Mengetahui Penyebab Kanker Serviks, Tahapan Stadium Hingga Pentingnya Vaksin HPV

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 16 Juni 2022 - 18:30 WIB

Ilustrasi Kanker Serviks (Ist)
Ilustrasi Kanker Serviks (Ist)

INDUSTRY.co.id - Saat ini, kanker serviks adalah kanker paling mematikan keempat di antara wanita di seluruh dunia. Ini menyumbang lebih dari 3 persen dari semua kanker wanita. Tingkat kejadian cenderung lebih tinggi di negara-negara miskin dengan akses yang lebih sedikit ke fasilitas vaksinasi dan skrining.

Dr Wong Chiung Ing Senior Consultant Medical Oncologist di Parkway Cancer Center (PCC) menjelaskan salah satu penyebab utama kanker serviks adalah infeksi HPV yang ditularkan secara seksual. 

"Orang yang memiliki banyak pasangan seksual atau yang memulai hubungan seksual pada usia muda memiliki risiko yang jauh lebih besar. Faktor risiko lain termasuk merokok dan sistem kekebalan yang lemah seperti pasien HIV, dan pasien yang telah menjalani transplantasi," katanya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, pengobatan kanker serviks sangat tergantung pada stadium penyakit saat datang, Dr Wong Chiung Ing memberikan pandangan sekilas tentang empat tahap kanker, dia menjelaskan bagaimana penyebarannya dan tingkat kelangsungan hidup lima tahun:

⦁ Tahap 1: Terbatas pada serviks; 85 persen tingkat kelangsungan hidup.

⦁ Tahap 2: Menyebar ke luar serviks, tetapi tidak ke dinding panggul atau sepertiga vagina; 65 persen tingkat kelangsungan hidup.

⦁ Tahap 3: Menyebar ke dinding panggul atau sepertiga bagian bawah vagina; 35 persen tingkat kelangsungan hidup.

⦁ Tahap 4: Invasi kandung kemih, rektum, atau metastasis; Tingkat kelangsungan hidup 7 persen.

Dia kemudian menguraikan pilihan pengobatan untuk setiap tahap, yang meliputi operasi, radioterapi dan kemoterapi.

"Pada tahap akhir, katanya, dokter biasanya menawarkan Pengobatan paliatif, yang akan mencakup kemoterapi, terapi target, dan imunoterapi," bebernya.

Maka dari itu, Dr Lisa Wong juga mengimbau pentingnya melakukan vaksinasi HPV yang juga memainkan peran penting dalam melindungi wanita dari virus, dan dengan demikian kanker serviks. 

"Dalam pencegahan primer, dapat mencegah 70 hingga 90 persen kanker," jelas dia.

Bahkan anak laki-laki dan laki-laki muda dapat divaksinasi, kata Dr Wong, karena HPV juga telah dikaitkan dengan kutil kelamin dan kanker penis, orofaringeal, dan dubur pada pria. Vaksin HPV memiliki efek samping utama adalah ketidaknyamanan tempat suntikan. Efek samping ringan seperti sakit kepala dan mual umumnya dapat ditoleransi dengan baik.

Vaksin HPV bersifat profilaksis, yaitu mencegah infeksi HPV risiko tinggi. Saat ini, tidak dilisensikan untuk penggunaan terapeutik untuk CIN atau kutil kelamin.

Lebih lanjut, Dr Wong Chiung Ing mengatakan sebagian besar kasus kanker serviks dapat disembuhkan jika terdeteksi pada tahap awal. 

"Semoga dengan lebih banyak skrining dan kewaspadaan, kita dapat menangkap kanker serviks lebih awal dan menyembuhkan penyakitnya," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri gelas kaca (ist)

Rabu, 01 Mei 2024 - 16:30 WIB

PGN Kembali Berulah, APGI: Seolah-olah Memaksa Industri Kurangi Produksi dan Tenaga Kerja

PT Perusahaan Gas Negara atau PGN kembali mengeluarkan surat edaran kepada pelaku industri pengguna gas bumi. Adapun, surat edaran tersebut berkaitan dengan pembatasan pemakaian gas dengan sistem…

Ilustrasi instalasi gas. (Foto: Istimewa)

Rabu, 01 Mei 2024 - 16:10 WIB

Sejumlah Industri Geram, Lagi-lagi Kebijakan PGN 'Matikan' Industri Nasional

Sejumlah pelaku industri 'geram' atas kebijakan PT Perusahaan Gas Negara atau PGN terkait pembatasan pemakaian gas dengan sistem kuota harian.

Staf Khusus Menteri Bidang Hukum dan Pengawasan sekaligus Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Rabu, 01 Mei 2024 - 13:27 WIB

Kemenperin: Industri Pengolahan Masih Ekspansif di tengah Penurunan Iklim Usaha Global

Konflik yang masih terus berlangsung di Timur Tengah, yaitu antara Iran-Israel, Israel-Palestina, maupun yang tengah terjadi di Laut Merah, serta ketidakstabilan kondisi ekonomi global mendorong…

Industri alas kaki nasional

Rabu, 01 Mei 2024 - 13:15 WIB

Kemenperin Tempa Pelaku IKM Alas Kaki Semakin Berinovasi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 01 Mei 2024 - 11:15 WIB

Waduh! PGN Kembali Berulah, Dua Kebijakannya Bakal Rusak Iklim Investasi & Ancaman PHK di Depan Mata

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) meradang. Hal ini dikarenakan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terkait…