persatu dengan baik,” tegasnya. 

Mulai dari Inovasi tentang bagaimana kita melahirkan produk, jasa, atau ide kreatif baru yang dinamis. Adaptasi diri agar sanggup mengikuti pertumbuhan zaman, salah satunya seperti pembayaran digital saat bertransaksi di berbagai tempat wisata.

Kolaborasi tentu menyempurnakan dua hal lainnya, segala urusan terutama berusaha dan bekerja akan lebih mudah dilakukan bersama. 

“Seperti pepatah, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” ujarnya.

Ia pun meyakinkan dengan bergandeng tangan, maka kebangkitan ekonomi akan ada dalam genggaman, 1,1 juta lapangan kerja  tercipta tahun ini dan 4,4 juta  lapangan kerja pada tahun 2024, serta peluang usaha terbuka seluas-luasnya. 

“Walaupun masih mencoba mengatasi dan menghadapi ketidakstabilan ekonomi sejauh ini, dirinya optimis  program-program Kemenparekraf yang sedang berjalan dan ditambah tiga kata ajaib tersebut menjadi solusi konkret dalam melewati krisis dan menciptakan ekonomi yang lebih kuat, tahan di segala situasi dan berpihak ke masyarakat,” pungkasnya.

Di akhir unggahannya, Mas Menteri  menyampaikan bahwa kata-kata ajaib ini tentunya juga berlaku bagi berbagai sektor dan bidang lain jika memiliki pola pikir berwawasan kedepan yang bertujuan untuk meraih pertumbuhan yang berkualitas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Melalui Kolaborasi Produk Merchandise Sharp X The Goods Dept, Galang Dana Untuk Pembiayaan Pelatihan Garuda INAF

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:55 WIB

Sharp Indonesia Dukung Timnas Berlaga di Piala Dunia 2022

Jakarta – Dunia sepak bola Indonesia makin menancapkan taringnya, tidak hanya tingkat Asia namun juga dunia. Berita bahagia hadir melalui tim Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI)…

Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:44 WIB

Keren! Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Jakarta - PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics), sebagai emiten pabrik keramik dan porselen di Indonesia mulai beralih menggunakan tenaga surya (PLTS Atap) untuk kegiatan operasional di…

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:34 WIB

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Jakarta– Dalam rangka memeriahkan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) memberikan penawaran promo khusus kepada nasabah BRI pengguna aplikasi BRI mobile (BRImo) berupa promo fee transaksi…

 Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:24 WIB

Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Jakarta-Menko Airlangga Hartarto disebut strategis dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:21 WIB

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Jakarta- Tiga partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendaftarkan diri bersamaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan Koalisi Indonesia…