Simak! Begini Alasan Faizah Mahasiswi Cantik President University yang 'Ngotot' Masuk Jurusan Teknik Mesin

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 30 Juli 2022 - 12:30 WIB

Faizah Ulyannisa A R, mahasiswi jurusan Mechanical Engineering di President University
Faizah Ulyannisa A R, mahasiswi jurusan Mechanical Engineering di President University

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Muda, cantik, berprestasi terlihat jelas pada Faizah Ulyannisa A R, seorang mahasiswi jurusan Mechanical Engineering di President University. Saat ini Faizah tengah menjalani perkuliahan pada semester 6 dan tidak lama lagi sudah memasuki semester 7 untuk memulai program magang. Ini adalah kali pertama bagi perempuan muda ini tinggal di Jakarta.

“Sebelumnya saya seringkali berpindah-pindah. Saya merupakan lulusan SMAN 5 Makassar,” kata Faizah yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (30/7/2022).

Faizah mengatakan, sebagai seorang perempuan yang kuliah di jurusan yang mayoritas peminatnya adalah laki-laki, dirinya sering ditanya kenapa memilih Mechanical Engineering (ME). Dirinya mengaku tertarik bergabung menjadi bagian ME lantaran ingin tahu mengenai robotik.

“Pertanyaan ini bukanlah yang pertama kali diutarakan kepada saya. Hal ini kemudian seringkali dipertanyakan karena orang-orang pada umumnya melihat ME sebagai jurusan yang hanya bergerak di bidang otomotif yang mana pekerjaannya hanya seputar kendaraan bermotor, hal ini tentunya tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar karena ME merupakan sebuah jurusan yang juga meliputi seputar Robotik dan Mekatronik di dalamnya. Selain itu, ME juga meliputi Aerodinamik bahkan seputar perabotan rumah tangga seperti laptop, handphone, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Tak hanya itu, ternyata masih timbul pertanyaan lain, yakni mengenai kekhawatiran terkait kekuatan fisik.“Apakah saya kesulitan? Saya rasa tidak ada satupun jurusan yang tidak terdapat kesulitan di dalamnya dan saya pun di awal merasa khawatir dan gugup akan bagaimana saya nanti menjalani perkuliahan ini. Namun seiring saya bertumbuh dan berkembang saya selalu berupaya berperan aktif dan terus mengupayakan diri untuk mengikuti aktivitas bela diri dan olahraga lainnya dengan baik," ujarnya.

"Hal inilah tentunya yang membantu saya menjadi lebih kuat hingga saat ini dan segala hal yang kita lakukan akan diawali dengan berbagai rasa kekhawatiran dan rintangan yang harus dilalui sehingga menjadi takut untuk menjalani segalanya bukanlah jawaban untuk segala kekhawatiran tersebut,” tuturnya.

Karenanya tak salah Faizah menjadi Brand Ambassador ME President University. “Saya rasa menjadi seorang perempuan di ranah teknik tidak seharusnya menjadi hal yang tabu, bisa kita lihat bahwa banyak sekali perempuan hebat yang memiliki pengaruh besar di ranah teknik seperti Edith Clarke, Tahani Amer, hingga Diana Trujillo yang baru-baru ini menjadi seorang direktur penerbangan Perseverance Rover pada Mars 2020,” ungkapnya.

Sejak saya kecil, lanjutnya, melihat ayah memperbaiki hingga merakit berbagai perabot di rumah selalu membuat saya takjub. Maka hal inilah yang menginspirasi dirinya untuk merakit berbagai perabotan elektronik dan produk lainnya yang akan berguna bagi masyarakat.

“Lalu inilah yang menjadi alasan saya memilih berkuliah di jurusan ME di President University, satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang berfokus kepada bidang Robotik dan Mekatronik yang kini menjadi salah satu bidang terkemuka di ranah teknik. Saya harap, dengan kuliah di bidang yang saat ini terkemuka dan akan lebih terkemuka lagi di masa depan akan membantu saya membangun karier, pendidikan, dan prestasi ke depannya,” ujarnya.

Selama menempuh pendidikan di President University, Faizah telah berpartisipasi dalam kegiatan di Laboratorium Kerja. Hal ini juga meliputi pelatihan Simulasi dan Aplikasi Desain seperti ANYS, AutoCAD, Fusion360, dan masih banyak lainnya.

Ada juga proyek Kendaraan Bertenaga Listrik yang diselenggarakan oleh kepala program studi yaitu Dr En Lydia Angraini yang pada program ini mahasiswa ME dapat turut berpartisipasi dalam membangun EGO.

Menurutnya, President University memberikan banyak peluang beasiswa bagi para siswa yang tertarik untuk berkuliah di PU, baik itu seleksi melalui tes, nilai rapor selama SMA, hingga prestasi non-akademik. Tidak hanya beasiswa bagi para siswa tetapi juga dengan menghadirkan program magang dan pertukaran mahasiswa dalam negeri hingga ke luar negeri.

“PU menyediakan berbagai macam fasilitas guna mendukung minat para mahasiswa, mulai dari lapangan golf hingga kolam renang olympic, terdapat juga berbagai jenis laboratorium dan perpustakaan bagi para mahasiswa untuk memperdalam wawasan akademiknya,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Melalui Kolaborasi Produk Merchandise Sharp X The Goods Dept, Galang Dana Untuk Pembiayaan Pelatihan Garuda INAF

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:55 WIB

Sharp Indonesia Dukung Timnas Berlaga di Piala Dunia 2022

Jakarta – Dunia sepak bola Indonesia makin menancapkan taringnya, tidak hanya tingkat Asia namun juga dunia. Berita bahagia hadir melalui tim Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI)…

Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:44 WIB

Keren! Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Jakarta - PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics), sebagai emiten pabrik keramik dan porselen di Indonesia mulai beralih menggunakan tenaga surya (PLTS Atap) untuk kegiatan operasional di…

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:34 WIB

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Jakarta– Dalam rangka memeriahkan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) memberikan penawaran promo khusus kepada nasabah BRI pengguna aplikasi BRI mobile (BRImo) berupa promo fee transaksi…

 Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:24 WIB

Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Jakarta-Menko Airlangga Hartarto disebut strategis dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:21 WIB

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Jakarta- Tiga partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendaftarkan diri bersamaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan Koalisi Indonesia…