Salurkan Minyak Goreng Kemasan Sederhana, Produsen Sawit Bakal Diguyur Insentif

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 29 Juni 2022 - 11:07 WIB

Minyak Goreng Curah (ilustrasi)
Minyak Goreng Curah (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menyebut pihaknya tengah menggodok aturan insentif yang akan diberikan. Salah satunya memberikan hak ekspor bagi produsen yang menyalurkan minyak goreng Minyakita.

"Ketentuan terkait izin edar yang diberlakukan ke mereka (penyalur) untuk percepatan sedang kita susun relaksasinya dalam rangka perizinan (ekspor)," katanya dalam konferensi pers, Selasa (28/6/2022), seperti dikutip industry.co.id.

Menurut Oke, ini jadi salah satu alternatif dalam pemenuhan Domestic Market Obligation (DMO) minyak goreng. Disamping penyaluran minyak goreng curah yang juga tengah didorong oleh pemerintah.

"Bagi mereka yang akan menyalurkan DMO ada alternatif, itu selain menyalurkan minyak goreng curah boleh salurkan opsinya ke minyak goreng kemasan. Tetapi untuk menyalurkan kemasan dalam rangka pemenuhan DMO hanya dizinkan satu merek, yaitu Minyakita," terangnya.

Ia menyampaikan, salah satu insentif yang bakal diterima produsen penyalur Minyakita adalah konversi ke hak ekspor. Hal ini sama dengan yang berlaku dengan yang berlaku bagi penyalur minyak goreng curah rakyat.

"Rencananya minyakita akan segera dilaksanakan, untuk produsen yang salurkan DMO dalam kemasan Minyakita sedang kita perhitungkan insentifnya yang krmbali jadi hak ekspor," ujarnya.

"Karena ini harus memenuhi ketentuan izin edar SNI walau ada relaksasinya ada kewajiban mencantumkan HET di kemasannya. Tak boleh lebih dari HET Rp 14.000 per liter," tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…

SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Sucofindo Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Jakarta- PT Sucofindo mendukung Kementerian Perindustrian dalam optimalisasi penyerapan garam lokal, yaitu melalui verifikasi neraca komoditas garam.

Minyak makan merah

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:52 WIB

MenKopUKM Sebut Minyak Makan Merah Bakal Diserap Pasar Tahun 2023

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki memastikan produk minyak makan merah akan diserap oleh pasar setelah proyek uji coba atau piloting project pengembangannya ditargetkan rampung…

 Kawasan Kelayan Barat

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Penataan Ulang Kawasan Kumuh Kelayan Barat di Banjarmasin Habiskan APBN Sebesar Rp44 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan kawasan kumuh Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan peningkatan kualitas permukiman…

Desain Kissworkspace

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:21 WIB

Ciptakan Permukiman Layak Huni, Kementerian PUPR Tata Kawasan Kumuh Bantaran Sungai Bengawan Solo

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya tengah melaksanakan penataan kawasan kumuh…