Kolaborasi dengan BPR Irian Sentosa, bank bjb Akselerasi Kredit di Wilayah Timur Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 15 Juni 2022 - 11:09 WIB

Penandatanganan kerja sama dilakukan Pemimpin Divisi Kredit Ritel bank bjb Rudy Purwadhi dengan Direktur Utama BPR Irian Sentosa Verasicca Nainggolan dan Direktur Strategis PT Modern Multi Artha Freddijoe Wunas, di Jakarta, Senin (13/6/2022).
Penandatanganan kerja sama dilakukan Pemimpin Divisi Kredit Ritel bank bjb Rudy Purwadhi dengan Direktur Utama BPR Irian Sentosa Verasicca Nainggolan dan Direktur Strategis PT Modern Multi Artha Freddijoe Wunas, di Jakarta, Senin (13/6/2022).

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk semakin meningkatkan kinerja bisnis. Paling anyar, bank bjb menandatanganni perjanjian kerja sama Penyaluran Kredit UMKM Channeling dengan PT BPR Irian Sentosa dan PT Modern Multri Artha.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Pemimpin Divisi Kredit Ritel bank bjb Rudy Purwadhi dengan Direktur Utama BPR Irian Sentosa Verasicca Nainggolan dan Direktur Strategis PT Modern Multi Artha Freddijoe Wunas, di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto mengatakan bank bjb terus melakukan inovasi, memperkuat sinergi, untuk mengakselerasi penyaluran kredit, termasuk di sektor ritel, seiring dengan tren pemulihan ekonomi dan semakin membaiknya konsumsi dan daya beli masyarakat. 

Disampaikan Widi, kerja sama penyaluran kredit melalui skema channneling sebagai bentuk kontribusi bank bjb dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, termasuk kawasan timur Indonesia.

"Bagi bank bjb, sektor ritel memiliki peran signifikan dalam mendorong pertumbuhan bisnis," ucap Widi. 

Kerja sama antara bank bjb dengan BPR Irian Sentosa, diharapkan akan memberikan percepatan pertumbuhan portofolio kredit di sektor ritel sekaligus memberikan berbagai kemudahan kepada masyarakat alam mengakses pembiayaan untuk berbagai kebutuhan. Kolaborasi bank bjb dengan BPR Irian Sentosa ini diharapkan dapat mendorong kinerja kredit perseroan.

"bank bjb senantiasa menyelaraskan kepentingan bisnis agar bergerak dalam koridor pemulihan ekonomi. Bank bjb fokus dalam penyaluran pembiayaan pada segmen korporasi dan komersial, juga sektor ritel, karena memiliki prospek positif untuk terus tumbuh," ucap Widi.

Kolaborasi ini juga diharapkan akan mendorong penyaluran kredit bank bjb di kawasan timur Indonesia mengingat BPR Irian Sentosa memiliki jaringan kantor cabang luas dengan ribuan nasabah yang tersebar di berbagai kota Kabupaten Provinsi Papua. Bank bjb optimis, kolaborasi ini memiliki dampak positif mengingat BPR Irian Sentosa juga masuk kategori 250 BPR terbaik dengan aset di atas Rp1 triliun.

"Menjadi salah satu komitmen bank bjb dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," kata Widi.

Sebagai catatan, hingga Maret 2022, penyaluran kredit bank bjb mencapai Rp 105,1 triliun. Realisasi kredit tersebut meningkat 8,3% year on year (yoy), atau tumbuh di atas rata - rata industri perbankan yang berada di level 5,8% pada Januari 2022.

Dengan kualitas kredit  terjaga dengan baik dimana, Bank Bjb mencatatkan rasio kredit bermasalah (NPL) turun dari 1,4% menjadi 1,2%.

Tak hanya itu, perusahaan juga meraup laba sebesar Rp 738 miliar atau tumbuh 28,6% yoy pada kuartal I 2022. salah satunya berkat kenaikan fee based income yang juga tumbuh 43,7% yoy menjadi Rp 372 miliar.  Bahkan aset bank bjb juga tumbuh 16,6% menjadi Rp 167,4 triliun pada triwulan I 2022. Diikuti peningkatan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 15,9% menjadi Rp 128,3 triliun.

bank bjb akan memanfaatkan momentum untuk terus meningkatkan kinerja positif pada triwulan selanjutnya selama tahun 2022. Hal ini dibarengi dengan kolaborasi serta inovasi digital yang dikembangkan perusahaan.

Bank Bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja positif di atas pertumbuhan rata-rata industri perbankan secara nasional pada triwulan pertama 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…