Sambangi Desa Belitar Bengkulu, Menteri Sandi Santap Kuliner Soto, Lontong Tunjang hingga Bongkol

Oleh : Candra Mata | Rabu, 03 Agustus 2022 - 20:19 WIB

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno foto (Ist)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno foto (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam agenda rangkaian roadshow keliling Indonesia guna mendukung ekosistem Kabupaten/Kota kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kali ini hadir di Provinsi Bengkulu. 

Kedatangan Sandiaga Uno di Bumi Rafflesia itu disambut langsung oleh Gubernur Provinsi Bengkulu  Rohidin Mersyah beserta seluruh jajarannya.

Rencananya, Menteri Sandi akan mengunjungi Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong yang masuk dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

"Siang tadi, sebelum menuju Desa Wisata Belitar, saya bersama Bapak Gubernur Rohidin Mersyah dan juga Wakil Ketua DPD RI Sultan Najamudin, mencoba kuliner khas Bengkulu, dari mulai soto, lontong tunjang, lupis, sampai bongkol, tidak lupa kopi robusta sebagai penutup," kata Sandiaga Uno seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari akun Instagram miliknya @sandiuno, pada Rabu (3/8/2022).

"Rasanya memang terrrbaik!," sambungnya.

Menteri Sandi mengatakan, kuliner adalah salah satu subsektor ekraf yang menyumbang PDB nasional, berperan penting dalam kebangkitan ekonomi, terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja baru. 

"Tugas kita bersama untuk memperkenalkannya kepada dunia sebagai bagian dari spice up the world," jelasnya.

Mas Menteri Sandi pun mengapresiasi langkah strategis Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta jajaran Pemprov Bengkulu yang terus semangat membangkitkan ekonomi masyarakat salah satunya dari sektor pariwisata. Dimana Festival Tabut dan Bencoolen Dhol Attractionb berhasil masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

"Sesuai dengan pembicaraan kami dengan Pak Gubernur Rohidin, dengan Ibu Dewi dan Pak Sultan, tahun depan Tabut Bengkulu kita tingkatkan menjadi Festival Internasional," jelas Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya pada Pagelaran Seni & Budaya Festival Tabut 2022 di Lapangan Merdeka Bengkulu, Selasa (02/08).

Dikatakan Sandiaga Uno lebih lanjut, ini merupakan keunikan atas kearifan lokal, seni serta tradisi Bengkulu dalam memperingati Tahun Baru Hijriyah. Apalagi sebelum pandemi COVID-19 diketahui banyak wisatawan mancanegara dan duta besar datang langsung mewakili negaranya menyaksikan Festival Tabut Bengkulu.

"Oleh karena itu hari ini saya canangkan dan akan mengirimkan undangan secara resmi kepada para wisatawan mancanegara dan para duta besar untuk hadir di Festival Tabut Bengkulu 2023," pungkasnya.

Sementara itu, atas apresiasi dan dukungan Menparekraf RI menjadikan Festival Tabut Bengkulu menjadi Festival Internasional, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meyakinkan hal tersebut bisa terjadi di tahun-tahun mendatang.

"Dengan dukungan seluruh elemen masyarakat dan dengan KKT sebagai penjaga budaya utama dari Tabut, di tahun mendatang atas dukungan pemerintah pusat kita bisa naik kelas menjadikan Tabut sebagai event internasional yang mendunia," ungkap Gubernur Rohidin penuh semangat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…