Serahkan 25 Ekor Sapi & Dua Kambing, Kemenperin Pastikan Hewan Kurban Bebas PMK

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Juli 2022 - 16:15 WIB

Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat penyerahan hewan kurban di lingkungan Kemenperin
Sekjen Kemenperin Dody Widodo saat penyerahan hewan kurban di lingkungan Kemenperin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seluruh jajaran pejabat dan staf di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjadikan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum untuk meneladani apa yang telah dicontohkan para nabi tentang ketaatan, ketakwaan dan keikhlasan. 

Pada tahun ini, keluarga besar Kemenperin akan melakukan kurban dengan sebanyak 25 ekor sapi dan dua ekor kambing. Seluruh hewan yang akan dikurbankan sudah dipastikan terbebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan.

“Tentunya sapi-sapi sudah diperiksa dan mendapat sertifikat. Pada saat pemotongan dipastikan juga hewan kurban ini benar-benar bisa digunakan untuk berkurban dan dagingnya bisa dikonsumsi," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenperin Dody Widodo saat menyerahkan hewan kurban di lingkungan Kemenperin, Kamis (7/7). 

Dody menyebut, pemotongan hewan kurban Kemenperin dilakukan di beberapa Rumah Pemotongan Hewan (RPH), hal tersebut dilakukan agar pemotongannya higienis, serta memastikan agar pelaksanaan pemotongannya benar-benar sesuai dengan syariat Islam. 

“Itu yang menjadi pertimbangan sehingga kami tidak melakukan pemotongan sendiri hewan-hewan kurban di lingkungan Kemenperin,” ucap Dody.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kemenperin sekaligus mengajak masyarakat industri untuk memaknai perayaan Idul Adha 1443 Hijriah sebagai momentum penting dalam membangun rasa kepedulian terhadap sesama. 

“Melalui pengorbanan yang dilakukan, tentunya kita akan terus memupuk rasa keberpihakan kepada mereka yang kemampuannya terbatas," ujar Dody.   

Hikmah dari perayaan Idul Adha diharapkan dapat diaplikasikan oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenperin dalam misi untuk terus berusaha meningkatkan daya saing industri nasional serta menguatkan kebersamaan bangsa Indonesia dalam upaya untuk membangun perekonomian di tanah air dan mewujudkan kesejahteraan nasional.  

Sekjen Kemenperin menuturkan, daging hewan-hewan kurban tesebut nantinya akan distribusikan ke para pegawai Kemenperin golongan 1, 2, dan 3, pegawai honorer, pegawai outsourcing, masyarakat sekitar Kemenperin, wisma industri, dan yayasan. 

Sejumlah yayasan penerima hewan kurban adalah Pondok Pesantren Ashobirin, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Pondok Pesantren Tahfiz Quran Al Kautsar, Taman Pendidikan Al-Quran Al Hidayatus Salam, dan Pondok pesantren Darul Fudola. 

“Insya Allah hewan-hewan kurban yang diserahkan dari Kemenperin bisa bermanfaat bagi pondok pesantren dan masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Pemotongan hewan kurban sumbangan dari keluarga besar Kemenperin dan perusahaan industri yang turut berpartisipasi akan dilaksanakan pada hari Senin, 11 Juli 2022, sementara itu pelaksanaan salat Idul Adha di lingkungan Kemenperin akan dilakukan pada hari Minggu, tanggal 10 Juli 2022 di Masjid Al Kautsar Kemenperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…