Mulai Monitor Penggunaan Energi Secara Real Time Pada Pabrik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 24 Juni 2022 - 08:02 WIB

Dok. Mitsubishi Electric
Dok. Mitsubishi Electric

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada umumnya, peningkatan produktivitas sebuah pabrik atau kegiatan manufaktur pada perusahaan hanya difokuskan dengan menurunkan downtime mesin-mesin pabrik.

Namun, ada hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pabrik yaitu dengan melakukan penghematan dalam penggunaan energi. 

Biasanya manajemen pabrik melakukan analisis biaya produksi, yang hanya terdiri dari biaya material, biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung, serta biaya logistik. 

Realita yang terjadi saat ini adalah pabrik-pabrik membayar biaya penggunaan energi tanpa mengetahui apakah penggunaan energi tersebut sudah efisien atau belum. 

Ini menjadi salah satu tantangan para pelaku industri manufaktur karena mereka akan dihadapi oleh dua pilihan, yaitu membayar lebih untuk penggunaan energi atau mengurangi penggunaan energi itu sendiri di pabrik-pabrik mereka.

Jika ingin mengurangi atau menghemat energi, Anda harus dapat memvisualisasi dan memonitoring penggunaan energi yang dikonsumsi secara terukur. Nah sekarang masalahnya, bagaimana Anda dapat memonitor penggunaan energi di sebuah pabrik secara terukur?

Penggunaan Energi secara Real Time 

Hal yang pertama yang perlu dilakukan dalam memonitoring penggunaan energi adalah mengumpulkan data-data secara real time pada suatu mesin atau lini produksi. Selain itu, Anda juga harus mengumpulkan data penting lainnya seperti, data produksi, data status perangkat, data kualitas, dan lain sebagainya.

Semua data-data tersebut baik konsumsi energi dan data produksi perlu digabungkan dan ditampilkan dalam sebuah dashboard sehingga data tersebut dapat tervisualisasi. Dengan melakukan visualisasi konsumsi energi dan data produksi, Anda akan memperoleh gambaran jelas mengenai data mesin individual, lini produksi, hingga data dari keseluruhan pabrik, yang nantinya data tersebut dapat dianalisa.

Dok. Mitsubishi Electric 

Berdasarkan hasil analisa dari data yang sudah ditampilkan tersebut, maka Anda dapat menemukan akar masalah dalam penggunaan konsumsi energi pada proses produksi tersebut, apakah Anda harus membayar lebih dari penggunaan energi atau mengurangi penggunaan energi?

Untuk menjawab tantangan tersebut, Mitsubishi Electric memiliki solusi yang dapat digunakan untuk memonitoring penggunaan konsumsi energi pabrik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Factory Automation, kunjungi situs resmi Mitsubishi Electric Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:28 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Tangerang Selatan-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik…

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:15 WIB

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Dalam upaya mencari solusi tentang cakupan imunisasi di Provinsi Aceh. Dalam hal ini Direktorat Pengelolaan Imunisasi dan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian…