Jokowi Blak-blakan Ungkap Ada Lima Kepala Negara 'Mohon-mohon' Minta Dikirim Batu Bara dan Migor

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 Juni 2022 - 07:05 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membeberkan kekuatan komoditi ekspor Indonesia. Kali ini giliran batu bara dan minyak goreng (Migor).

Presiden Jokowi mengungkapkan ada beberapa kepala negara yang bahkan sampai memohon-mohon minta stok batu bara dan minyak goreng dari Indonesia.

Permintaan ini bukan hanya dari satu hingga dua orang melainkan lebih dari lima. Namun, ia tidak mengungkap siapa saja identitas para pemimpin negara tersebut.

"Waktu Januari kita setop (ekspor) batu bara, ada 5 presiden dan perdana Menteri telpon saya 'Presiden Jokowi mohon kita dikirim batu bara nya segera, secepatnya, kalau nggak mati kita, listrik kita mati, industri kita mati'," cerita Jokowi dalam Rakernas II PDIP, Selasa (21/6).

Tak hanya itu, Jokowi kembali membahas permintaan akan stok minyak kelapa sawit (CPO). Terutama pada saat Indonesia melakukan pelarangan ekspor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Waktu minyak goreng kita setop ekspornya untuk kebutuhan dalam negeri dulu, batu bara juga, ada dua presiden dan perdana menteri telpon saya juga 'pak ini kalau bapak dalam 2 hari tidak kirim kami, akan terjadi gejolak sosial politik di negara saya. Tolong bisa dikirimkan'," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut, Indonesia jadi mengetahui keunggulannya yang bisa dimanfaatkan dengan kejadian tersebut. Terutama di tengah krisis dunia yang bertubi-tubi datang mulai dari krisis energi hingga pangan.

"Jadi kita tahu posisi kita di mana, kekuatan kita di mana. Di sini mulai kelihatan batu bara kita punya kekuatan besar, CPO kita punya kekuatan besar," terang Jokowi.

Namun, ia menilai kekuatan besar ini harus bisa dimanfaatkan untuk bisa membawa Indonesia menjadi negara maju. Salah satunya dengan menghentikan ekspor bahan mentah CPO maupun batu bara.

Kepala negara ini menekankan mulai saat ini ekspor untuk CPO hingga batu bara sebaiknya dilakukan dalam bentuk setengah jadi maupun jadi. Dengan demikian maka akan memberikan nilai tambah bagi perekonomian dalam negeri.

"Tapi tidak bisa kita teruskan ekspor dalam bentuk bahan mentah. Harus kita berani setop ekspor bahan mentah kemudian kita buat barang jadi. Ada industrialisasi dan hilirisasi diesitu. Itulah sebetulnya kekuatan besar kita sehingga nilai tambah itu ada di dalam negeri, lapangan kerja ada di dalam negeri," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…