Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur Siap Salurkan 2.238 Ekor Hewan Kurban di Tahun 2022

Oleh : Hariyanto | Minggu, 26 Juni 2022 - 14:32 WIB

Dompet Dhuafa Siap Salurkan Hewan Kurban di Tahun 2022
Dompet Dhuafa Siap Salurkan Hewan Kurban di Tahun 2022

INDUSTRY.co.id - Madiun - Idul Adha tahun ini agak berbeda dibandingkan tahun lalu, pasalnya di Indonesia sedang hangat tentang penyakit mulut dan kuku (PMK), tidak terkecuali di wilayah Jawa Timur. Bagi Dompet Dhuafa, tentu ini menjadi tantangan tersendiri dalam rangka menyiapkan pendistribusian daging kurban hingga terpelosok daerah.

Pada momen Idul Adha tahun 1443 H ini, khusunya Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur telah menyiapkan hewan kurban setara domba - kambing sebanyak 2.238 ekor. Hewan kurban jauh-jauh hari sudah siapkan sebaik mungkin sejak bulan Januari 2022.

"Dalam rangka menyiapkan hewan kurban yang sehat dan berkualitas, Dompet Dhuafa menerapkan dua strategi. Pertama, Dompet Dhuafa memiliki kandang sentral sendiri yang dalam hal ini terkelola dalam sebuah program bernama Sentra Ternak DD Farm," kata Kholid Abdillah, Pimpinan Cabang DD Jawa Timur yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (26/6/2022).

"Saat ini Sentra Ternak DD Farm yang dibawah pengelolaan Dompet Dhuafa Jawa Timur ada di tiga wilayah, yakni Madiun, Malang dan Situbondo. Stretegi Kedua, Dompet Dhuafa memberdayakan peternak lokal. Dalam rangka untuk mengoptimalkan dan menjamin ketersediaan hewan kurban yang sehat dan berkualitas, Dompet Dhuafa memberdayakan peternak lokal sebagai pemasok sekaligus mitra pendistribusian daging kurban," imbuhnya.

Lanjut Kholid Abdillah menyampaikan dalam konferensi pers (Sabtu, 25 Juni 2022), di Tahun 2022 ini Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur merencanakan kurang lebih ada 16 titik daerah penyaluran daging kurban. Wilayah penyaluran tersebut adalah Bangkalan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Pacitan, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Mojokerto, Malang, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo dan Banyuwangi.

Lokasi penyaluran kurban harus memenuhi prasyarat khusus, yaitu seperti mengalami defisit daging kurban, daerah muslim minoritas, daerah pasca bencana, serta beberapa daerah pelosok yang mengalami krisis pangan.

Pemilihan wilayah tersebut merupakan bentuk komitmen dari Dompet Dhuafa untuk memberikan manfaat daging kurban secara merata kepada para warga prasejahtera yang kesulitan menjangkau daging serta upaya untuk meminimalisir penumpukan daging kurban di perkotaan. 

Dompet Dhuafa Jawa Timur juga tetap mendukung upaya pemerintah dalam rangka mengurangi penggunaan plastik saat momen pendistribusian daging kurban. “ Kami telah menyiapkan besek kusus yang akan digunakan sebagai media penyaluran daging kurban kepada masyarakat dhuafa,” pungkas Kholid. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi

Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:00 WIB

Ekonomi RI Tumbuh di Atas Rata-rata Global, Pengamat 'Acungi Jempol' Kinerja Pemerintah di Bidang Ekonomi

Pengamat Ekonomi Mohammad Faisal mengapresiasi kinerja pemerintah di bidang ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi Indonesia dipastikan berada di atas rata-rata global. Dikatakan Faisal, pertumbuhan…

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:19 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Allianz Indonesia panen ECO enzyme

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:14 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Menko Airlangga Hartarto saat menjajal mobil listrik Wuling Air ev

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:10 WIB

Jajal Mobil Listrik Wuling Air ev, Menko Airlangga: Tidak Ada Suaranya..

Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan produksi perdana kendaraan listrik, Wuling Air ev di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per…

Menkop dan UKM Teten Masduki

Selasa, 09 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Teten: Digitalisasi Dorong UMKM Lebih Berkualitas

Jakarta – Transformasi digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan keniscayaan. Perkembangan teknologi yang cukup pesat telah mendorong pergeseran aktivitas jual-beli dari…