Terus Perkuat Sektor Ritel! Target Ekspansi, CSAP Memiliki 100 Superstore Mitra10 pada 2030

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 22 Juni 2022 - 16:44 WIB

Emiten CSAP Ekspansi Mitra 10
Emiten CSAP Ekspansi Mitra 10

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) pemilik jaringan distribusi bahan bangunan, kimia dan FMCG serta Ritel Modern Bahan Bangunan & home improvement Mitra10 serta home furnishing Atria optimistis target kepemilikan 50 superstore Mitra10 akan tercapai di 2023 dan menetapkan target jangka Panjang kedua yakni memiliki 100 superstore Mitra10 pada 2030 mendatang.

Saat ini, CSAP memiliki 44 toko “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement, serta 18 showroom “Atria” Ritel Modern Home Furnishing di kota-kota besar di Indonesia seperti Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin. Perseroan pada segmen distribusi memiliki 43 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 41 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 38 area distribusi consumer goods (FMCG).

Sekretaris Perusahaan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk Idrus H. Widjajakusuma, dalam public expose, Rabu (22/06/2022),  meyakini potensi ritel moderen bahan bangunan di Indonesia masih sangat terbuka, terutama ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang sangat mendukung, total jumlah penduduk yang cukup besar, pertumbuhan kebutuhan akan renovasi rumah dan sektor properti. Baik itu property primer maupun sekunder.

Ditambahkan, Perseroan dengan dukungan segenap pemegang saham konsisten untuk fokus melakukan ekspansi agresif di sektor ritel modern.

Hal tersebut tidak berlebihan, berdasarkan data pemerintah, BPS mencatat bahwa pada 1Q2022, sektor real estate dan konstruksi tumbuh masing-masing sebesar 3,78 persen yoy dan 4,83 persen yoy. Sektor ini dipercaya memiliki kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional. Bisnis properti disebut mampu menggerakkan sekitar 174 sektor lain, sehingga sector ini (property) disebut memiliki dampak multiplier yang signifikan termasuk di sektor ritel bahan bangunan.

CSAP tahun ini berencana membuka 4 superstore baru Mitra10 dan melakukan 1 remodelling Mitra10 (Pindah ke lokasi baru yang lebih luas). Untuk mendukung strategi ekspansi tersebut, Perseroan telah menganggarkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp600 miliar. Adapun dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan segmen ritel modern sebesar 80% dan segmen distribusi sebesar 20%.

Keputusan manajemen untuk melakukan ekspansi agresif pada segmen ritel dan mendorong pertumbuhan pada segmen distribusi berdampak positif terhadap kinerja Perseroan. Dalam paparan publik yang dilakukan hari ini, manajemen menyampaikan bahwa hingga 1Q2022, Pendapatan secara konsolidasi tumbuh 12% dari Rp3,51 triliun pada triwulan I 2021 menjadi Rp3,93 triliun di tiga bulan pertama 2022.

Idrus H. Widjajakusuma menjelaskan, strategi ekspansi secara agresif dan peningkatan house brand dan lokal mampu menopang pertumbuhan segmen ritel pada 1Q2022 sebesar 16%. Segmen ini merupakan motor pertumbuhan bagi Perseroan karena mampu tumbuh konsisten dua digit dan memiliki margin yang lebih besar ketimbang segmen distribusi.

Saat ini kontribusi segmen ritel tercatat 37% dari pendapatan konsolidasi, sedangkan segmen distribusi sebagai backbone pendapatan Perseroan berkontribusi 63%. Kontribusi segmen ritel modern secara bertahap terus meningkat dari kisaran 20% pada tahun 2009 hingga kini mencapai 37%.

Solidnya kinerja pendapatan membuat bottom line Perseroan turut membukukan pencapaian positif. Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham pengendali  tumbuh 25% menjadi Rp79 miliar dibandingkan posisi yang sama tahun 2021 yakni Rp63 miliar. Peningkatan tersebut setara pertumbuhan net margin dari 1,81% menjadi 2,02% pada tahun 2022.

