Lewat PIDI 4.0, Menperin Agus 'Kebut' Transformasi Digital Sektor Industri

Oleh : Ridwan | Kamis, 30 Juni 2022 - 19:45 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk mempercepat transformasi digital melalui peran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0). 

Upaya yang dilaksanakan dengan sinergi bersama pelaku industri ini merupakan salah satu prioritas nasional pada peta jalan Making Indonesia 4.0. 

"Solusi digital menjadi hal yang sangat esensial saat ini. Transformasi digital industri melangkah menuju model bisnis baru yang ditopang oleh tiga pilar, yakni automation, pengembangan factory processes, dan produksi," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Kick-off Digital Accelerating Future Industrial Transformation 4.0 in Indonesia di Jakarta, Kamis (30/6).

Program tersebut merupakan hasil kerja sama antara PIDI 4.0 dengan Industrial Transformation ASIA-PACIFIC (ITAP). Kegiatan Kick-off tersebut adalah salah satu agenda dalam rangkaian The ITAP 2022 Voice of the Markets Regional Roadshow series, yang merupakan bagian dari pameran Industrial Transformation ASIA-PACIFIC (ITAP) 2022 yang akan diselenggarakan di Singapura pada 18-20 Oktober 2022.

Pada kesempatan ini, turut hadir Darren Seah selaku Portfolio Director, Industrial Transformation Constellar, Singapura serta Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Arus Gunawan.

“Forum ini merupakan ajang diskusi dan pertukaran informasi yang menghadirkan berbagai pakar industri dengan beragam tema mengenai implementasi industri 4.0," ujar Menperin. 

Ia menjelaskan, transformasi digital tidak hanya terbatas pada teknologi yang digunakan, namun juga terkait budaya perubahan yang terintegrasi ke dalam semua area kerja dan transformasi dalam sebuah tim. 

“Hanya dengan begini digitalisasi dapat memberikan dampak menguntungkan yang nyata pada perusahaan," ujarnya.

Agus menambahkan, transformasi digital dalam industri telah berubah dari sebuah opsi untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan, menjadi kebutuhan untuk bertahan dalam konteks industri 4.0 saat ini. 

"Tanpa adanya keterampilan digital yang terlibat dalam transformasi, perusahaan tidak akan mampu memenuhi tuntutan yang muncul maupun bersaing dengan industri lainnya," imbuhnya.

Pada digital forum ini digelar pula diskusi panel dengan mengusung tema Perkembangan Transformasi Digital dan Industrialisasi di Indonesia 4.0 yang menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Kepala Pusdiklat SDM Industri Kemenperin Tirta Wisnu Permana, GM Industrial IOT Telkomsel Fadli Hamsani, Global Director, Center of Excellence, dan Global Director, Center of Excellence SAP Digital Supply Chain Malachy Martin.

Forum ini juga menghadirkan Selain itu, General Manager Manufacturing, Indolakto Indofood CBP Tbk Asep Noor dan Prescription and Government Relations Director Indonesia and Timor-Leste Cluster, Schneider Electric Hedi Santoso, dimoderatori oleh Advisor & Leader DCC Indonesia, McKinsey & Company, Carlos Karo Karo. 

Dalam forum juga dibahas studi kasus dalam sesi “Konektivitas Mengubah Implementasi Teknologi Pabrik Cerdas” dengan pembicara Presiden Direktur PT. Azbil Berca Indonesia, Kiyoshi Kurata.

Selain kegiatan kerja sama dengan ITAP, PIDI 4.0 juga mengembangkan ekosistem dengan menggandeng mitra lainnya. Sampai saat ini, PIDI 4.0 telah memiliki 26 mitra, terdiri dari 24 perusahaan dan dua universitas. 

“Dengan mitra industri yang sudah bergabung, maka diharapkan akselerasi PIDI 4.0 akan berjalan dengan lebih cepat, sebagaimana tagline PIDI 4.0, Accelerates Your Transformation," ujar Kepala BPSDMI.

Arus menyampaikan, PIDI 4.0 memiliki lima tujuan utama pengembangan. Pertama, sebagai showcase untuk merasakan pengalaman pengaplikasikan dan transformasi industri 4.0. 

Kedua, memberikan peningkatan kompetensi bagi CxO, manajer, engineer, dan pekerja industri. Ketiga, menyediakan akses ke jaringan eksklusif ekosistem industri 4.0. 

Keempat, membantu perusahaan dalam meningkatkan perjalanan transformasinya, dari tahap penemuan hingga pengembangan. 

“Terakhir, memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi industri, khususnya sektor industri kecil dan menengah (IKM)," sebutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…