University of Leeds Tunjuk Alia Karenina Sebagai Anggota Komite Pengarah Nasional Proyek Penelitian Perubahan Iklim dan Kesetaraan Gender

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Juni 2022 - 13:16 WIB

Founder dan CEO Alika Communication, Alia Karenina
Founder dan CEO Alika Communication, Alia Karenina

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Founder dan CEO Alika Communication, Alia Karenina, ditunjuk sebagai Anggota Komite Pengarah Nasional Proyek Gender, Generation and Climate Change (GENERATE) di Indonesia. GENERATE merupakan proyek penelitian yang diinisiasi oleh University of Leeds, Inggris, dan didanai oleh UK Research and Innovation (UKRI).

Pada 2022, proyek GENERATE memiliki tema utama “Pendekatan Kreatif untuk Membangun Kota yang Inklusif dan Memiliki Ketahanan Iklim” dengan fokus riset di dua negara, yakni Indonesia dan Uganda. Penunjukan Alika Karenina sebagai Komite Pengarah Nasional memiliki tanggung jawab dalam menyatukan kepentingan utama nasional, pembuatan kebijakan, akademisi, serta perwakilan dari masyarakat yang terlibat dalam bidang perubahan iklim, kota, dan kesetaraan gender.

Proyek GENERATE didasari atas keadaan bencana iklim semakin meningkat di seluruh dunia dan semakin tingginya migrasi ke pusat kota. Keadaan sosial ini berdampak pada terbentuknya ketidaksetaraan sosial (termasuk gender di dalamnya) yang dapat mewujudkan dampak perubahan iklim yang semakin tidak merata. Proyek penelitian internasional ini memiliki visi menciptakan mobilisasi ilmu sosial dan seni Bersama-sama untuk menciptakan bukti baru yang penting dalam memperluas dan memperdalam pendekatan terhadap isu gender dan perubahan iklim.

“Alasan saya tergerak menjadi bagian dari Anggota Komite Pengarah Nasional di proyek GENERATE adalah karena isu kesetaraan gender dan perubahan iklim merupakan permasalahan yang patut untuk terus diperjuangkan," ungkap Alia, yang juga merupakan Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Selama 17 tahun kariernya, Alia Karenina merupakan sosok yang berpengalaman dengan latar belakang dalam bidang jurnalis, marketing, bisnis, dan corporate communication. Pada 2015, Alia menerima beasiswa dari United Nation University, Tokyo, untuk kursus terkait kerja sama internasional, pembangunan dan perubahan lingkungan, serta pengelolaan risiko. Selain itu, Alia Karenina juga memiliki gelar Master dalam Emerging Economies and International Development yang diraih dari beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Inggris.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan permasalahan sosial yang sangat beragam. Saya berharap keikutsertaan saya dalam proyek ini dapat berkontribusi dalam penemuan bukti ilmiah terkait keadaan sosial serta hasilnya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, khususnya para pemangku kepentingan dalam menciptakan keadaan sosial yang lebih baik di Indonesia,” lanjut Alia, terkait pentingnya hasil penelitian dalam proyek GENERATE.

Sebagai gambaran, proyek GENERATE merupakan inisiasi dari University of Leeds di Inggris yang merupakan salah satu universitas yang terbaik Inggris yang memiliki komitmen tinggi dalam penelitian interdisipliner khususnya perubahan iklim. Hingga saat ini, University of Leeds memiliki lebih dari 170 akademisi dan 130 mahasiswa PhD. Komitmen University of Leeds dalam penelitian terkait iklim dibuktikan dengan menjadi tuan rumah bagi empat pusat penelitian nasional dalam isu iklim diantaranya Economic and Social Research Council (ESRC) Center for Climate Change Economics and Policy (CCCEP) dan memiliki delapan kontributor untuk Intergovernmental Panel on Climate Change Sixth Assessment Report (IPCC). (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seorang pedagang sayur mayur nasabah Jak One Merchant Bank DKI tengah menjajakan dagangannya yang transaksinya di Pasar Jati Rawasari, Jakarta Pusat (30/04). Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM Bank DKI naik 39,18% dari Rp3,8 triliun per Maret 2023 menjadi Rp5,2 triliun Per Maret 2024.

Senin, 29 April 2024 - 23:53 WIB

Q1 2024, Kredit UMKM Bank DKI Tumbuh 39,18%

Jakarta - Bank DKI terus fokus tingkatkan portofolio UMKM sesuai dengan visi dan misi bank. Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM naik 39,18% dari Rp3,8 triliun per Maret 2023 menjadi…

Melalui Sertifikasi B Corp, Xurya menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, baik dalam aspek lingkungan maupun sosial.

Senin, 29 April 2024 - 21:56 WIB

Perusahaan Energi Terbarukan Indonesia, Xurya, Raih Sertifikasi B Corp

Menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, Xurya menjadi salah satu pionir perusahaan energi terbarukan di Indonesia yang Tersertifikasi B Corp.

 PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

Senin, 29 April 2024 - 21:00 WIB

PAPDI Perbarui Rekomendasi Vaksin Dewasa Dengan Menambahkan PCV15

Selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, vaksin PCV15 juga telah disetujui oleh BPOM untuk diberikan kepada dewasa guna memberikan perlindungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…