Habco Trans Maritima Akan Lakukan IPO Dengan Total Penawaran Sebesar Rp350 Miliar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Juni 2022 - 11:24 WIB

Dok. PT. Habco Trans Maritima Tbk
Dok. PT. Habco Trans Maritima Tbk

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru - PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) berencana untuk melakukan Initial Public Offering  (IPO) atau penawaran perdana umum saham untuk dengan Total Penawaran Umum maksimal di Rp350 Miliar.

HATM telah mendapatkan izin prinsip dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pra-efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana masa penawaran awal HATM diadakan pada tanggal 29 Juni 2022 - 1 Juli 2022.

Adapun mayoritas rencana penggunaan dari penawaran umum tersebut akan digunakan HATM untuk membeli armada kapal bulk carrier baru.

"Sejalan dengan Indonesia menjadi tuan rumah G20 pada tahun 2022 yang berfokus pada pemulihan ekonomi global, HATM juga turut berkontribusi melayani peran layanan logistik dan meningkatkan kualitas rantai pasok beragam pelanggan dan pemangkukepentingan." ujar Dillon Cosmas Direktur HATM yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (28/6/2022).

Sebagai salah satu contoh, HATM bersama dengan PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL) bekerja sama dalam pengangkutan pasokan batubara kebeberapa PLTU di Indonesia guna mendukung ketersediaan listrik diberagam daerah.

HATM juga telah melayani transportasi untuk pabrik besi milik Tsingshan Group yang beroperasi di Indonesia. 

"Kami senang bekerja sama dengan Habco Trans Maritima karena respon yang cepat, mudah berdiskusi, Mengerti dalam komunikasi apa yang kami butuhkan, dan itu membuat kami ingin menjalin kemitraan jangka panjang dengan Habco Trans Maritima untuk mendukung bisnis kami di Indonesia." kata Sam Song - Head of Energy Procurement Tsingshan Group.

Atas hasil rencana penggunaan dana dari Penawaran Umum, HATM memproyeksikan peningkatan Pendapatan Usaha sebesar 45.64% untuk tahun 2022 yang mayoritas dikontribusikan dari operasional kapal bulk carrier baru.

HATM dan Habco Group sering dikenal sebagai solusi logistik maritim terintegrasi dimana HATM dapat menawarkan one-stop solution untuk pengangkutan kargo laut.

Koordinasi yang teratur dari hulu ke hilir dari kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking menyebabkan peningkatan kualitas layanan secara signifikan, meminimalisir resiko operasional, serta menekan biaya operasional secara menyeluruh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…