Qatar Airways Mencatat Rekor Laba Bersih Mencapai USD 1,54 Miliar untuk Tahun Fiskal 2021-2022

Oleh : Hariyanto | Senin, 20 Juni 2022 - 09:31 WIB

Qatar airways
Qatar airways

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Qatar Airways Group mencatat kinerja keuangan terkuat yang tercermin dalam laporan tahunan yang diterbitkan untuk 2021/22, 200 persen di atas laba historis tahunan tertinggi.

Maskapai ini menuai hasil positifnya atas strategi yang selalu berfokus pada kebutuhan pelanggan dan peluang pasar yang terus berkembang, serta efisiensi dan komitmen karyawannya di seluruh dunia.

Qatar Airways Group melaporkan rekor laba bersih sebesar QAR 5,6 miliar (USD 1,54 miliar) selama tahun fiskal 2021/22. Pendapatan keseluruhan meningkat menjadi QAR 52,3 miliar (USD 14,4 miliar), naik 78 persen dibandingkan tahun lalu dan dua persen lebih tinggi dari tahun keuangan penuh sebelum COVID (yaitu 2019/20).

Pendapatan penumpang meningkat sebesar 210 persen selama tahun lalu, karena pertumbuhan jaringan Qatar Airways, peningkatan pangsa pasar dan pendapatan unit yang lebih tinggi, untuk tahun keuangan kedua berturut-turut. Qatar Airways mengangkut 18,5 juta penumpang, meningkat 218 persen dibandingkan tahun lalu.

Qatar Airways Cargo tetap menjadi pemain terdepan di dunia karena pendapatannya mengalami pertumbuhan yang mengesankan sebesar 25 persen dibandingkan tahun lalu dengan pertumbuhan kapasitas kargo (Kilometer Ton Tersedia) sebesar 25 persen per tahun.

Grup menghasilkan EBITDA Margin yang kuat sebesar 34 persen pada QAR 17,7 miliar (USD 4,9 miliar). EBITDA lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar QAR 11,8 miliar (USD 3,2 miliar) karena operasi yang efisien, gesit, dan sesuai tujuan di semua area bisnis.

Ini adalah hasil dari keputusan yang dibuat selama pandemi untuk memperluas jaringan penumpang dan kargo Qatar Airways, dengan perkiraan pemulihan pasar global yang lebih akurat, membangun loyalitas pelanggan dan mitra lebih lanjut serta keunggulan produk yang dikombinasikan dengan pengendalian biaya yang efisien.

Terlepas dari tantangan COVID-19, maskapai nasional Qatar telah berkembang di lebih dari 140 tujuan pada 2021/22, membuka rute baru termasuk Abidjan, Pantai Gading; Lusaka, Zambia; Harare, Zimbabwe; Almaty, Kazakhstan dan Kano serta Port Harcourt, Nigeria selain melanjutkan penerbangan ke pasar-pasar utama di seluruh Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Perusahaan terus mengoperasikan jaringan terbesar di antara semua maskapai Timur Tengah, yang diukur dari jumlah atau tujuan serta penerbangan mingguan.

“Qatar Airways telah menunjukkan peran yang kuat dalam industri penerbangan, dan hasil keuangan ini adalah indikasi yang jelas dari kinerja Grup yang kuat. Terhadap tantangan selama periode sebelumnya, saya senang dengan pencapaian yang telah dicapai tahun ini dan dengan cara Grup menangani tantangan ini dengan cepat.” kata Menteri Energi dan Ketua Grup Qatar Airways, Saad Bin Sharida Al-Kaabi yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (20/6/2022).

Chief Executive Qatar Airways Group, Akbar Al Baker, mengatakan bahwa pada tahun 2021, perusahaan tumbuh secara signifikan untuk menjadi maskapai penerbangan jarak jauh global terbesar di dunia berdasarkan Revenue Passenger Kilometres atau RPK.

“Investasi strategis kami dalam berbagai armada pesawat modern yang hemat bahan bakar telah membantu kami mengatasi tantangan signifikan terkait dengan kendala kapasitas sambil menyeimbangkan kebutuhan komersial secepat mungkin," ungkap Akbar.

Sepanjang tahun ini, Qatar Airways Group mempertahankan portofolio kemitraan regional dan global yang sangat sukses dan kaya untuk memperjuangkan merek di seluruh dunia termasuk klub olahraga global – Al Sadd SC, Boca Juniors, Brooklyn Nets, FC Bayern München, dan Paris Saint -Germain, kemitraan dengan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) dan FIFA.

Qatar Airways saat ini terbang ke lebih dari 150 tujuan di seluruh dunia, terhubung melalui hub Doha, Bandara Internasional Hamad, yang saat ini dinobatkan sebagai 'Bandara Terbaik di Dunia' oleh Skytrax.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…