Wujudkan Pariwisata Berkualitas, Kemenparekraf Revitalisasi Fasilitas Pendukung di Desa Wisata Bongo Gorontalo

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 12 Juni 2022 - 12:15 WIB

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Merevitalisasi Amenitas dan Fasilitas Pendukung Pariwisata Termasuk Toilet di Pantai Dulunga, Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo. (Dok: Kemenparekraf)
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Merevitalisasi Amenitas dan Fasilitas Pendukung Pariwisata Termasuk Toilet di Pantai Dulunga, Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo. (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya mewujudkan pariwisata Indonesia yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan, untuk kebangkitan ekonomi pariwisata Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merevitalisasi amenitas dan fasilitas pendukung pariwisata termasuk toilet di Pantai Dulunga, Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu dalam pernyataannya di Jakarta menjelaskan dengan adanya revitalisasi toilet di Pantai Dulanga ini diharapkan bisa bermanfaat bagi wisatawan yang berkunjung.

"Revitalisasi toilet ini merupakan wujud nyata upaya kita untuk mendorong kebangkitan sektor parekraf dengan mengutamakan unsur CHSE. Harapan kami, apa yang sudah kita bangun akan terus berkelanjutan dan pihak industri serta pemda (pemerintah daerah) dapat bekerja sama untuk mewujudkan toilet bersih setara kualitas hotel bintang lima di destinasi," ujar Vinsensius Jemadu melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Vinsensius juga menjelaskan program revitalisasi toilet yang telah rampung itu diharapkan bisa menjadi percontohan bagi destinasi dan desa wisata lainnya yang ada di Gorontalo.

Program revitalisasi toilet di destinasi pariwisata menjadi program unggulan Kemenparekraf dalam upaya meningkatkan kualitas sektor pariwisata. Selain itu revitalisasi toilet di Pantai Dulunga, Desa Bongo merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada November 2021.

“Program revitalisasi toilet di destinasi ini diharapkan tepat sasaran dan tepat manfaat. Sejalan dengan arahan Menteri, revitalisasi toilet ini merupakan wujud nyata implementasi inovasi adaptasi dan kolaborasi dengan semangat GERCEP (Gerak Cepat), GEBER (Gerak Bersama) dan GASPOL (Garap Semua Potensi Lokal untuk Lapangan Kerja) pascapandemi COVID-19 agar destinasi wisata di Pantai Dulanga ini memiliki toilet yang bersih, Indah, sehat, dan aman,” ujarnya.

Program Revitalisasi ini, lanjut Vinsensius melibatkan masyarakat sehingga diharapkan bisa memberikan dampak langsung. Kemudian dirangkai dengan bimbingan teknis peningkatan SDM pengelolaan di Daya Tarik Wisata (DTW), pengembangan desa wisata, penataan, dan revitalisasi destinasi.

“Bagaimana masyarakat Gorontalo bisa lebih sejahtera melalui aksi nyata di kalangan masyarakat dalam mewujudkan destinasi yang berkualitas, terintegrasi, dan berkelanjutan seperti yang dilakukan di Desa Wisata Religi Bubohu ini,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…

Ilustrasi Bandara

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:45 WIB

Bandara Internasional Batam Resmi Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Jakarta-Pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan…

Meriahkan HUT Jakarta ke 495, Jakkon Gelar Acara Bertajuk Merawat Budaya Lokal

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:38 WIB

Meriahkan HUT Jakarta ke 495, Jakkon Gelar Acara Bertajuk Merawat Budaya Lokal

Jakarta - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495, PT. Jakarta Konsultindo menggelar berbagai acara antara lain dengan cara syukuran, doa Bersama, tumpeng mini dan nasi kucing,…