Mengetahui Berbagai Manfaat Asuransi Mobil Syariah

Oleh : Hariyanto | Selasa, 05 Juli 2022 - 09:40 WIB

Ilustrasi Asuransi mobil syariah
Ilustrasi Asuransi mobil syariah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asuransi mobil adalah asuransi memberikan perlindungan dan jaminan terhadap kerusakan mobil berupa perbaikan di bengkel rekanan yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi.

Asuransi mobil termasuk ke dalam asuransi umum. Sama halnya seperti asuransi umum lainnya, asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis berdasarkan prinsip kerjanya, yaitu asuransi mobil konvensional dan asuransi mobil syariah.

Asuransi mobil konvensional mungkin sudah sering Anda dengar, tapi lain halnya dengan asuransi mobil syariah karena tidak banyak perusahaan asuransi yang menyediakannya. Asuransi syariah adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berasuransi tapi juga ingin bebas dan riba.

Memilih perlindungan kendaraan syariah, ada banyak sekali manfaat asuransi mobil berbasis syariah yang bisa Anda rasakan. Seperti halnya asuransi mobil konvensional, ada dua jenis dalam proteksi kendaraan syariah, yaitu asuransi mobil All Risk syariah dan asuransi mobil Total Loss Only syariah.

Apa Itu Asuransi Mobil Syariah

Pada dasarnya, asuransi mobil syariah itu pertanggungannya sama seperti asuransi kendaraan konvensional yaitu memperbaiki kendaraan yang rusak atau mengganti kehilangan atas kendaraan yang hilang karena perbuatan jahat.

Hanya saja yang membedakan adalah pada asuransi syariah berdasarkan hukum syariat Islam. Berbeda dengan asuransi konvensional yang mengharapkan keuntungan, asuransi syariah lebih mengedepankan prinsip saling tolong menolong antar anggota.

Karena berjenis asuransi syariah, maka dalam penerapannya harus mendapatkan pengawasan langsung dari Majelis Ulama Indonesia selain dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Sama halnya seperti asuransi konvensional, jenis asuransi mobil syariah juga ada dua jenis yaitu asuransi all risk atau comprehensive dan asuransi TLO atau Total Loss Only.

Asuransi all risk memberikan jaminan perbaikan kendaraan yang mengalami kerusakan karena tabrakan, tergelincir, terperosok atau sebab lainnya baik itu kerusakan kecil maupun kerusakan besar. 

Sementara itu, asuransi Total Loss Only adalah asuransi kendaraan yang memberikan jaminan berupa perbaikan kerusakan kendaraan dengan tingkat kerusakan minimal 75% serta memberikan ganti rugi atas hilangnya kendaraan karena perbuatan jahat.

Apa Saja Manfaat Asuransi Mobil Syariah?

Apa saja manfaat asuransi mobil syariah, berikut ini penjelasan selengkapnya yang harus Anda ketahui:

Lebih Aman

Berbeda dengan asuransi konvensional yang hanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, asuransi kendaraan syariah selain diawasi oleh OJK juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dari Majelis Ulama Indonesia. Jadi ada dua lembaga yang mengawasi, sehingga jauh lebih aman.

OJK bertugas mengawasi operasionalnya, sedangkan Dewan Pengawas Syariah memastikan pengelolaan asuransi benar-benar berdasarkan prinsip syariah.

Bebas Riba

Banyak orang yang enggan membeli produk asuransi mobil dan juga asuransi lainnya karena sistem asuransi konvensional mengandung unsur riba. Banyak orang yang menghindari riba karena menurut sebagian pendapat ulama haram.

Nah jika Anda ingin membeli asuransi tanpa khawatir berurusan dengan riba, maka asuransi kendaraan syariah adalah jawabannya. Asuransi ini bekerja menurut sistem syariah yang sangat berpedoman terhadap syariat Islam.
Asuransi kendaraan syariah menggunakan akad tolong menolong, bukan akad jual beli. Sehingga unsur riba di dalam asuransi menjadi tidak ada.

Lebih Transparan

Jika dibandingkan dengan asuransi mobil konvensional yang kurang transparan karena semuanya menjadi urusan perusahaan, asuransi mobil syariah jauh lebih transparan terutama soal pengelolaan dana. Sebagai nasabah, Anda bisa tau kemana saja aliran dana asuransi dan berapa besarannya.

Tidak cukup sampai di situ saja, asuransi syariah juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah sehingga mengharuskan perusahaan untuk membuka laporan keuangannya kepada publik. Ini berlaku untuk asuransi mobil All Risk syariah maupun asuransi mobil Total Loss Only syariah.

Ada Pembagian Hasil

Tidak ada istilah kerugian apabila Anda membeli produk asuransi berbasis syariah, tak terkecuali itu asuransi mobil. Pasalnya, perusahaan asuransi hanya berperan sebagai pengelola dana saja.

Perusahaan sama sekali tidak mengambil keuntungan karena dibagi sama rata ke peserta asuransi. Baik itu perusahaan dan juga peserta sama-sama mendapatkan bagian sesuai dengan akad yang sudah disepakati bersama sebelumnya.

Jadi sebenarnya Anda tidak rugi-rugi banget meskipun harus membayar premi ke perusahaan asuransi. Karena pada akhirnya juga Anda mendapatkan hasilnya.

Seperti itulah berbagai manfaat asuransi mobil syariah yang pasti Anda rasakan. Lifepal dan Duitpintar juga bekerjasama dengan berbagai perusahaan asuransi syariah yang ada di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…