Ribuan Outlet UMKM di Bandara Siap Go Digital Bersama Olsera dan AP II

Oleh : Herry Barus | Jumat, 01 Juli 2022 - 07:00 WIB

Ribuan Outlet UMKM di Bandara Siap Go Digital Bersama Olsera dan AP II
Ribuan Outlet UMKM di Bandara Siap Go Digital Bersama Olsera dan AP II

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sejak bandara kembali dibuka dan beroperasi, bandara nasional mulai sibuk melayani keberangkatan dan kedatangan jutaan penumpang yang berlalu-lalang.  Tak hanya itu, outlet yang ada di bandara pun mulai ramai pembeli.

Beberapa waktu lalu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menyebut, sepanjang Januari - Maret 2022, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara Angkasa Pura II (AP II) secara kumulatif tercatat 11,71 juta penumpang atau naik signifikan sekitar 65 persen dibandingkan dengan Januari-Maret 2021 sebanyak 7,07 juta penumpang

Angkasa Pura II (AP II) selaku salah satu pengelola bandara nasional, melihat tuntutan percepatan digitalisasi para mitra UMKM perlu segera direalisasikan. Guna menjawab hal ini, Olsera kini bekerjasama dengan AP II mendukung ribuan mitra UMKM di berbagai bandara untuk Go Digital.

Dalam rangka transformasi dan digitalisasi puluhan bandara AP II yang tersebar di seluruh Indonesia, AP II bekerjasama dengan Olsera untuk menyediakan layanan aplikasi dan point of sales (POS) berbasis cloud bagi ribuan outlet mitra bisnis UMKM AP II.

Lewat Cloud Based System pemilik outlet tidak perlu repot lagi karena mengelola dan memantau bisnis sudah dapat dilakukan dari jarak jauh . AP II juga dimudahkan dengan sistem POS yang secara otomatis terintegrasi untuk pelaporan secara realtime dan konsolidasi transaksi outlet di dalam bandara.

“Kerjasama ini adalah bukti komitmen bersama antara AP II dan Olsera untuk mengakselerasi kemajuan bisnis UMKM, khususnya di masa pemulihan paska pandemi ini. Dengan sistem layanan dari Olsera yang terintegrasi dengan AP II, para pengusaha di bandara dan karyawannya akan sangat dimudahkan dalam proses input dan output data transaksi, sehingga bisnis menjadi semakin akurat dan efisien, “ ujar Head of Business Partnership Olsera, Chintya.

Dilanjutkannya, Olsera sebagai penyedia layanan aplikasi kasir, bertekad membantu UMKM mencapai potensi maksimal dengan menggunakan fitur-fitur profesional. Adapun fitur-fitur yang tersedia adalah manajemen inventori, supply stok, pemasaran atau marketing, manajemen karyawan, pencatatan transaksi, pembukuan, pembayaran, hingga permodalan.

Banyaknya keunggulan fitur yang dimiliki Olsera membuat Integrasi ini tentunya menjadi berita bagus untuk mitra AP II setempat. Selain membawakan kemudahan operasional dari fitur yang Olsera tawarkan, hebatnya juga dapat meningkatkan akurasi laporan. Dengan demikian, para mitra setempat akan memiliki banyak waktu untuk fokus ke strategi pemasaran yang tepat demi usaha yang lebih maju.

“Para mitra kini dapat menikmati kemudahan mengelola outlet serta mengakses laporan penjualan dari mana saja, kapan saja. Terlebih lagi, Olsera POS menyiapkan Olsera Office sebagai aplikasi pemilik (owner app) yang optimal di gadget Android dan iOS. Olsera membawakan kepraktisan, keamanan dan kenyamanan paling maksimal di kelasnya,” imbuh Head of Marketing & Creative Olsera, Aldo.

Adopsi sistem Olsera pada setiap outlet / mitra UMKM akan mengikuti target AP II untuk digitalisasi dan akurasi perekapan penjualan kolektif di berbagai bandara seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Kualanamu, Bandara Internasional Husein Sastranegara dan 17 Bandara lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…

SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Sucofindo Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Jakarta- PT Sucofindo mendukung Kementerian Perindustrian dalam optimalisasi penyerapan garam lokal, yaitu melalui verifikasi neraca komoditas garam.

Minyak makan merah

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:52 WIB

MenKopUKM Sebut Minyak Makan Merah Bakal Diserap Pasar Tahun 2023

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki memastikan produk minyak makan merah akan diserap oleh pasar setelah proyek uji coba atau piloting project pengembangannya ditargetkan rampung…

 Kawasan Kelayan Barat

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Penataan Ulang Kawasan Kumuh Kelayan Barat di Banjarmasin Habiskan APBN Sebesar Rp44 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan kawasan kumuh Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan peningkatan kualitas permukiman…