Menperin Agus Bawa IKM Otomotif RI Kerja Sama dengan Pabrikan Otomotif Jepang

Oleh : Ridwan | Sabtu, 30 Juli 2022 - 06:45 WIB

Penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara MUFG, APINDO dan PIKKO yang disaksikan langsung oleh Menperin Agus Gumiwang dan Dubes RI Heri Akhmadi.
Penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara MUFG, APINDO dan PIKKO yang disaksikan langsung oleh Menperin Agus Gumiwang dan Dubes RI Heri Akhmadi.

INDUSTRY co.id - Tokyo - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri Indonesia – Japan Autoparts Business Forum di Nagoya, Aichi, Jepang yang diinisiasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada Senin, 27 Juni 2022.

Dalam kegiatan ini, KBRI Tokyo menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) serta membawa 30 Industri Kecil dan Menengah (IKM) komponen otomotif Indonesia ke Jepang, termasuk perusahaan rintisan ‘Imajin Company’ yang telah mengembangkan ekosistem digital sektor manufaktur, mulai dari desain hingga produksi masal.

Penyelenggaraan forum bisnis autoparts ini juga mendapat dukungan luas dari mitra Jepang dengan hadirnya Gubernur Prefektur Aichi NOMURA Hideaki dan Konsul Kehormatan RI di Nagoya SUGIMOTO Hideo.

Dalam pidatonya, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan promosi IKM menjadi prioritas strategis industri nasional.

“Industri kecil dan menengah harus dipromosikan dan dijadikan prioritas strategis dalam rantai pasokan otomotif global. Untuk itu, saya sangat apresiasi upaya proaktif Bapak Dubes Heri Akhmadi selenggarakan forum bisnis ini," ungkap Menperin Agus.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menjelaskan Jepang telah menjadi mitra utama Indonesia di bidang industri otomotif.

"Kerja sama industri otomotif dengan Jepang telah berkontribusi pada penyerapan lebih dari 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai pasok industri. Dengan telah dicanangkannya target substitusi impor sebesar 35% oleh Pemerintah Indonesia, IKM komponen otomotif Indonesia tentunya berpeluang besar memenuhi kebutuhan TKDN dari berbagai pabrikan otomotif Jepang di Indonesia,” tegas Dubes Heri.

Di sela acara tersebut, diselenggarakan penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara MUFG, APINDO dan PIKKO yang disaksikan langsung oleh Menperin Agus Gumiwang dan Dubes RI Heri Akhmadi. 

Selain LoI tersebut, terdapat pula penandatanganan antara APINDO dengan San Ju San Bank Ltd sebagai outcome konkret pelaksanaan forum bisnis autoparts.

KBRI Tokyo menggaet MUFG Bank sebagai mitra pada pelaksanaan forum bisnis autoparts di Nagoya ini. Sebagai wujud strategi perluasan bisnis di wilayah ASEAN, MUFG Bank akan mendorong kolaborasi melalui Bank Danamon sebagai subsidiary di Indonesia guna mempersiapkan skema financing yang kompetitif dan dapat dimanfaatkan oleh IKM di Indonesia.

Ketua Umum APINDO, Hariyadi B. Sukamdani mengungkapkan, APINDO sebagai asosiasi multi sektoral, senantiasa turut mendukung pengembangan IKM khususnya sektor autoparts untuk naik kelas dan upaya terus menerus dalam memfasilitasi kerja sama internasional melalui kegiatan perdagangan internasional dan investasi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo yang juga hadir pada forum bisnis autoparts di Nagoya ini memaparkan perkembangan ekonomi Indonesia guna lebih meyakinkan kalangan bisnis Jepang terhadap stabilitas makroekonomi dan pemanfaatan berbagai peluang investasi yang telah dirancang oleh Pemerintah Indonesia termasuk skema kemudahaan bertransaksi dengan Locan Currency Settlement (LCS).

Sebagai salah satu appointed bank di Jepang untuk implementasikan skema kerja sama LCS, General Manager (GM) BNI Tokyo Yudhi Zufrial juga tekankan komitmen BNI Tokyo untuk fasilitasi kemudahan transaksi langsung dengan mata uang Yen dan Rupiah dengan nilai tukar yang kompetitif. 

Skema LCS juga disebutkan dapat mengurangi ketergantungan kepada US Dollar sehingga nilai tukar Rupiah menajdi lebih stabil.

Asosiasi bisnis Jepang seperti JETRO Nagoya, Chubu Economic Federation serta Japan Autoparts Industry Association (JAPIA) berperan aktif dalam forum bisnis ini dengan mengundang lebih dari 30 pelaku bisnis autoparts di wilayah Aichi guna menghadiri kegiatan secara langsung. Selain itu juga terdapat 209 peserta yang hadir daring melalui platform webinar.

Jepang selama ini telah menjadi mitra utama Indonesia dalam menjalin kerja sama di bidang industri, investasi, dan perdagangan khususnya di bidang Industri Otomotif. 

Hal ini tentunya tidak lepas dari kontribusi industri kecil dan menengah, yang dinaungi oleh PIKKO di bawah koordinasi APINDO. KBRI Tokyo berharap IKM dapat memainkan peran penting bagi pembangunan masa depan dan kemakmuran indonesia yang lebih inklusif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…