PPHI Kolaborasi bersama Disparekraf Dorong Perkembangan Pariwisata Ramah Muslim

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 Juni 2022 - 14:45 WIB

Ketua Umum Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI), Riyanto Sofyan (ist)
Ketua Umum Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI), Riyanto Sofyan (ist)

INDUSTRY.co.id - Pergeseran tren yang terjadi selama pandemi Covid-19 ini membuat para wisatawan lebih mengutamakan unsur kesehatan (health), kebersihan (hygiene), keselamatan (safety), serta keamanan (security). Keempat unsur tersebut menjadi pertimbangan utama para wisatawan dalam memilih paket wisata atau dalam melakukan perjalanan wisata.

Oleh karena itu, sebagai upaya memperluas daya jangkau pariwisata halal di Indonesia, Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi untuk menciptakan paket wisata ramah muslim. 

Ketua Umum PPHI, Riyanto Sofyan mengatakan pemerintah bersama para pelaku usaha akan terus berupaya untuk mengembangkan aktivitas wisata yang menuju ke arah Quality Tourism. Sebab pada era new normal ini, Pariwisata Ramah Muslim yang karakteristiknya sama dengan Quality Tourism diperkirakan akan berkembang semakin pesat.

"Untuk itu, sebagai upaya mengambil langkah inisiatif, PPHI bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Paket Wisata Ramah Muslim," jelasnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Acara diselenggarakan dalam rangka menyiapkan produk-produk Paket Wisata Halal yang dapat menjadi produk unggulan, yang sesuai dengan preferensi calon wisatawan pada era new normal.

Paket wisata halal merupakan gabungan dari berbagai komponen pariwisata seperti transportasi, akomodasi, atraksi wisata, makanan dan minuman, juga termasuk pemandu wisata yang ditawarkan dalam satu harga tertentu, yang ditawarkan kepada calon wisatawan. 

Mengangkat tema “Wisata Ramah Muslim: Bangkitkan Ekonomi dan Buka Peluang Usaha Pasca Pandemi”, acara dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Juni 2022 di hotel Ibis Style, Tanah Abang Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan PPHI sebagai wadah para pelaku Pariwisata Ramah Muslim di Indonesia,  terus berupaya untuk menumbuhkan rasa optimis dan terus melaksanakan langkah-langkah inovasi strategis yang dapat dijalankan dalam rangka bertahan dan memelihara pengembangan Industri Pariwisata Ramah Muslim.

"Untuk memastikan kebangkitan Industri dan menangkap peluang baru di era adaptasi kebiasaan baru Pariwisata Ramah Muslim pasca Covid-19," ungkapnya.

Pada 2020, PPHI telah berfokus pada langkah strategis The Survival and Recovery Initiatives, atau Strategi Bertahan dan Pemulihan. 

Langkah selanjutnya yang dilakukan ialah melakukan Penguatan Destinasi Pariwisata Ramah Muslim Indonesia dengan mengkonsolidasikan dan meningkatkan Kesiapan dan Ketahanan Destinasi dan Industri untuk menyambut The New Normal Muslim Friendly Tourism Post Covid-19, serta Melakukan Stimulasi Pertumbuhan Aspek Permintaan Pariwisata Ramah Muslim dengan fokus pada Pasar Pariwisata Domestik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…