Simak! Begini Alasan Faizah Mahasiswi Cantik President University yang 'Ngotot' Masuk Jurusan Teknik Mesin

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 30 Juli 2022 - 12:30 WIB

Faizah Ulyannisa A R, mahasiswi jurusan Mechanical Engineering di President University
Faizah Ulyannisa A R, mahasiswi jurusan Mechanical Engineering di President University

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Muda, cantik, berprestasi terlihat jelas pada Faizah Ulyannisa A R, seorang mahasiswi jurusan Mechanical Engineering di President University. Saat ini Faizah tengah menjalani perkuliahan pada semester 6 dan tidak lama lagi sudah memasuki semester 7 untuk memulai program magang. Ini adalah kali pertama bagi perempuan muda ini tinggal di Jakarta.

“Sebelumnya saya seringkali berpindah-pindah. Saya merupakan lulusan SMAN 5 Makassar,” kata Faizah yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (30/7/2022).

Faizah mengatakan, sebagai seorang perempuan yang kuliah di jurusan yang mayoritas peminatnya adalah laki-laki, dirinya sering ditanya kenapa memilih Mechanical Engineering (ME). Dirinya mengaku tertarik bergabung menjadi bagian ME lantaran ingin tahu mengenai robotik.

“Pertanyaan ini bukanlah yang pertama kali diutarakan kepada saya. Hal ini kemudian seringkali dipertanyakan karena orang-orang pada umumnya melihat ME sebagai jurusan yang hanya bergerak di bidang otomotif yang mana pekerjaannya hanya seputar kendaraan bermotor, hal ini tentunya tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar karena ME merupakan sebuah jurusan yang juga meliputi seputar Robotik dan Mekatronik di dalamnya. Selain itu, ME juga meliputi Aerodinamik bahkan seputar perabotan rumah tangga seperti laptop, handphone, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Tak hanya itu, ternyata masih timbul pertanyaan lain, yakni mengenai kekhawatiran terkait kekuatan fisik.“Apakah saya kesulitan? Saya rasa tidak ada satupun jurusan yang tidak terdapat kesulitan di dalamnya dan saya pun di awal merasa khawatir dan gugup akan bagaimana saya nanti menjalani perkuliahan ini. Namun seiring saya bertumbuh dan berkembang saya selalu berupaya berperan aktif dan terus mengupayakan diri untuk mengikuti aktivitas bela diri dan olahraga lainnya dengan baik," ujarnya.

"Hal inilah tentunya yang membantu saya menjadi lebih kuat hingga saat ini dan segala hal yang kita lakukan akan diawali dengan berbagai rasa kekhawatiran dan rintangan yang harus dilalui sehingga menjadi takut untuk menjalani segalanya bukanlah jawaban untuk segala kekhawatiran tersebut,” tuturnya.

Karenanya tak salah Faizah menjadi Brand Ambassador ME President University. “Saya rasa menjadi seorang perempuan di ranah teknik tidak seharusnya menjadi hal yang tabu, bisa kita lihat bahwa banyak sekali perempuan hebat yang memiliki pengaruh besar di ranah teknik seperti Edith Clarke, Tahani Amer, hingga Diana Trujillo yang baru-baru ini menjadi seorang direktur penerbangan Perseverance Rover pada Mars 2020,” ungkapnya.

Sejak saya kecil, lanjutnya, melihat ayah memperbaiki hingga merakit berbagai perabot di rumah selalu membuat saya takjub. Maka hal inilah yang menginspirasi dirinya untuk merakit berbagai perabotan elektronik dan produk lainnya yang akan berguna bagi masyarakat.

“Lalu inilah yang menjadi alasan saya memilih berkuliah di jurusan ME di President University, satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang berfokus kepada bidang Robotik dan Mekatronik yang kini menjadi salah satu bidang terkemuka di ranah teknik. Saya harap, dengan kuliah di bidang yang saat ini terkemuka dan akan lebih terkemuka lagi di masa depan akan membantu saya membangun karier, pendidikan, dan prestasi ke depannya,” ujarnya.

Selama menempuh pendidikan di President University, Faizah telah berpartisipasi dalam kegiatan di Laboratorium Kerja. Hal ini juga meliputi pelatihan Simulasi dan Aplikasi Desain seperti ANYS, AutoCAD, Fusion360, dan masih banyak lainnya.

Ada juga proyek Kendaraan Bertenaga Listrik yang diselenggarakan oleh kepala program studi yaitu Dr En Lydia Angraini yang pada program ini mahasiswa ME dapat turut berpartisipasi dalam membangun EGO.

Menurutnya, President University memberikan banyak peluang beasiswa bagi para siswa yang tertarik untuk berkuliah di PU, baik itu seleksi melalui tes, nilai rapor selama SMA, hingga prestasi non-akademik. Tidak hanya beasiswa bagi para siswa tetapi juga dengan menghadirkan program magang dan pertukaran mahasiswa dalam negeri hingga ke luar negeri.

“PU menyediakan berbagai macam fasilitas guna mendukung minat para mahasiswa, mulai dari lapangan golf hingga kolam renang olympic, terdapat juga berbagai jenis laboratorium dan perpustakaan bagi para mahasiswa untuk memperdalam wawasan akademiknya,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…