Mulai Monitor Penggunaan Energi Secara Real Time Pada Pabrik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 24 Juni 2022 - 08:02 WIB

Dok. Mitsubishi Electric
Dok. Mitsubishi Electric

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada umumnya, peningkatan produktivitas sebuah pabrik atau kegiatan manufaktur pada perusahaan hanya difokuskan dengan menurunkan downtime mesin-mesin pabrik.

Namun, ada hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pabrik yaitu dengan melakukan penghematan dalam penggunaan energi. 

Biasanya manajemen pabrik melakukan analisis biaya produksi, yang hanya terdiri dari biaya material, biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung, serta biaya logistik. 

Realita yang terjadi saat ini adalah pabrik-pabrik membayar biaya penggunaan energi tanpa mengetahui apakah penggunaan energi tersebut sudah efisien atau belum. 

Ini menjadi salah satu tantangan para pelaku industri manufaktur karena mereka akan dihadapi oleh dua pilihan, yaitu membayar lebih untuk penggunaan energi atau mengurangi penggunaan energi itu sendiri di pabrik-pabrik mereka.

Jika ingin mengurangi atau menghemat energi, Anda harus dapat memvisualisasi dan memonitoring penggunaan energi yang dikonsumsi secara terukur. Nah sekarang masalahnya, bagaimana Anda dapat memonitor penggunaan energi di sebuah pabrik secara terukur?

Penggunaan Energi secara Real Time 

Hal yang pertama yang perlu dilakukan dalam memonitoring penggunaan energi adalah mengumpulkan data-data secara real time pada suatu mesin atau lini produksi. Selain itu, Anda juga harus mengumpulkan data penting lainnya seperti, data produksi, data status perangkat, data kualitas, dan lain sebagainya.

Semua data-data tersebut baik konsumsi energi dan data produksi perlu digabungkan dan ditampilkan dalam sebuah dashboard sehingga data tersebut dapat tervisualisasi. Dengan melakukan visualisasi konsumsi energi dan data produksi, Anda akan memperoleh gambaran jelas mengenai data mesin individual, lini produksi, hingga data dari keseluruhan pabrik, yang nantinya data tersebut dapat dianalisa.

Dok. Mitsubishi Electric 

Berdasarkan hasil analisa dari data yang sudah ditampilkan tersebut, maka Anda dapat menemukan akar masalah dalam penggunaan konsumsi energi pada proses produksi tersebut, apakah Anda harus membayar lebih dari penggunaan energi atau mengurangi penggunaan energi?

Untuk menjawab tantangan tersebut, Mitsubishi Electric memiliki solusi yang dapat digunakan untuk memonitoring penggunaan konsumsi energi pabrik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Factory Automation, kunjungi situs resmi Mitsubishi Electric Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…