Jepang Akan dibuka Lagi, Wisatawan Asing Harus Patuhi Syarat Ini

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Juni 2022 - 13:00 WIB

Taman Nara di Jepang (Foto: sukacoretcoret.wordpress.com)
Taman Nara di Jepang (Foto: sukacoretcoret.wordpress.com)

INDUSTRY.co.id - Ditutup selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Jepang secara bertahap akan membuka kembali perbatasannya untuk wisatawan asing. 

Melansir dari laman Channel News Asia, Selasa (7/6/2022), wisatawan asing yang mengunjungi Jepang akan diminta untuk mengenakan masker, mengambil asuransi kesehatan swasta dan didampingi selama mereka tinggal, kata pemerintah pada Selasa (7/6/2022), hal ini direncanakan pembukaan bertahap dari dua tahun pembatasan Covid-19.

Hanya pengunjung yang mengikuti paket tur yang akan diizinkan masuk selama fase pertama pembukaan kembali, mulai 10 Juni, kata Badan Pariwisata Jepang (JTA). Selain itu, para pemandu agen perjalanan yang menemani pengunjung harus memastikan mereka mengenakan masker mereka.

"Pemandu wisata harus sering mengingatkan peserta tur tentang langkah-langkah pencegahan infeksi yang diperlukan, termasuk mengenakan dan melepas masker, pada setiap tahap tur," kata JTA dalam pedomannya.

"Bahkan di luar ruangan, pemakaian masker harus berlanjut dalam situasi di mana orang-orang berbicara dalam jarak dekat," jelas JTA.

Jepang telah memberlakukan beberapa kontrol perbatasan paling ketat di dunia selama pandemi, melarang masuknya hampir semua non-penduduk Jepang.

Ketika sebagian besar negara lain di dunia terbuka dari penguncian Covid-19, Jepang juga melonggarkan aturannya. Perdana Menteri Fumio Kishida telah berjanji untuk membawa langkah-langkah perbatasan sejalan dengan negara-negara lainnya.

Pemerintah baru-baru ini mulai melonggarkan panduan masker untuk masyarakat umum meskipun penutupnya ada di mana-mana.

Jepang juga melakukan "tur tes" terhadap kelompok yang terdiri dari sekitar 50 orang bulan lalu, kebanyakan dari mereka adalah agen perjalanan, tetapi salah satu peserta dinyatakan positif Covid-19.

James Jang, seorang agen perjalanan dari Australia yang mengambil bagian dalam salah satu tur uji coba, mengatakan aturan itu kemungkinan akan membuat beberapa orang menunda untuk saat ini.

"Klien akan baik-baik saja dengan mengenakan masker di dalam ruangan tetapi memakainya 24 jam itu merepotkan," kata Jang kepada Reuters.

Pada 2019, Jepang menampung 31,9 juta pengunjung asing dengan total uang yang dibelanjakan mencapai 4,81 triliun yen, sekitar Rp 522 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:55 WIB

Diduga Gelapkan Dana Umat, DPR Minta Polri Usut Tuntas ACT

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi tentang kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT).