Sandiaga Uno ingin Kota Pariaman Kembangkan Potensi Seni Pertunjukan, Kriya, Kuliner, dan Fesyen

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 06 Juli 2022 - 13:00 WIB

Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Foto: Kemenparekraf)
Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Pariaman, Sumatra Barat, untuk mengembangkan potensi pada subsektor seni pertunjukan, kriya, fesyen, dan kuliner.

Menparekraf Sandiaga mengatakan Kota Pariaman memiliki potensi wisata yang kaya, sehingga perlu ditunjang dengan ekosistem ekonomi kreatif yang kuat. "(Pariaman) Pariwisatanya sudah maju tapi ekonomi kreatifnya harus juga mendukung," kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga menjelaskan dari subsektor seni pertunjukan, Pariaman memiliki Pariaman Culture Every Week, di mana para penonton dapat melihat pertunjukan kesenian Minang di setiap pekannya. Sementara, subsektor kuliner di Kota Pariaman sangatlah beragam dan didominasi oleh olahan ikan dan karupuak baguak atau emping melinjo. 

Keberagaman ini merupakan potensi yang sangat besar dan menjanjikan dalam upaya meningkatkan perekonomian Kota Pariaman melalui keberagaman subsektor ekonomi kreatif unggulan yang dimiliki Kota Pariaman, yaitu subsektor seni pertunjukan, kriya, kuliner, dan fesyen.

Dengan menguatnya ekosistem ekonomi kreatif di Pariaman, kata Sandiaga, maka kesempatan untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di kota tersebut akan semakin terbuka lebar.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa alat musik bagi pelaku seni pertunjukan yang hadir dalam workshop ini. 

"Harapannya penyerahan bantuan ini bisa tersalur tepat kepada mereka yang akan menjadi ujung tombak penciptaan 1,1 juta lapangan keria baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) (thepresidentpost)

Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:08 WIB

Bappenas: Indonesia Dorong Dunia Serius Wujudkan Ekosistem Karbon Biru

Jakarta – Indonesia mendorong dunia khususnya negara anggota G20 mengelola ekosistem blue carbon (karbon biru) secara berkelanjutan.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi

Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:00 WIB

Ekonomi RI Tumbuh di Atas Rata-rata Global, Pengamat 'Acungi Jempol' Kinerja Pemerintah di Bidang Ekonomi

Pengamat Ekonomi Mohammad Faisal mengapresiasi kinerja pemerintah di bidang ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi Indonesia dipastikan berada di atas rata-rata global. Dikatakan Faisal, pertumbuhan…

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:19 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Allianz Indonesia panen ECO enzyme

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:14 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Menko Airlangga Hartarto saat menjajal mobil listrik Wuling Air ev

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:10 WIB

Jajal Mobil Listrik Wuling Air ev, Menko Airlangga: Tidak Ada Suaranya..

Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan produksi perdana kendaraan listrik, Wuling Air ev di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per…