PT Krakatau Information Technology Kejar Revenue dari Digitalisasi Kawasan Industri

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 Juli 2022 - 17:46 WIB

Presiden Direktur PT Krakatau Information Technology Budi Tjandra Negara
Presiden Direktur PT Krakatau Information Technology Budi Tjandra Negara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Krakatau Information Technology (KITech) selaku anak perusahaan dari BUMN PT Krakatau Steel menyatakan akan fokus pada teknologi digitalisasi kawasan industri dalam mengejar pemasukan (revenue). 

Presiden Direktur PT Krakatau Information Technology Budi Tjandra Negara mengatakan bahwa kawasan industri akan dijadikan spesialisasi dari PT KITech dalam berbisnis. Karena, kata dia, bisnis yang tidak punya spesialisasi akan runtuh. Budi menjelaskan, PT KITech sudah menjalin kerja sama dengan kawasan industri di Medan dalam melakukan digitalisasi. 

“Kita ambil contoh di Medan, bagaimana kawasan industri di Medan itu bisa menghasilkan revenue dari digitalisasi. Misalnya bagaimana pengolahan limbah itu kalau dikelola dengan digitalisasi bisa menghasilkan revenue. Jadi kawasan industri bisa mengecharge berapa limbah yang dikeluarkan dan bisa diukur. Jadi kalau ada kelebihan limbah kimianya maka tenantnya bisa dicharge,” ungkap Budi di Podcast Sofa Panas yang dipersembahkan oleh PT Krakatau Sarana Properti, Senin (11/7/2022),

Menurut Budi, masih banyak kawasan industri yang dikelola oleh operator lain. Karena itu, PT KITech terus menjajaki kerja sama dengan sejumlah kawasan industri lainnya dalam melakukan teknologi digitalisasi.

Budi menambahkan, PT KITech juga sudah melakukan nota kesepahaman dengan kawasan industri Batang terkait digitalisasi. Rencananya, PT KITech akan membuatkan aplikasi pengelolaan wisma dan marketing dengan menggunakan teknologi satelit.

“Kawasan industri di Batang itu kan digadang-gadang oleh Presiden Jokowi akan menjadi pabrik dari mobil listrik Tesla. Kami sudah melakukan memorandum of underdstanding. PT. KITech tidak hanya menjual sistem tapi juga perlengkapannya,” jelas Budi.

Selain melalui digitalisasi, PT KITech juga menilai cyber optic bisa dijadikan revenue oleh kawasan industri. Dia memberi contoh, instansinya sudah menjalin kerja sama dengan operator untuk berbagi revenue dari nilai pemakaian internet dari tenant atau penyewa di kawasan industri.

“Kami sudah memaparkan ini kepada kawasan industri di Medan dan mereka tertarik. Pada dasarnya kami tidak hanya menjual sistem tapi juga mengarahkan kawasan industri agar bisa menciptakan revenue dari digitalisasi,” ujar Budi.

Budi menambahkan, tantangan PT KITech sebagai perusahaan IT semakin besar tiap tahun. Bukan saja karena semakin banyak perusahaan IT yang baru sebagai pesaing tapi juga semakin sedikit sumber daya manusia yang tersedia. Karena itu, ia berencana membuat pusat pelatihan IT untuk putra-putri di kota Cilegon.

“Kenapa kami mencari putra-putri daerah di kota Cilegon? Karena mereka loyal, mungkin karena mereka tinggal di sini dan keluarga mereka juga. Selain itu, integritas putra-putri lokal di Cilegon juga sangat tinggi. Selama ini angka turnover karyawan yang berasal di Cilegon juga kecil,” jelas Budi.

Selain membuat pusat pelatihan, PT KITech juga menjalin kerja sama dengan universitas yang ada di kota Cilegon untuk mencari sumber daya manusia khususnya di bidang teknologi informasi.

Biasanya, kata Budi, PT KITech membuka program magang untuk mahasiswa. Apabila kinerjanya bagus, maka mahasiswa magang itu akan ditawarkan untuk bekerja sebagai karyawan setelah lulus kuliah.

“Bahkan, ada yang masih magang dan karena memang bagus maka kita tawaran Job Offer. Job Offer ini bukan karyawan tapi bekerja berdasarkan project. Ini semua kita lakukan untuk mencari programmer yang andal karena semakin hari semakin sulit untuk mencari programmer yang mumpuni,” tutup Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ninja Xpress

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:35 WIB

Tips Mudah dari Ninja Xpress untuk Bantu Tingkatkan Penjualan

Menjelang akhir tahun, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022 menjadi saat yang tepat untuk berjualan karena tingginya antusias konsumen untuk berbelanja. Hal ini juga dibuktikan melalui…

Ninja Xpress

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:31 WIB

Tips Mudah dari Ninja Xpress untuk Bantu Tingkatkan Penjualan

Menjelang akhir tahun, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022 menjadi saat yang tepat untuk berjualan karena tingginya antusias konsumen untuk berbelanja. Hal ini juga dibuktikan melalui…

Konferensi pers Lamudi.co.id Property Award

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:30 WIB

Lamudi.co.id Property Award Bakal Kembali Digelar, Hadirkan 11 Kategori Fenomenal

Ajang penghargaan bergengsi bagi pelaku industri properti di Tanah Air, Lamudi.co.id Property Award (LPA) akan kembali digelar. Lamudi.co.id Property Awards adalah ajang penghargaan tahunan…

Cleo Air Minum (Ist)

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:28 WIB

CLEO Dijadwalkan Bangun 3 Pabrik Baru dan Kembangkan Jaringan Distribusi di 2023

PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan IDX ticker code: CLEO:IJ, akan melanjutkan ekspansi agresif Perseroan pada tahun 2023, dengan…

Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali, pekan lalu.

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:42 WIB

Telkom Melalui MDI Ventures dan TMI hasilkan lebih 150 Potensi Sinergi antar BUMN dan Startup

Rangkaian event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero)…