Gandeng Tiga Asosiasi Hilir Sawit, Forwatan Salurkan Bantuan Kepada 3 Yayasan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 10 Juni 2022 - 09:26 WIB

Forwatan dan tiga Asosiasi Minyak Sawit saat penyerahan bantuan ke Yayasan Yatim
Forwatan dan tiga Asosiasi Minyak Sawit saat penyerahan bantuan ke Yayasan Yatim

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) menyalurkan bantuan kepada 3 Yayasan Sosial yang berada di Jakarta dan Depok, Jawa Barat.

Penyaluran bantuan ini terlaksana berkat dukungan tiga asosiasi hilir sawit yaitu Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN).

Bantuan ini diberikan kepada tiga yayasan yaitu Yayasan Wisata Sedekah Indonesia (Kebagusan, Jakarta Selatan), Lembaga Amil Zakat Nasional Panti Yatim Indonesia (Ciracas, Jakarta Timur), dan Yayasan Intifa Cinta yatim Al Ikhwaniyah (Limo, Depok) sebagai bentuk kepedulian di tengah pandemi dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Pemberian bantuan secara simbolis dilakukan di Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, pada pertengahan Mei 2022 yang diserahkan Yuwono Nugroho (Ketua Forwatan) kepada Ahmad Perdana, Pembina Yayasan Wisata Sedekah Indonesia yang didampingi Qayuum Amri (Wakil Ketua Forwatan) dan Beledug Bantolo (Sekjen Forwatan).

Sebagai informasi, Yayasan Wisata Sedekah Indonesia membina 90 anak yatim untuk diberikan bantuan secara finansial dan juga pendidikan agama. Sebagian besar mereka berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Perdana, Pembina Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, menjelaskan bahwa berdirinya kegiatan Yayasan Wisata Sedekah Indonesia semenjak 2004. Kegiatan yayasan antara lain Sedekah Jumat, Yatim Berbagi, Wisata Sedekah, dan Rumah Baca Keliling.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Forum Wartawan Pertanian yang berkenan hadir dan memberikan bantuan bagi kegiatan anak-anak yatim. Begitu pula apresiasi setinggi-tingginya kepada asosiasi sawit lain seperti GIMNI, APOLIN, dan APROBI yang turut mendukung kegiatan sosial ini. Tentu saja, bantuan ini menjadi upaya memberikan edukasi dan kontribusi industri hilir sawit kepada masyarakat. Semoga industri sawit memberikan keberkahan bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam kesempatan tersebut dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat ( 10 Juni 2022).

Paulus Tjakrawan, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) mengapresiasi inisiatif Forwatan yang rutin mengadakan kegiatan sosial setiap tahunnya dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu dan menjadi bagian kontribusi sawit bagi pemulihan ekonomi pasca pandemi. Bantuan ini menunjukkan kontribusi industri sawit di sektor hilir kepada masyarakat. Seperti diketahui, industri sawit seperti biodiesel punya peranan penting bagi negara dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Bernard Riedo Ketua Umum Gabungan Infustri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), dalam kesempatan terpisah, mendukung kegiatan penyaluran bantuan ini sebagai upaya saling membantu sesama serta memberikan edukasi informasi kelapa sawit bagi masyarakat.

”Harapan kami, kerjasama yang berjalan baik ini antara GIMNI, APROBI, dan APOLIN bersama Forum Wartawan Pertanian dapat terus berlanjut ke depannya,” harap Bernard.

Rapolo Hutabarat, Ketua Umum APOLIN, menjelaskan bahwa turunnya angka pandemi Covid-19 merupakan momentum positif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan saling membantu.

“Budaya saling membantu dan gotong royong harus terus dijalankan sebagai landasan kehidupan bermasyarakat. Atas dasar itulah, kami dari APOLIN, APROBI, GIMNI bersama Forum Wartawan Pertanian, kembali mengadakan kegiatan sosial di tahun ini,” urai Rapolo.

Yuwono Ibnu Nugroho, Ketua Forwatan, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tiga asosiasi hilir sawit (APROBI, GIMNI, dan APOLIN) yang mempercayakan penyaluran bantuan tersebut melalui Forwatan. Bantuan ini menunjukkan industri sawit tidak saja berkontribusi bagi negara melainkan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

“Setelah penyerahan bantuan ini, rekan-rekan Forwatan tetap berkomitmen untuk menyalurkan bantuan kegiatan lain melalui dukungan dan kolaborasi berbagai pihak. Melalui bantuan ini, harapan kami perekonomian masyarakat menjadi lebih baik,” pungkasnya menutup pembicaraan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…