Terus Perkuat Sektor Ritel! Target Ekspansi, CSAP Memiliki 100 Superstore Mitra10 pada 2030

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 22 Juni 2022 - 16:44 WIB

Emiten CSAP Ekspansi Mitra 10
Emiten CSAP Ekspansi Mitra 10

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) pemilik jaringan distribusi bahan bangunan, kimia dan FMCG serta Ritel Modern Bahan Bangunan & home improvement Mitra10 serta home furnishing Atria optimistis target kepemilikan 50 superstore Mitra10 akan tercapai di 2023 dan menetapkan target jangka Panjang kedua yakni memiliki 100 superstore Mitra10 pada 2030 mendatang.

Saat ini, CSAP memiliki 44 toko “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement, serta 18 showroom “Atria” Ritel Modern Home Furnishing di kota-kota besar di Indonesia seperti Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin. Perseroan pada segmen distribusi memiliki 43 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 41 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 38 area distribusi consumer goods (FMCG).

Sekretaris Perusahaan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk Idrus H. Widjajakusuma, dalam public expose, Rabu (22/06/2022),  meyakini potensi ritel moderen bahan bangunan di Indonesia masih sangat terbuka, terutama ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang sangat mendukung, total jumlah penduduk yang cukup besar, pertumbuhan kebutuhan akan renovasi rumah dan sektor properti. Baik itu property primer maupun sekunder.

Ditambahkan, Perseroan dengan dukungan segenap pemegang saham konsisten untuk fokus melakukan ekspansi agresif di sektor ritel modern.

Hal tersebut tidak berlebihan, berdasarkan data pemerintah, BPS mencatat bahwa pada 1Q2022, sektor real estate dan konstruksi tumbuh masing-masing sebesar 3,78 persen yoy dan 4,83 persen yoy. Sektor ini dipercaya memiliki kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional. Bisnis properti disebut mampu menggerakkan sekitar 174 sektor lain, sehingga sector ini (property) disebut memiliki dampak multiplier yang signifikan termasuk di sektor ritel bahan bangunan.

CSAP tahun ini berencana membuka 4 superstore baru Mitra10 dan melakukan 1 remodelling Mitra10 (Pindah ke lokasi baru yang lebih luas). Untuk mendukung strategi ekspansi tersebut, Perseroan telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp600 miliar. Adapun dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan segmen ritel modern sebesar 80% dan segmen distribusi sebesar 20%.

Keputusan manajemen untuk melakukan ekspansi agresif pada segmen ritel dan mendorong pertumbuhan pada segmen distribusi berdampak positif terhadap kinerja Perseroan. Dalam paparan publik yang dilakukan hari ini, manajemen menyampaikan bahwa hingga 1Q2022, Pendapatan secara konsolidasi tumbuh 12% dari Rp3,51 triliun pada triwulan I 2021 menjadi Rp3,93 triliun di tiga bulan pertama 2022.

Idrus H. Widjajakusuma menjelaskan, strategi ekspansi secara agresif dan peningkatan house brand dan lokal mampu menopang pertumbuhan segmen ritel pada 1Q2022 sebesar 16%. Segmen ini merupakan motor pertumbuhan bagi Perseroan karena mampu tumbuh konsisten dua digit dan memiliki margin yang lebih besar ketimbang segmen distribusi.

Saat ini kontribusi segmen ritel tercatat 37% dari pendapatan konsolidasi, sedangkan segmen distribusi sebagai backbone pendapatan Perseroan berkontribusi 63%. Kontribusi segmen ritel modern secara bertahap terus meningkat dari kisaran 20% pada tahun 2009 hingga kini mencapai 37%.

Solidnya kinerja pendapatan membuat bottom line Perseroan turut membukukan pencapaian positif. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham pengendali  tumbuh 25% menjadi Rp79 miliar dibandingkan posisi yang sama tahun 2021 yakni Rp63 miliar. Peningkatan tersebut setara pertumbuhan net margin dari 1,81% menjadi 2,02% pada tahun 2022.

Dalam paparan publik, Perseroan juga mengumumkan keputusan pembagian dividen sebesar Rp40,12 miliar, atau sebesar 18,21% dari Laba Bersih Perseroan tahun buku 2021. Pemegang saham yang Namanya terdaftar dalam DPS tertanggal 4 Juli 2022 akan memperoleh dividen tunai sebesar Rp9 per saham yang akan dibagikan pada tanggal 22 Juli 2022.

Mitra10 yang mengawali debut-nya tahun 1997 dengan membuka toko pertama di Kalimalang sebagai pioneer ritel bahan bangunan modern di Indonesia. Kini, di tahun 2022 akan memiliki 45 superstore Mitra10. Jika dihitung sejak 2009, secara bisnis Mitra10 telah tumbuh sebesar 7.2 X dan memiliki area penjualan seluas 147.455m2 serta menawarkan lebih dari 65.000 SKU secara nasional. Mitra10 tumbuh menjadi jaringan ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar di Indonesia.

Solusi Cerdas Belanja Online Mitra10

Penjualan secara daring secara masif mulai terlihat sejak masa pandemi 2020-2021 lalu. Pembatasan aktivitas disemua lini membuat para penjual maupun pembeli beralih ke penjualan secara daring. Beberapa peritel bahkan mencatat pertumbuhan penjualan secara daring hingga dua digit.

Mitra10 sebagai peritel untuk segmen bahan bangunan dan home improvement tidak ketinggalan memaksimalkan penjualan secara daring. Dengan mengusung konsep Omni-channel dipercaya mampu bersinergi dengan baik dan meningkatkan penjualan secara konsolidasi baik secara daring maupun luring.

Andy Totong, Strategic & Development Director CSAP menjelaskan, selain memiliki laman official untuk penjualan secara daring, produk-produk tertentu dari Mitra10 bisa didapat secara daring melalui belanja via aplikasi whatapps, market place terkemuka hingga melalui sosial media.

Channel penjualan secara daring tersebut terkoneksi dan terintegrasi antara toko luring (offline), Gudang, hingga layanan pengiriman. Sehingga para pelanggan dapat merasakan pengalaman berbelanja yang mudah, aman dan nyaman secara online.

Idrus menambahkan, saat ini Mitra10 sudah memiliki lebih dari 2 juta anggota pelanggan Mitra10 yang didukung oleh 370 armada pengiriman untuk penjamin pengiriman tepat waktu melalui 5 distribution center secara nasional.

Pertumbuhan pelanggan secara daring sangat positif dan mengembirakan, untuk traffic kunjungan ke laman resmi tercatat 300.000an unique visitor per bulan dengan page view per bulan mencapai 2,5 juta. Di era big data ini, Mitra10 juga telah memiliki 300.000 pelanggan yang terkoneksi via whatapps, 160rban pengikut di Instagram, 30rb-an pengikut di Facebook, 2,200an pengikut di tiktok dan 1.700an pengikut di Youtube.

Beberapa akun seperti Tiktok dan Youtube bahkan baru digarap secara serius sejak awal 2022. Kami percaya, kombinasi penjualan antara toko daring dengan luring yang ditopang oleh jaringan distribusi CSAP yang tersebar di seluruh Indonesia akan terus tumbuh berkelanjutan dan memberikan nilai lebih kepada pemangku kepentingan, terutama para pemegang saham.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…