Komisi VII DPR RI Dukung Pengembangan PLTS Atap dan Percepat Pengadaan Pembangkit Listrik Wilayah 3T

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Juni 2022 - 18:46 WIB

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin
Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Komisi VII DPR RI bersepakat dengan Sekjen Kementerian ESDM RI untuk memprioritaskan program yang berkaitan dengan masyarakat seperti Bantuan Pasang Baru listrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dalam realisasi anggaran Tahun 2022 dan tidak memasukkannya ke dalam automatic adjusment TA 2022.

Kesepakatan tersebut disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI dengan Dirjen Ketenagalistrikan, Dirjen RBTKE dan Kementerian ESDM RI di Parlemen Senayan Jakarta, Senin, (6/6/2022).

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa Komisi VII DPR juga mendorong seluruh eselon I Kementerian ESDM RI untuk lebih pro aktif dalam berkoordinasi dan melibatkan Komisi VII DPR RI dalam pelaksanaan program kegiatan TA 2022.

"Temasuk perencanaan, revisi peraturan yang membatasi dan kendala-kendala yang dihadapi dan implementasi program di lapangan khususnya yang terkait dengan kepentingan masyarakat di daerah," ujar Mukhtarudin.

Untuk itu, Komisi VII DPR RI mendesak seluruh Eselon I Kementerian ESDM RI untuk memprioritaskan perencanaan anggaran yang fungsional dan efisien termasuk dengan melakukan proses tender, pelaksanaan program lebih awal dengan memprioritaskan daerah 3 T.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mengatakan program pembangunan mesti berkeadilan dan berkelanjutan, agar dirasakan semua penduduk, termasuk di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Selain itu, Komisi VII DPR juga mendorong Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM untuk memantau percepatan pengadaan pembangkit listrik dengan PT PLN Persero sesuai dengan perencanaan ketersediaan sebaran Gardu induk, Gardu transmisi dan gardu distribusi di wilayah Maluku, Maluku Utara dan daerah 3 T lainnya seperti Papua Papua barat dan wilayah Kalimantan.

"Saya kira koordinasi itu penting agar listrik dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat," pungkas Mukhtarudin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Techno9 Indonesia

Selasa, 06 Desember 2022 - 08:14 WIB

PT techno9 Indonesia Tbk Segera Listing di Bursa

Minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal saat ini semakin tinggi terutama di sektor teknologi. Sehingga setiap penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) saham…

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (ketiga dari kiri), Wakil Ketua Umum Agung Sudjatmiko (paling kiri), Plt Sekjen Dekopin Moh. Sukri (kedua dari kiri) mendampingi Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi (keempat dari kiri) dan Deputi IV Kementerian Koordinator Perekonomian RI Rudy Salahuddin (kedua dari kanan) saat membuka secara resmi Rapimnas Dekopin tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022). Foto: Dokumen PIP Dekopin. 

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:51 WIB

Kementerian Koperasi Minta Nurdin Halid Kawal Agenda-Agenda Strategis Gerakan Koperasi

Jakarta – Pemerintah meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid untuk mengawal agenda-agenda strategis Gerakan Koperasi Indonesia, khususnya RUU Perkoperasian dan RUU Pengembangan…

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:20 WIB

Ketua PWI Pusat Hadiri Rapat Jelang HPN di Medan

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Kota Medan, Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara oleh Panitia Pusat HPN 2023. Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:02 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tinjau Latihan Puncak Ancab YTP 611/Awl

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengungkapkan rasa bangganya saat memberikan pengarahan usai meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon…

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…