Dikunjungi Jokowi, Bos Chery Siap Investasi Capai Rp14,8 Triliun Bangun Pabrik di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 01 Agustus 2022 - 14:05 WIB

Mobil listrik Chery
Mobil listrik Chery

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Beijing 25 Juli, mendorong titik terang rencana investasi pabrikan mobil asal Tiongkok, Chery.

Didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Executive Vice President Chery International, Charlie Zhang di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing.

Dalam kesempatan tersebut, Charlie Zhang mengungkapkan rencana perusahaan untuk berinvestasi di Indonesia.

Adapun besaran investasi tersebut mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,8 triliun untuk aktivitas produksi dan manufakturing di Indonesia dengan perkiraan kapasitas mencapai 200 ribu mobil.

Dijelaskan Charlie, untuk mencapai target produksi dan manufaktur 200 ribu mobil, investasi di Indonesia akan dilakukan dalam empat tahap.

Lebih lanjut dirinya menyebut investasi tahap awal yang dimulai pada tahun ini adalah sebesar 40 juta dolar AS (Rp 595 miliar), dan bakal mencapai produksi 20.000 unit per tahun. Lalu di tahap keempat pada 2028, Chery berencana menggenapkan investasinya hinbgga mendekati angka 1 miliar dolar AS.

“Jumlah produksi kendaraan Chery di Indonesia juga akan berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan pada sektor hulu dan hilir sebanyak 20.000 orang,” ujar Zhang menjelaskan.

Menurut Charlie, Asia Tenggara merupakan bagian penting dalam proses bisnis merek otomotif asal Tiongkok tersebut. Khususnya Indonesia yang merupakan negara dengan ekonomi dan populasi terbesar di Asia Tenggara sangat menjanjikan dari segi bisnis.

"Oleh karena itu, kami akan membangun basis produksi dan manufaktur di Indonesia dengan mengintegrasikan penelitian dan pengembangan, manufaktur, serta layanan penjualan sehingga tidak hanya memperkuat eksistensi di Indonesia, tetapi juga ASEAN, bahkan mengekspor ke negara-negara lain. Dengan tata letak investasi di Indonesia, kami mengharapkan dapat meningkatkan volume penjualan tahunan menjadi 2 juta unit di pasar luar negeri pada tahun 2030,” paparnya.

Investasi yang dimaksud ini juga termasuk dalam pengembangan mobil listrik. Menurutnya, Indonesia yang memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia, akan sangat berperan dalam pengembangan industri kendaraan energi terbarukan.

Ke depannya, lanjutnya, produk Chery di pasar Indonesia juga akan didominasi oleh model-model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…

dr. Amin Tjubandi, Sp.BTKV(K) dan dr. Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA

Kamis, 29 September 2022 - 19:36 WIB

Diperlukan Penanganan Cepat untuk Serangan Jantung, Cardiac Ward RS Premier Jatinegara Jadi Andalan

Bertepatan dengan hari jantung sedunia Rumah Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) bersama dengan tim Cardiac Center menggelar media gathering sekaligus seminar kesehatan jantung. Acara ini bertujuan…