Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba Berkualitas

Oleh : Hariyanto | Jumat, 01 Juli 2022 - 10:35 WIB

Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba
Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Siapkan 1.713 Domba

INDUSTRY.co.id - Kendal - Menghadapi moment Idul Adha 2022 ini, Dompet Dhuafa Jawa Tengah telah menyiapkan 1.713 domba berkualitas untuk Program Tebar Hewan Kurban hal ini dijabarkan pada saat Konferensi Pers Kamis, (30/06/2022). Hewan kurban yang disiapkan oleh Dompet Dhuafa Jawa Tengah dilakukan terpusat di Sentra Ternak DD Farm Jawa Tengah di Desa Tamanrejo Limbangan Kendal. 

"DD Farm Jawa Tengah merupakan pusat peternakan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebanyak 1.713 domba sudah masuk ke kandang sejak Februari 2022 Secara bertahap domba kami masukkan dan alhamdulillah selesai pertengahan April 2022. Setelah masuk kandang kemudian di pelihara sesuai SOP penggemukan. Dan semua hewan berkelamin Jantan," tutur Arif Fajar Hidayat, Manajer Sentra DD Farm Jawa Tengah. 

Sebagai upaya menjaga domba berkualitas tersebut, ada beberapa perawatan yang dilakukan seperti cukur bulu, disinfektan secara berkala dan selalu berkoordinasi dengan Dinas/pejabat setempat. Menanggapi PMK yang terjadi, Arif menjelaskan bahwa sebelum kasus wabah merebak, alhamduliah domba sudah masuk kandang. 

Yang penting sekarang adalah menjaga lalulintas orang masuk. Meminimalisir orang yang masuk ke kandang dan menyiapkan protokol kesehatan terutama disinfektan bagi kendaraan yang masuk. Jangan sampai orang dan kendaraan yang masuk menjadi carrier. Selalu itu apabila ada hewan sakit langsung diisolasi dan berkoordinasi dengan mantri hewan setempat. 

Penyediaan 1.713 domba ini merupakan bagian dari Tebar Hewan Kurban. "Jadi hewan yang ada di sentra ternak ini kami sediakan bagi para donatur yang akan menyalurkan Kurbannya melalui Dompet Dhuafa," jelas Sadam Bustomi, Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

 Program Tebar Hewan Kurban atau THK #JadiManfaat ini program untuk mendistribusikan hewan kurban dari daerah perkotaan ke wilayah - wilayah yang belum terjangkau hewan qurban. "Pasca pandemi ini masih banyak masyarakat yang terancam tidak merasakan hewan qurban. Program ini hadir untuk menjembatani hal tersebut," jelas Sadam. 

Untuk menjaga kwalitas dan amanah para donatur  dilakukan Quality Control terhadap satu persatu hewan. " Quality Control atau QC yang dilakukan di Dompet Dhuafa ini dilakukan untuk memastikan 2 hal. Pertama adalah memastikan bobot sesuai dengan akad dan yang kedua adalah memastikan kesehatan hewan qurban. Jadi hanya  hewan kurban yang lolos QC saja yang akan didistribusikan. Dan sekali lagi QC dilakukan terhadap satu persatu hewan. Bukan sampel saja", tegas Sadam. 

Untuk itu, para donatur yang akan menyalurkan kurbannya melalui Dompet Dhuafa cukup berniat dan menyediakan dana melalui Dompet Dhuafa. Untuk distribusi dan penyembelihan menjadi tanggung jawab dompet dhuafa. Nanti donatur akan mendapatkan laporan baik Sms notifikasi, sertifikat maupun dokumentasi. "Kita menyediakan domba dengan berbagai varian. Mulai standar,medium dan premium. Menyesuaikan kebutuhan  donatur." Tambah Sadam.

Program Tebar Hewan Qurban sendiri rencananya akan didistribusikan di 17-20 Kabupaten Seluruh Jawa Tengah. Daerah tersebut merupakan daerah yang kekurangan daging. Bahka   ada warga yang selama idul adha tidak merasakan daging qurban.  

"Kami sudah punya data dari BPS dan Simulasi IDEAS 2021, wilayah mana saja yang kekurangan daging. Hanya kota besar di Jawa Tengah yang kelebihan daging. Selebihnya masih kekurangan",  jelas Saddam. Kita akan distribusi ke daerah daerah yang memang betul betul kekurangan. 

"Sangat mengapresiasi dibangunnya DD FARM di sini karena selain warga desa mendapatkan manfaat hewan kurban, beberapa warga desa juga bisa bekerja sebagai staf kandang. Kami ucapkan Terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan seluruh donatur. Semoga program baik seperti ini tidak berhenti sampai di sini. Jika ada program kenaika  lain, in syaa Allah desa kami siap mendukung penuh." kata Mustofa S.E.  sebagai Kepala Desa Tamanrejo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.