MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)
Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra Selatan dan Semarang, Jawa Tengah pada 2019. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan pelaksanaan MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar, merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi sports tourism kelas dunia. 

"(MXGP 2022) jadi upaya untuk mengangkat destinasi super prioritas di NTB ini menjadi destinasi kelas dunia untuk sports tourism khususnya motorsport," kata Menparekraf Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Sandiaga mengatakan NTB telah menjadi lokasi dari sejumlah event balap sepeda motor bertaraf internasional, seperti MotoGP 2022 dan World Superbike 2021 yang diselenggarakan di Lombok. 

Sandiaga menilai hal ini menjadi bukti bahwa NTB sudah mendapat perhatian dunia internasional, khususnya di dunia motorsport. Selain itu, MXGP 2022 ini juga diharapkan bisa menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19.

"Menurut saya ini tepat untuk kebangkitan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," katanya. 

Dalam kesempatan serupa, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengungkapkan di masa mendatang, MXGP juga akan digelar di Lombok. 

"Mudah-mudahan kita bisa menggelar event selanjutnya tidak hanya di Sumbawa tapi juga di Lombok sebagai bagian untuk memajukan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat," kata Zulkieflimansyah. 

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan NTB sebagai tuan rumah dari MXGP 2022. 

"Semoga prestasi ini bisa menjadi kesempatan untuk memajukan perekonomian masyarakat NTB," kata Bambang. 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SoPa akuisisi NusaTrip

Senin, 15 Agustus 2022 - 20:12 WIB

Akuisisi Nusatrip, Society Pass Resmi Masuki Pasar Indonesia

Society Pass Inc. (SoPa), ekosistem e-commerce dan loyalty terkemuka di Asia Tenggara secara resmi mengumumkan akuisisi atas NusaTrip, agensi travel online (OTA) yang bermarkas di Jakarta, dan…

Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise, Wujudkan Indonesia 4.0 di Correctio Road to Jababeka Silicon Valley

Setelah menggandeng BRIN, BISA AI, dan Indogen sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley yang saat ini dikenal dengan Correctio, PT Jababeka Infrastruktur kembali…

Sarihusada

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:34 WIB

68 Tahun Berdiri, Sarihusada Konsisten Berikan Nutrisi untuk Keluarga Indonesia

Sarihusada sebagai perusahaan penyedia nutrisi untuk ibu, anak dan keluarga Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-68 pada 14 Agustus 2022, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan nutrisi…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…