Sandiaga Uno Berharap UMKM bisa Jadi Penopang Kebangkitan Ekonomi di Kalbar

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 01 Agustus 2022 - 11:30 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno mendorong perkembangan UMKM di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Foto: Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong perkembangan UMKM di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ekonomi kreatif dapat menjadi salah satu penopang kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kubu Raya. 

“Kami di Kemenparekraf terus mendorong terciptanya wirausaha muda dan ekosistem digital melalui berbagai program salah satunya dengan wirausaha digital mandiri ekonomi kreatif serta mendukung UMKM yang diharapkan mampu menjadi tulang punggung dalam pemulihan ekonomi nasional dan menjawab tantangan kemandirian ekonomi di masa pandemi," kata Menparekraf Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Pelatihan ini pun dikatakan Menparekraf Sandiaga sebagai salah satu upaya mendorong peran pelaku UMKM ekonomi kreatif untuk dapat memaksimalkan peluang yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya atau aloe vera menjadi produk olahan yang memiliki nilai tambah lebih sebagai produk kecantikan. 

“Saya lihat Kubu Raya dan Kalimantan Barat ini memiliki potensi, untuk itu mari kita adaptasi, kolaborasi dan inovasi untuk bisa menciptakan indonesia yang lebih baik lagi, maju, sejahtera adil dan makmur,” jelas Sandiaga.

Menparekaf Sandiaga mengatakan, peminat produk kecantikan di tanah air sangat besar. Hal itu terlihat dari salah satu pameran kecantikan yang diselenggarakan Jakarta yang didatangi oleh puluhan ribu masyarakat Indonesia.

“Baru saja saya berkunjung Pameran Jakarta x Beauty yang dikunjungi 60 ribu lebih pengunjung yang menginginkan produk-produk kecantikan lokal untuk bisa bersaing di pasar global. Dan ternyata produk kecantikan lokal yang kita miliki tidak kalah,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Ekonomi kreatif Indonesia masuk dalam peringkat 3 besar dunia dari segi persentase terhadap PDB nasional. Indonesia berada di posisi ke-3 setelah Amerika Serikat dengan Hollywood, dan Korea Selatan dengan K-pop.

Sebanyak 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hampir 14 juta lebih di sektor pariwisata dan 20 juta di sektor ekonomi kreatif.

"Kami percaya sektor ini dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menjelaskan, kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno menjadi motivasi bagi masyarakat di Kubu Raya untuk lebih kreatif memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

“Dengan sistem data kami yang sudah baik, ini menjadi penting bagi kami untuk mengetahui dari waktu ke waktu perkembangan UMKM dan pelaku ekraf hingga serapan KUR (kredit usaha rakyat). Dan juga mendorong anak-anak muda menciptakan peluang baru memanfaatkan sumber daya alam sehingga angka pengangguran bisa berkurang,” ujarnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halus Lembut Band

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:20 WIB

Halus Lembut Band Meriahkan FMR 2022, Sebelum Rilis Single ke 2

Halus Lembut, Band asal Jakarta yang merilis single pertama bertajuk "Kapal Miring" pada tahun 2018 lalu. Kini Halus Lembut kembali setelah lama vakum dengan mempersiapkan single kedua mereka…

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Memberikan apresiasi terhadap diri sendiri menjadi hal yang penting untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan apresiasi pada diri, kita akan menjadi lebih bersemangat serta…

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau kesiapan Atta Halilintar bersama #TeamAshiap mengikuti Blackstone Live Modz 2022 'Perang Bintang' OLX…

Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5m Banyuwangi 3

Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:36 WIB

Cerita Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5 Meter yang Terdampar di Banyuwangi, KKP Beberkan Kronologisnya!

Jakarta– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan…

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

PT WIR ASIA Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara yang telah mendapatkan…