Festival Teluk Jailolo diharapkan Jadi Momentum Kebangkitan Sektor Parekraf di Halmahera Barat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 19 Juni 2022 - 09:30 WIB

Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2022 di Halmahera Barat, Maluku Utara (Foto: Kemenparekraf)
Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2022 di Halmahera Barat, Maluku Utara (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Berlangsung meriah Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Ini menjadi momentum kebangkitan sektor parekraf di Halmahera Barat, Maluku Utara.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, kemeriahan dari Festival Teluk Jailolo yang merupakan kolaborasi dari Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah. Terbukti event daerah ini bisa menggeliatkan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja. 

“Seperti teman-teman lihat sendiri, pada acara tersebut juga ada suguhan tari kolosal berkelas internasional yang dibantu kurasinya oleh Eko Pece yang merupakan seniman Indonesia berkaliber internasional,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Menparekraf Sandiaga Uno berharap, festival yang sudah memasuki tahun ke-13 bisa terus terselenggara. Terlebih Tema yang diangkat juga selalu memberi semangat positif. Contohnya saja tahun ini, tema yang diangkat adalah "Rise and Shine" Wonderful Culture of the Spice Islands.

Kemeriahan festival tampak terlihat dari kemegahan panggung yang berada di atas Teluk Jailolo. Di atas panggung ditampilkan tarian kolosal Sasadu on the sea dan Ronggeng massal.

Festival yang berlangsung pada 15-18 Juni 2022 tersebut merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dan Pemerintah Daerah Halmahera Barat yang menyuguhkan berbagai atraksi untuk mengenalkan pesona Indonesia timur dari sisi alam, budaya, tradisi, hingga ekonomi kreatifnya. 

Lewat tema tersebut, masyarakat diajak untuk bangkit dan bersinar setelah kesulitan yang terjadi selama pandemi. Harapan lainnya, event yang masuk ke dalam 110 Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf ini bisa jadi momen bangkitnya wisata dan ekonomi kreatif.

“Kami mendukung secara kongkrit FTJ ini. Saya hadir langsung memberikan dukungan juga memberikan bantuan kurasi dan pendanaan sehingga diharapkan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Terima kasih atas kolaborasinya dari pemerintah daerah dan stakeholders pariwisata lainnya,” katanya.

Menparekraf Sandiaga mengaku terkesan dengan keindahan alam dan budaya yang ada di Jailolo ini. Terlebih dengan tarian kolosal Sasadu on the sea dan Ronggeng massal yang melibatkan banyak sanggar tari hingga masyarakat setempat. Ajang itu menjadi momentum kebangkitan ekonomi sehingga memberikan kesejahteraan di Maluku Utara khususnya di Halmahera Barat.

“Saya sangat terkesan, luar biasa. Ini kelasnya sudah bagus karena dibantu oleh Eko Pece, tahun lalu kita selenggarakan dengan hybrid dan tahun ini dilakukan secara offline dan juga disiarkan secara streaming sehingga bisa menjangkau masyarakat Maluku Utara dan lainnya," jelas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:15 WIB

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Dalam upaya mencari solusi tentang cakupan imunisasi di Provinsi Aceh. Dalam hal ini Direktorat Pengelolaan Imunisasi dan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian…

Ilustrasi tanaman Ganja

Rabu, 06 Juli 2022 - 12:59 WIB

Ada Penelitian Baru Manfaat Ganja, Komisi III: UU Narkotika Mendesak Direvisi Demi Kepentingan Medis

Anggota Komisi III DPR RI Romo H.R. Muhammad Syafi'i menegaskan Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika mendesak segera untuk direvisi mengingat adanya tuntutan perkembangan…

Ketum PWI Atal S Depari Apresiasi Program PWI Babel

Rabu, 06 Juli 2022 - 12:45 WIB

Ketum PWI Atal S Depari Apresiasi Program PWI Babel

Ketua Umum PWI Pusat Atal.S Depari mengapresiasi program PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022 - 2027. Hal ini dikatakan Atal saat pelantikan dan pengukuhan Pengurus PWI Provinsi…

Penandatanganan MoU LPDB-KUMKM dengan Kejati Kaltim

Rabu, 06 Juli 2022 - 12:30 WIB

Teken MoU dengan Kejati Kaltim, LPDB-KUMKM Siap Optimalisasi Penyaluran Hingga Pengembalian Dana Bergulir

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur…

MenKopUKM Teten Masduki

Rabu, 06 Juli 2022 - 12:06 WIB

Menteri Teten Dorong Pelaku Seni Rebut 'Cuan' Rp5.400 Triliun Lewat Ekosistem Digital

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengajak pelaku seni untuk masuk ke dalam ekosistem digital agar salah satunya dapat memanfaatkan nilai ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan…