Indodax Bagikan Edukasi ke Masyarakat Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Oleh : Ridwan | Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:30 WIB

Ilustrasi Metaverse
Ilustrasi Metaverse

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pelaku industri blockchain dan crypto trade terpercaya di tanah air, Indodax punya misi masa depan dalam mendukung perkembangan teknologi metaverse. Berikut ini akan kita bahas aktivitas yang bisa dilakukan di Metaverse.

Industri metaverse saat ini digadang-gadang sebagai terobosan baru dalam perkembangan dunia virtual.

Banyak manfaat yang bisa dilakukan dalam teknologi kekinian itu. Beberapa perusahaan di dunia juga berbondong-bondong ikut terjun dalam perkembangan metaverse, contohnya seperti Microsoft dan Nvidia.

Beragam manfaat ditawarkan metaverse, seperti bisa memudahkan komunikasi virtual, bekerja bahkan membangun komunitas.

Berangkat dari hal tersebut, pelaku industri dan blockchain, Indodax punya misi masa depan membantu perkembangan ini.

Di Indonesia, industri metaverse telah menjadi salah satu aset yang populer. Sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi metaverse untuk aset investasi.

Masa depan industri metaverse ini juga didukung oleh kehadiran perusahaan-perusahaan lokal yang merambah ke dunia virtual. Ditambah juga dengan pemerintah yang mulai memanfaatkan industri Metaverse ini sebagai terobosan baru.

CEO Indodax Oscar Dermawan juga menyambut baik hal tersebut. Oscar menilai bahwa sebagai salah satu pelaku industri di Indonesia, Metaverse menjadi isu penting yang akan memberikan peluang untuk kemajuan teknologi di dalam negeri.

“Kami siap memanfaatkan peluang ini. Ada banyak hal yang siap kami lakukan untuk menyambut baik," ungkap Oscar Dermawan di Jakarta (25/6).

Menurut CEO Indodax ini, bentuk dukungan yang diberikan tersebut berupa mengedukasi masyarakat mengenai blockchain sebagai teknologi yang mendukung masa depan metaverse di Indonesia.

"Kami siap mengedukasi mengenai blockchain sebagai teknologi yang mensupport hal tersebut dan tentunya edukasi mengenai metaverse,” jelasnya.

Sebagai pendiri platform crypto exchange asli Indonesia, Oscar juga yakin bahwa developer blockchain lainnya juga siap untuk mengembangkan metaverse sesuai arahan dari pemerintah.

Dia juga berharap agar pemerintah menentukan road map dan stimulus lainnya untuk dukungan terhadap metaverse ini.

Pihaknya juga siap untuk berkolaborasi dengan pihak manapun untuk membangun, mengembangkan dan mengokohkan ekosistem digital ini.

"Indodax mendukung dengan memberikan edukasi kepada masyarakat awam seperti apa yang sudah Indodax lakukan selama ini. Kami juga berharap pemerintah bisa sama sama berkolaborasi dan mendukung terlaksananya hal ini dengan memberikan regulasi yang jelas, serta dukungan infrastruktur yang memadai,” ungkap Oscar Dermawan.

Oscar pun menyebut, bahwa blockchain, seperti metaverse dan NFT memang hal yang sudah lumrah di masyarakat.

Namun akan sangat disayangkan bila masyarakat hanya mengenal kripto ataupun NFT saja dikarenakan hype-nya yang memang terjadi baru-baru ini.

Padahal, menurutnya dunia kripto ini sangat luas. Masyarakat bisa mengenal teknologi blockchain yang mensupport aktivitas perdagangan aset kripto, NFT, Metaverse, DeFi yang tentu akan memberikan banyak sekali dampak positif jika dieksplor dan dikembangkan lebih jauh lagi.

Sebagaimana diketahui, metaverse adalah sebuah teknologi baru yang bisa mengantarkan orang ke dalam dunia virtual.  Ini tentu memudahkan banyak orang dan industri, terutama industri kreatif di tanah air.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Metaverse

Dunia metaverse layaknya dunia nyata yang menyediakan banyak kegiatan dan keuntungan. Di sini, anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti pada dunia nyata umumnya.

Contohnya seperti berbelanja, berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama pengguna teknologi tersebut. Meskipun dilakukan secara virtual, akan tetapi kegiatan tersebut akan terasa nyata dengan adanya teknologi VR dan AR yang mendukungnya.

Ada beberapa kegiatan utama yang paling populer di lakukan di dunia Metaverse saat ini, antara lain:

1. Main Game

Metaverse jadi platform yang sangat menyenangkan bagi para pecinta game online. Saat ini telah banyak perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan Mark Zuckerberg tersebut sebagai dampak Metaverse yang semakin populer di dunia.

Contohnya seperti game Fortnite yang dikeluarkan oleh perusahaan Epic Games. Untuk bermain game di Metaverse ini, kamu membutuhkan teknologi khusus yaitu oculus rift agar bisa masuk ke dunia virtual tersebut.

2. Konser Virtual

Dalam dunia Metaverse, anda juga bisa menonton konser virtual. Konsep konser virtual yang disajikan hampir sama dengan menyaksikan konser langsung. Dengan bantuan teknologi VR atau AR, anda bisa merasakan suasana konser yang sama dengan konser sungguhan bersama pengguna Metaverse lainnya.

3. Melihat Serta Membeli Karya Seni dan Pakaian

Metaverse juga bisa menjadi tempat yang menarik bagi anda yang gemar berbelanja dan koleksi karya seni. Untuk sistem jual beli karya seni di Metaverse itu, hadir dalam bentuk NFT.

Pengguna Metaverse nantinya dapat melihat dan membeli koleksi karya seni dari perusahaan atau seniman yang menyediakan.

Selain karya seni itu di dunia Metaverse ini pengguna juga bisa mencoba dan membeli pakaian secara langsung dari perusahaan penyedia. Nantinya, pakaian yang dibeli itu akan digunakan oleh avatar atau ditampilkan pada akun media sosial pembeli.

Konsep pakaian di Metaverse itu disebut juga dengan digital fashion. Saat ini telah banyak perusahaan fashion terkemuka dan ternama di dunia yang memperjualbelikan koleksinya di industri Metaverse.

4. Bekerja

Bahkan dalam dunia digital Metaverse ini, pengguna juga bisa bekerja layaknya pada dunia kenyataan. Banyak perusahaan dan pengguna yang memanfaatkan platform teknologi ini untuk bekerja. Metaverse bisa dimanfaatkan untuk bekerja dengan sistem shift work from home seperti saat kondisi pandemic Covid-19.

Dengan teknologi canggih yang pada cara kerja Metaverse tersebut, pengguna tidak hanya dapat melihat rekan kerja dan atasan seperti pada aplikasi meeting online, akan tetapi juga bisa bergabung secara langsung dengan karyawan lainnya di kantor virtual.

Untuk menunjang aktivitas bekerja di Metaverse tersebut, Facebook telah meluncurkan software meeting yang disebut dengan Horizontal Workrooms. Untuk memaksimalkan cara kerja dari software tersebut, pengguna harus menggunakan headset VR, kacamata AR dan juga oculus rift agar pekerja bisa merasa seperti bekerja sungguhan di kantor virtual metaverse.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Metaverse. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…