Ikuti Tren Dunia, Mahasiswa President University Perkenalkan Mobil Listrik EGO

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 Juni 2022 - 14:45 WIB

Mahasiswa President University berupaya mengikuti tren adanya mobil listrik di dunia, termasuk di Indonesia (Foto: President University)
Mahasiswa President University berupaya mengikuti tren adanya mobil listrik di dunia, termasuk di Indonesia (Foto: President University)

INDUSTRY.co.id - Saat ini, teknologi mobil listrik (Electric Vehicle) sudah banyak dikembangkan oleh berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, salah satunya adalah President University sebagai universitas bertaraf internasional yang memiliki lembaga research & development.

Oleh karena itu, mahasiwa President University program studi Teknik Mesin (Mechanical Engineering) memperkenakan mobil listrik yang diberi nama EGO (Electric GoKart) di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, Senin (27/6/2022).

Kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, yaitu Kawasan Industri Jababeka, Cikarang. Kawasan Industri Jababeka merupakan tempat berlokasinya 2000 perusahaan industri multinasional dari 30 negara sehingga memudahkan para mahasiswa Teknik Mesin President University untuk praktik langsung ke lapangan perusahaan Industri.

Sejak 2016 silam dibentuk President University Electric Vehicle Team (Tim Pengembangan Mobil Listrik) di bawah tanggung jawab Dr En. Lydia Angraini, M.Eng, selaku Kaprodi Teknik Mesin (Mechanical Engineering).

Dr Lydia, yang merupakan doktor lulusan dari Ritsumeikan University, di Kyoto Jepang, tidak perlu diragukan lagi yang merupakan satu-satu perempuan Indonesia dari 80 orang yang mendapat beasiswa Monbukagakusho dari Jepang.

Konsep awal pengembangan mobil listrik didesain untuk mengikuti Lomba Belmawa Ristekdikti KMLI (Kompetisi Mobil Listrik Indonesia). Pada desain prototipe yang dikembangkan, adalah untuk mampu mengurangi beban dari frame agar dapat membuat baterai lebih efisien.

Pada sistem transportasi terkini terdapat perkembangan dalam penggunaan energi listrik sebagai pengganti bahan bakar fosil, yang diketahui mampu mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRL = CO2).

Menurut Dr Lydia, Proyek Mobil Listrik ini, sejalan dengan keinginan untuk membantu mensukseskan program pemerintah terkait dengan pengembangan energi baru terbarukan dan energi konservatif.

"Program Studi Teknik Mesin (Mechanical Engineering), President University berkomitmen untuk berperan serta dalam pengembangan mobil listrik di Indonesia," katanya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Senin (27/6/2022).

Proyek mobil listrik ini dikerjakan oleh tim dosen Program Studi Teknik Mesin (Mechanical Engineering), President University yang terdiri dari praktisi industri yang didukung oleh akademisi antara lain 1 Profesor dan 5 Doktor, salah satunya yang memegang peranan penting adalah Nanang Ali Sutisna M.Eng, bersama keterlibatan beberapa mahasiswa, antara lain adalah Marwan Nabildan (ME, Batch 2019) dan M. Fachri Maulana (ME, Batch 2018).

"Proses selanjutnya adalah membuat prototipe mobil listrik ini untuk bisa dibuat mobil untuk publik," jelas Nanang.

Tim Pengembangan Mobil Listrik President University diharapkan dapat mampu mengevaluasi mulai dari tahap desain perancangan, tahap uji coba performance yang meliputi enam kategori, yaitu traksi mobil, percepatan, pengereman, slalom, kecepatan, dan efisiensi, hingga tahap perbaikan yang diperlukan berdasarkan hasil uji coba tersebut.

Proses pengerjaannya telah dimulai sejak akhir Oktober 2021 lalu hingga saat ini, dengan total waktu sekitar delapan bulan, terbagi ke dalam working group, ada yang mengerjakan manufacturing sasisnya, bodinya dan sistem kelistrikannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…