Dikunjungi Jokowi, Bos Chery Siap Investasi Capai Rp14,8 Triliun Bangun Pabrik di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 01 Agustus 2022 - 14:05 WIB

Mobil listrik Chery
Mobil listrik Chery

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Beijing 25 Juli, mendorong titik terang rencana investasi pabrikan mobil asal Tiongkok, Chery.

Didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Executive Vice President Chery International, Charlie Zhang di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing.

Dalam kesempatan tersebut, Charlie Zhang mengungkapkan rencana perusahaan untuk berinvestasi di Indonesia.

Adapun besaran investasi tersebut mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,8 triliun untuk aktivitas produksi dan manufakturing di Indonesia dengan perkiraan kapasitas mencapai 200 ribu mobil.

Dijelaskan Charlie, untuk mencapai target produksi dan manufaktur 200 ribu mobil, investasi di Indonesia akan dilakukan dalam empat tahap.

Lebih lanjut dirinya menyebut investasi tahap awal yang dimulai pada tahun ini adalah sebesar 40 juta dolar AS (Rp 595 miliar), dan bakal mencapai produksi 20.000 unit per tahun. Lalu di tahap keempat pada 2028, Chery berencana menggenapkan investasinya hinbgga mendekati angka 1 miliar dolar AS.

“Jumlah produksi kendaraan Chery di Indonesia juga akan berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan pada sektor hulu dan hilir sebanyak 20.000 orang,” ujar Zhang menjelaskan.

Menurut Charlie, Asia Tenggara merupakan bagian penting dalam proses bisnis merek otomotif asal Tiongkok tersebut. Khususnya Indonesia yang merupakan negara dengan ekonomi dan populasi terbesar di Asia Tenggara sangat menjanjikan dari segi bisnis.

"Oleh karena itu, kami akan membangun basis produksi dan manufaktur di Indonesia dengan mengintegrasikan penelitian dan pengembangan, manufaktur, serta layanan penjualan sehingga tidak hanya memperkuat eksistensi di Indonesia, tetapi juga ASEAN, bahkan mengekspor ke negara-negara lain. Dengan tata letak investasi di Indonesia, kami mengharapkan dapat meningkatkan volume penjualan tahunan menjadi 2 juta unit di pasar luar negeri pada tahun 2030,” paparnya.

Investasi yang dimaksud ini juga termasuk dalam pengembangan mobil listrik. Menurutnya, Indonesia yang memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia, akan sangat berperan dalam pengembangan industri kendaraan energi terbarukan.

Ke depannya, lanjutnya, produk Chery di pasar Indonesia juga akan didominasi oleh model-model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…