Vietnam Larang Wisatawan Berenang di Teluk Nha Trang Demi Selamatkan Terumbu Karang

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 29 Juni 2022 - 12:15 WIB

Teluk Nha Trang, di Vietnam (iStock)
Teluk Nha Trang, di Vietnam (iStock)

INDUSTRY.co.id - Dalam pembaruan perjalanan baru-baru ini, Vietnam melarang wisatawan untuk scuba diving dan berenang sebagai upaya untuk menyelamatkan terumbu karang yang rusak di wilayah teluk Nha Trang. 

Vietnam adalah salah satu negara yang menakjubkan, penuh dengan sejumlah tempat wisata yang menarik. Destinasi ini benar-benar populer karena kuil-kuil kuno dan pulau-pulau yang masih asri.

Melansir dari laman Times of India, negara Asia ini memiliki hampir 3200 km garis pantai yang dengan perairan laut yang jernih. Kehidupan laut benar-benar luar biasa di daerah tersebut yang juga merupakan daya tarik pariwisata yang sangat besar. Wisatawan internasional sering mengunjungi Vietnam untuk berenang, scuba diving, dan snorkeling di pantai.

Rupanya, pemanasan global telah merusak terumbu karang di seluruh Asia Tenggara. Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa ini dapat menyebabkan beberapa efek lingkungan yang serius. Beberapa foto terbaru pulau Hon Mun juga menunjukkan wajah asli karang, karena terumbu karang diputihkan dan rusak parah.

Para pejabat menginformasikan bahwa otoritas pengelola teluk Nha Trang telah memutuskan untuk melarang kegiatan berenang dan scuba diving di daerah sekitar pulau Hon Mun.

Pernyataan yang dirilis oleh para pejabat mengatakan bahwa larangan itu adalah untuk mengevaluasi kondisi daerah sensitif sehingga rencana yang tepat untuk memberlakukan kawasan konservasi laut dapat dibuat. Aturan baru akan berlangsung sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Menurut media lokal, hampir 60 persen dari area tersebut ditutupi oleh karang hidup pada 2020 yang telah menyusut menjadi kurang dari 50 persen sekarang. Pihak berwenang menyalahkan perubahan iklim, penangkapan ikan ilegal, pembangunan kawasan industri dan pembuangan limbah untuk kondisi saat ini. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SoPa akuisisi NusaTrip

Senin, 15 Agustus 2022 - 20:12 WIB

Akuisisi Nusatrip, Society Pass Resmi Masuki Pasar Indonesia

Society Pass Inc. (SoPa), ekosistem e-commerce dan loyalty terkemuka di Asia Tenggara secara resmi mengumumkan akuisisi atas NusaTrip, agensi travel online (OTA) yang bermarkas di Jakarta, dan…

Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise, Wujudkan Indonesia 4.0 di Correctio Road to Jababeka Silicon Valley

Setelah menggandeng BRIN, BISA AI, dan Indogen sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley yang saat ini dikenal dengan Correctio, PT Jababeka Infrastruktur kembali…

Sarihusada

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:34 WIB

68 Tahun Berdiri, Sarihusada Konsisten Berikan Nutrisi untuk Keluarga Indonesia

Sarihusada sebagai perusahaan penyedia nutrisi untuk ibu, anak dan keluarga Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-68 pada 14 Agustus 2022, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan nutrisi…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…