Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta
Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati proses seleksi dengan ribuan startup lainnya yang mendaftar.

Program yang merupakan inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para perusahaan rintisan untuk mengakselerasi perkembangan bisnis mereka. 

Partisipasi dalam program inkubator ini akan membantu Transporta untuk mengenal dan menganalisis lebih dalam potensi pasar yang belum dimanfaatkan dengan optimal, serta mengembangkan inisiatif dan kedekatan dengan berbagai perusahaan truk, misalnya melalui coaching, acara-acara luring, dan seminar edukatif yang akan menambah pemahaman mereka di ranah digital. Selain itu, program ini juga akan membuka jalan untuk kolaborasi dan jejaring dengan perusahaan startup lainnya yang turut berpartisipasi.

Terpilih karena keunggulan dan kompetensi founders-nya, Transporta akan mengikuti rangkaian kegiatan intensif coaching, meliputi Founder's Camp dan 1-on-1 Coaching yang sedang berlangsung sampai bulan Juli 2022.

"Kami selalu fokus mencari early-stage startup terbaik untuk berpartisipasi. Kami melihat bahwa industri logistik Indonesia tengah berkembang pesat dan selalu ada tantangan baru yang diselesaikan. Di sini, kami yakin dengan Transporta karena para founder dan timnya fokus menyediakan solusi yang sangat baik dan bermanfaat bagi industri logistik di Indonesia," ujar Italo Gani, salah satu Dewan Kurator Startup Studio Indonesia.

Program intensif coaching ini juga akan mendorong Transporta untuk mengakselerasi kapasitas mereka dalam mengembangkan tim dan produk, memvalidasi strategi pemasaran, memperbarui teknologi, serta mengasah kecakapan bisnis.

Untuk mewujudkan visinya, Transporta telah membantu UKM truk lokal beradaptasi dan berkembang di tengah ketergantungan global pada infrastruktur digital untuk meningkatkan profit dan efisiensi bisnis mereka.

"Hingga saat ini, banyak UKM yang masih menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) tingkat dasar sembari berkomunikasi melalui aplikasi perpesanan terpisah dan tidak dapat memanfaatkan keuntungan pasar. Ini merupakan dampak dari ketakutan akan biaya yang tinggi serta proses mitigasi ke operasi bisnis berbasis digital yang menantang. Kondisi ini menjadi lebih menantang bagi UKM yang ada di luar Jabodetabek." Kata Willy Anwar, Co-Founder Transporta.

Transporta menawarkan sistem manajemen transportasi (TMS) yang memungkinkan perusahaan logistik mengatasi keseluruhan proses manajemen pesanan dan pemenuhan siklus pengiriman melalui satu platform cloud. TMS yang ditawarkan Transporta juga memudahkan pengguna dalam melakukan penawaran, mengelola pesanan, menjadwalkan rute, menentukan driver, melacak pengiriman, serta memproses faktur klien.

Dengan membantu para pengemudi truk bermigrasi ke ranah digital, Transporta memungkinkan UKM untuk bersaing di tingkat yang lebih tinggi sambil tetap menghemat biaya. TMS yang ditawarkan Transporta juga memudahkan perusahaan mengatasi ketidakefisienan, seperti truk menganggur dan angkutan yang kosong selagi mengintegrasikan kegiatan komunikasi mereka melalui satu platform.

Dalam mentransformasi bisnis UKM ke dunia digital, Transporta pun mengakui bahwa 75% dari early-adopters­-nya saling membutuhkan dalam pendanaan yang menjadikan mereka berkolaborasi dengan mitra fintech untuk menyediakan faktur keuangan dan pinjaman bagi penggunanya.

Transporta juga menawarkan solusi telematik dan sumber daya yang canggih bagi pengguna melalui kolaborasi dan kerja sama dengan Lacak.io yang menyediakan sistem pelacak GPS, perangkat IoT dan integrasi aplikasi lainnya, seperti HRIS untuk sistem penggajian karyawan dan manajemen sumber daya untuk pemantauan on-site.

Ke depannya, Transporta ingin memperluas kolaborasi dalam bidang finansial, khususnya dengan mitra dompet digital (digital wallet).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…