Kebutuhan Produk Sehat dan Halal Meningkat, Mustika Ratu Ekspor Jamu Modern ke Jepang

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 Juli 2022 - 09:10 WIB

 Mustika Ratu Ekspor Jamu Modern ke Jepang
Mustika Ratu Ekspor Jamu Modern ke Jepang

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) melalui Presiden Direktur Bingar Egidius Situmorang melakukan pelepasan kontainer perdana ke Jepang untuk produk minuman jamu modern Ready to Drink (RTD). Seremoni juga dihadiri oleh buyer perwakilan Indonesia di halaman gudang Mustika Ratu,  Ciracas - Jakarta Timur,  Jumat (01/07/2022). 

Jamu RTD merupakan jamu inovatif yang dikemas secara modern dan praktis untuk dikonsumsi, sehat, segar, berkhasiat dan halal dengan varian rasa Gula Asam, Kunir Asam, dan Beras Kencur.  Jamu yang diproses dengan Ultra High Technology (UHT) ini menjadikannya jamu pertama di Indonesia yang dihasilkan melalui teknologi modern, hingga menghasilkan jamu yang aman dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang mengatakan keberhasilan jamu RTD mengekspor produk ke Jepang merupakan sebuah keberhasilan yang patut dibanggakan. Hal ini mengingat Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai negara yang cukup ketat memberikan Quality Test pada setiap produk yang akan dipasarkan di negara tersebut.
“Mustika Ratu terus melakukan inovasi dan tampil sebagai pionir halal, natural beauty and wellness product yang berkualitas dan bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan. Jamu RTD Mustika Ratu telah melalui Quality Test dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh negara Jepang, sehingga kami siap melakukan ekspor, “ujar Bingar Egidius. 
Direktur Pengembangan Bisnis PT Mustika Ratu Tbk – Kusuma Ida Anjani menjelaskan bahwa masyarakat Asia, khususnya Jepang menaruh perhatian tinggi atas produk-produk yang terbuat dari bahan alami dan halal. 
“Produk-produk Mustika Ratu mendapatkan respon positif di Jepang. Ini menunjukkan bahwa pasar dunia sangat tertarik terhadap produk-produk natural dan halal. Jepang merupakan negara terbaru pasar ekspor Mustika Ratu setelah 29 negara lain telah menjadi negara tujuan ekspor termasuk Amerika, Eropa dan Afrika.” ujar Kusuma Ida Anjani.
Duta Besar LBBP RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia H.E. Heri Akhmadi mengatakan, peluang produk makanan dan minuman Indonesia sangat besar untuk pasar Jepang, kita harus bisa mengisi pasar yang besar tersebut.  
“Kehadiran produk Jamu modern siap minum (ready to drink) ini merupakan terobosan inovatif dan cerdas dari Mustika Ratu. Momentum musim panas Jepang juga waktu yang tepat untuk masuknya produk minuman kesehatan yang segar ala Indonesia, ujar Dubes Heri Akhmadi.
Dubes Heri Akhmadi menambahkan bahwa dirinya turut bangga atas produk Indonesia yang berhasil masuk ke negara Jepang.  
“Saya ucapkan selamat atas pelepasan kontainer perdana jamu beverage Mustika Ratu ke Jepang. Saya yakin produk ini akan dapat diterima dengan baik oleh warga Jepang dan semakin memperkokoh semboyan Bangga Buatan Indonesia di Jepang. Subarashii Mustika Ratu,” ungkap  Dubes Heri Akhmadi. 
Sebagaimana diketahui, ekspor minuman ringan Indonesia ke Jepang pada tahun 2021 mencapai hampir satu juta USD, dan selama lima tahun terakhir mengalami tren kenaikan 3,96%.
Mustika Ratu berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas dengan standar tinggi yang berfokus pada penelitian, inovasi, dan kemajuan teknologi. Mustika Ratu akan memanfaatkan peluang business export ini untuk pengembangan bisnis yang jauh lebih besar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SoPa akuisisi NusaTrip

Senin, 15 Agustus 2022 - 20:12 WIB

Akuisisi Nusatrip, Society Pass Resmi Masuki Pasar Indonesia

Society Pass Inc. (SoPa), ekosistem e-commerce dan loyalty terkemuka di Asia Tenggara secara resmi mengumumkan akuisisi atas NusaTrip, agensi travel online (OTA) yang bermarkas di Jakarta, dan…

Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise, Wujudkan Indonesia 4.0 di Correctio Road to Jababeka Silicon Valley

Setelah menggandeng BRIN, BISA AI, dan Indogen sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley yang saat ini dikenal dengan Correctio, PT Jababeka Infrastruktur kembali…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…

SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Sucofindo Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Jakarta- PT Sucofindo mendukung Kementerian Perindustrian dalam optimalisasi penyerapan garam lokal, yaitu melalui verifikasi neraca komoditas garam.