Bangkitkan Pariwisata, Menparekraf Dorong Potensi Pelaku Ekraf Banyuwangi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 07 Juni 2022 - 12:30 WIB

Pekerja Ekonomi Kreatif di Banyuwangi, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)
Pekerja Ekonomi Kreatif di Banyuwangi, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Seiring meningkatnya kembali kunjungan wisatawan ke salah satu kabupaten di Jawa Timur, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Banyuwangi untuk memanfaatkan momentum dan peluang kebangkitan sektor pariwisata dengan meningkatkan potensi diri dan kualitas produk.

Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri acara pelatihan pelaku UMKM ekonomi kreatif Banyuwangi yang berlangsung di Pondok Pesantren Roudlotul Muta'allimin, Cluring, Senin (6/6/2002). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Menparekraf Sandiaga Uno ke Banyuwangi, Jawa Timur. 

"Hari ini kita berkunjung dan bersilaturahim dalam kegiatan pelatihan yang diharapkan dapat mendukung program pemberdayaan masyarakat, khususnya kelompok UMKM binaan Pondok Pesantren Roudlotul Muta'allimin," kata Menparekraf Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Menparekraf mengatakan, ekonomi kreatif di Banyuwangi sudah sangat dikenal akan potensinya yang tinggi. Seperti produk batik Banyuwangi yang dihasilkan para pelaku UMKM ekonomi kreatif di kawasan Cluring. Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu sentra batik Banyuwangi. 

"Kami melihat banyak sekali ibu-ibu yang memiliki keunggulan dalam membatik dan ini kita persiapkan karena (pariwisata) Banyuwangi akan segera bangkit," kata Sandiaga. 

Terlebih saat ini sektor pariwisata khususnya di Banyuwangi mulai bangkit seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19. Karenanya kegiatan pelatihan ini dihadirkan guna mendukung peningkatan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif dalam berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi.  

"Kunjungan wisatawan akan semakin banyak, karenanya produk karya ekonomi kreatif harus terus dibangun agar memiliki daya saing dan menjadi oleh-oleh andalan. Dan saya harapkan UMKM bisa mengambil inspirasi dari program-program unggulan kita seperti desa wisata, ekowisata, juga pariwisata berbasis olahraga," kata Menparekraf Sandiaga. 

"Kita akan terus melakukan pendampingan, setelah pelatihan ini juga kita akan bantu pemasaran. Ke depannya secara holistik 360 derajat kita bantu pembiayaannya agar kekayaan ekonomi kreatif ini berkelanjutan," kata Sandiaga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…