Dalam paparan publik, Perseroan juga mengumumkan keputusan pembagian dividen sebesar Rp40,12 miliar, atau sebesar 18,21% dari Laba Bersih Perseroan tahun buku 2021. Pemegang saham yang Namanya terdaftar dalam DPS tertanggal 4 Juli 2022 akan memperoleh dividen tunai sebesar Rp9 per saham yang akan dibagikan pada tanggal 22 Juli 2022.

Mitra10 yang mengawali debut-nya tahun 1997 dengan membuka toko pertama di Kalimalang sebagai pioneer ritel bahan bangunan modern di Indonesia. Kini, di tahun 2022 akan memiliki 45 superstore Mitra10. Jika dihitung sejak 2009, secara bisnis Mitra10 telah tumbuh sebesar 7.2 X dan memiliki area penjualan seluas 147.455m2 serta menawarkan lebih dari 65.000 SKU secara nasional. Mitra10 tumbuh menjadi jaringan ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar di Indonesia.

Solusi Cerdas Belanja Online Mitra10

Penjualan secara daring secara masif mulai terlihat sejak masa pandemi 2020-2021 lalu. Pembatasan aktivitas disemua lini membuat para penjual maupun pembeli beralih ke penjualan secara daring. Beberapa peritel bahkan mencatat pertumbuhan penjualan secara daring hingga dua digit.

Mitra10 sebagai peritel untuk segmen bahan bangunan dan home improvement tidak ketinggalan memaksimalkan penjualan secara daring. Dengan mengusung konsep Omni-channel dipercaya mampu bersinergi dengan baik dan meningkatkan penjualan secara konsolidasi baik secara daring maupun luring.

Andy Totong, Strategic & Development Director CSAP menjelaskan, selain memiliki laman official untuk penjualan secara daring, produk-produk tertentu dari Mitra10 bisa didapat secara daring melalui belanja via aplikasi whatapps, market place terkemuka hingga melalui sosial media.

Channel penjualan secara daring tersebut terkoneksi dan terintegrasi antara toko luring (offline), Gudang, hingga layanan pengiriman. Sehingga para pelanggan dapat merasakan pengalaman berbelanja yang mudah, aman dan nyaman secara online.

Idrus menambahkan, saat ini Mitra10 sudah memiliki lebih dari 2 juta anggota pelanggan Mitra10 yang didukung oleh 370 armada pengiriman untuk penjamin pengiriman tepat waktu melalui 5 distribution center secara nasional.

Pertumbuhan pelanggan secara daring sangat positif dan mengembirakan, untuk traffic kunjungan ke laman resmi tercatat 300.000an unique visitor per bulan dengan page view per bulan mencapai 2,5 juta. Di era big data ini, Mitra10 juga telah memiliki 300.000 pelanggan yang terkoneksi via whatapps, 160rban pengikut di Instagram, 30rb-an pengikut di Facebook, 2,200an pengikut di tiktok dan 1.700an pengikut di Youtube.

Beberapa akun seperti Tiktok dan Youtube bahkan baru digarap secara serius sejak awal 2022. Kami percaya, kombinasi penjualan antara toko daring dengan luring yang ditopang oleh jaringan distribusi CSAP yang tersebar di seluruh Indonesia akan terus tumbuh berkelanjutan dan memberikan nilai lebih kepada pemangku kepentingan, terutama para pemegang saham.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:28 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Tangerang Selatan-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik…

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:15 WIB

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Dalam upaya mencari solusi tentang cakupan imunisasi di Provinsi Aceh. Dalam hal ini Direktorat Pengelolaan Imunisasi dan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Foto: Kemenparekraf)

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:00 WIB

Sandiaga Uno ingin Kota Pariaman Kembangkan Potensi Seni Pertunjukan, Kriya, Kuliner, dan Fesyen

Sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Pariaman, Sumatra…