University of Leeds Tunjuk Alia Karenina Sebagai Anggota Komite Pengarah Nasional Proyek Penelitian Perubahan Iklim dan Kesetaraan Gender

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Juni 2022 - 13:16 WIB

Founder dan CEO Alika Communication, Alia Karenina
Founder dan CEO Alika Communication, Alia Karenina

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Founder dan CEO Alika Communication, Alia Karenina, ditunjuk sebagai Anggota Komite Pengarah Nasional Proyek Gender, Generation and Climate Change (GENERATE) di Indonesia. GENERATE merupakan proyek penelitian yang diinisiasi oleh University of Leeds, Inggris, dan didanai oleh UK Research and Innovation (UKRI).

Pada 2022, proyek GENERATE memiliki tema utama “Pendekatan Kreatif untuk Membangun Kota yang Inklusif dan Memiliki Ketahanan Iklim” dengan fokus riset di dua negara, yakni Indonesia dan Uganda. Penunjukan Alika Karenina sebagai Komite Pengarah Nasional memiliki tanggung jawab dalam menyatukan kepentingan utama nasional, pembuatan kebijakan, akademisi, serta perwakilan dari masyarakat yang terlibat dalam bidang perubahan iklim, kota, dan kesetaraan gender.

Proyek GENERATE didasari atas keadaan bencana iklim semakin meningkat di seluruh dunia dan semakin tingginya migrasi ke pusat kota. Keadaan sosial ini berdampak pada terbentuknya ketidaksetaraan sosial (termasuk gender di dalamnya) yang dapat mewujudkan dampak perubahan iklim yang semakin tidak merata. Proyek penelitian internasional ini memiliki visi menciptakan mobilisasi ilmu sosial dan seni Bersama-sama untuk menciptakan bukti baru yang penting dalam memperluas dan memperdalam pendekatan terhadap isu gender dan perubahan iklim.

“Alasan saya tergerak menjadi bagian dari Anggota Komite Pengarah Nasional di proyek GENERATE adalah karena isu kesetaraan gender dan perubahan iklim merupakan permasalahan yang patut untuk terus diperjuangkan," ungkap Alia, yang juga merupakan Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Selama 17 tahun kariernya, Alia Karenina merupakan sosok yang berpengalaman dengan latar belakang dalam bidang jurnalis, marketing, bisnis, dan corporate communication. Pada 2015, Alia menerima beasiswa dari United Nation University, Tokyo, untuk kursus terkait kerja sama internasional, pembangunan dan perubahan lingkungan, serta pengelolaan risiko. Selain itu, Alia Karenina juga memiliki gelar Master dalam Emerging Economies and International Development yang diraih dari beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Inggris.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan permasalahan sosial yang sangat beragam. Saya berharap keikutsertaan saya dalam proyek ini dapat berkontribusi dalam penemuan bukti ilmiah terkait keadaan sosial serta hasilnya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, khususnya para pemangku kepentingan dalam menciptakan keadaan sosial yang lebih baik di Indonesia,” lanjut Alia, terkait pentingnya hasil penelitian dalam proyek GENERATE.

Sebagai gambaran, proyek GENERATE merupakan inisiasi dari University of Leeds di Inggris yang merupakan salah satu universitas yang terbaik Inggris yang memiliki komitmen tinggi dalam penelitian interdisipliner khususnya perubahan iklim. Hingga saat ini, University of Leeds memiliki lebih dari 170 akademisi dan 130 mahasiswa PhD. Komitmen University of Leeds dalam penelitian terkait iklim dibuktikan dengan menjadi tuan rumah bagi empat pusat penelitian nasional dalam isu iklim diantaranya Economic and Social Research Council (ESRC) Center for Climate Change Economics and Policy (CCCEP) dan memiliki delapan kontributor untuk Intergovernmental Panel on Climate Change Sixth Assessment Report (IPCC). (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…