Menuju Subang Smartpolitan, Suryacipta Lakukan Kolaborasi Dengan Bupati Subang

Oleh : Hariyanto | Jumat, 29 Juli 2022 - 11:05 WIB

Kawasan industri Suryacipta
Kawasan industri Suryacipta

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Siapkan kemudahan investasi di daerah, Bupati Subang H. Ruhimat beserta Kepala Biro BUMD Investasi dan Adbang Provinsi Jawa Barat berkunjung ke Suryacipta City of Industry di Karawang guna observasi dan diskusi secara langsung untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Ekosistem Investasi Daerah dan Kawasan Industri pada hari Rabu, 27 Juli 2022. 

Sehubungan dengan ekspansi kawasan industri yang dilakukan oleh PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) ke daerah Subang yang bertajuk “Subang Smartpolitan”, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Subang bergegas untuk menyiapkan ekosistem investasi yang menguntungkan bagi semua pihak.

Bupati Subang, H. Ruhimat berharap dengan hadirnya Perda tentang kawasan Industri, para investor akan merasa nyaman untuk berinvestasi di Kabupaten Subang, "Harapan kami disaat nanti investor masuk ke Subang, saya ingin betul betul tercipta keamanan, ketertiban, kebersihan dan kenyamanan, itu tujuan utama."kata H. Ruhimat.

Selanjutnya, H. Ruhimat menyampaikan bahwa dirinya juga ingin dengan adanya Perda ini, akan meningkatkan peran masyarakat Subang di kawasan industri, "Rakyat tidak ingin hanya menjadi penonton di wilayahnya sendiri."

Seperti diketahui, pertumbuhan PDRB Jawa Barat yang sebelumnya berkisar diatas 5% per tahun, menurun drastis di tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi. Namun demikian, pada triwulan I 2022, Jawa Barat mencatat pertumbuhan positif sebesar 5,61% (y-o-y), lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional, bahkan tertinggi di Pulau Jawa.

Industri pengolahan yang merupakan kontributor terbesar bagi PDRB Jawa Barat disinyalir mulai pulih di 2022. Sektor tersebut mencatat pertumbuhan tertinggi dan berperan dalam mendorong peningkatan PDRB Jawa Barat secara keseluruhan. 

Mengacu pada aktivitas industri pengolahan di Karawang, termasuk di Suryacipta City of Industry, yang telah mendorong kabupaten tersebut menjadi daerah industri utama di Jawa Barat, kehadiran Subang Smartpolitan diharapkan dapat memberikan manfaat yang sama bagi Kabupaten Subang.

Direktur Pengembangan Suryacipta dan Kepala Perencanaan Pembangunan Subang Smartpolitan, Didi Wihardi dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya atas dipilihnya Suryacipta sebagai perusahaan yang menjadi acuan Pemda dalam penyusunan Perda Kawasan Industri di Kabupaten Subang, "Satu kehormatan bagi kami, Kawasan kami dijadikan satu acuan dalam rangka penyusunan peraturan yang akan menjadi dasar pengelolaan industri di seluruh Kabupaten Subang." katanya.

“Subang Smartpolitan nantinya akan berbeda dengan kawasan industri kami di Karawang, kami akan memanfaatkan penggunaan IoT dalam pembangunan infrastruktur kawasan. Dengan pengalaman mengelola kawasan industri lebih dari 30 tahun, kami juga optimis dapat berkolaborasi bersama Pemda dalam menciptakan ekosistem investasi yang terbaik” ujar Didi.

Menutup sambutannya, H. Ruhimat kembali mengucapkan terima kasih kepada Suryacipta yang telah membantu Pemda Subang dalam observasi dalam rangka menyusun Perda Kawasan Perindustrian. Dirinya berharap, Perda yang dilahirkan, mampu memberikan keuntungan bagi semua pihak, baik bagi investor, pemerintah dan masyarakat.

"Terima kasih pihak Suryacipta yang telah membantu kami dalam rangka observasi, dimana kami tengah menyusun Perda Kawasan Perindustrian. Melalui observasi ini, saya harapkan bisa melahirkan peraturan daerah yang menguntungkan ke berbagai pihak. Terkait peraturan yang kita susun, harus kembali pada asas profesionalisme, itu harapan saya." Katanya.

Kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan Subang Smartpolitan yang sedang dalam tahap pembangunan pada Kamis, 28 Juli 2022. Mengingat jadwal serah terima lahan industri pada tahun 2023 mendatang, nampaknya tidak hanya pihak pengelola kawasan namun Pemda juga turut antusias untuk menyambut kehadiran para investor di Subang Smartpolitan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…