Wujudkan Green Port, Pelabuhan KCN Marunda Gelar Tanam Bibit Mangrove Tahap II Sepanjang 1.1 Km

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 04 Juni 2022 - 13:21 WIB

Pelabuhan KCN Marunda Gelar Tanam Bibit Mangrove
Pelabuhan KCN Marunda Gelar Tanam Bibit Mangrove

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karya Citra Nusantara atau dikenal sebagai Pelabuhan KCN Marunda sebagai pelabuhan supporting Pelabuhan Internasional Tanjung Priok yang khusus melayani bongkar muat barang curah, dalam rangka mewujudkan visi sebagai terminal ramah lingkungan (Green Port) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar penanaman bibit Mangrove Rhizopora Mucronata Tahap II Sepanjang 1100 meter (1.1 kilometer) di hutan bakau di areal Terminal Umum BUP Karya Citra Nusantara.

Pelabuhan KCN Marunda yang dibangun dengan NON APBN APBD dan merupakan proyek strategis infrastruktur pendukung tol laut memiliki komitmen kuat kepedulian terhadap lingkungan dan upaya pelestarian alam berkelanjutan ini sebelumnya telah melaksanakan penanaman bibit Mangrove Tahap I sepanjang 600 meter di perimeter selatan KCN pada tahun 2017 dan akan melanjutkan penanaman Tahap III.

"Badan Usaha Pelabuhan Karya Citra Nusantara (KCN) melanjutkan komitmennya untuk pelestarian alam berkelanjutan, khususnya di kawasan pesisir Jakarta lewat penanaman bibit mangrove tahap II di Hutan Bakau yang berada di area Terminal Umum KCN pier 2 dan pier 3 sepanjang 1.100 meter. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kelautan dan juga Institut Pertanian Bogor. IPB memberikan masukan atas jenis mangrove yang cocok ditanam. Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan atau disebut juga 'green port'." kata Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara, Widodo Setiadi.

Lebih jauh Widodo Setiadi menjelaskan bahwa kegiatan penanaman bibit mangrove yang berlangsung pada Jumat (3/6/2022) siang di Pelabuhan KCN Marunda di Jalan Jayapura nomor 1 KBN Cilincing, Jakarta Utara ini merupakan kelanjutan dari program penanaman mangrove yang sebelumnya sudah dilakukan pada 2017 silam sepanjang 600 meter di perimeter selatan terminal umum yang dikelola oleh KCN. 

Selain penanaman mangrove, KCN beberapa waktu yang lalu juga menanam pohon jenis spathodea sebanyak 120 pohon dengan ketinggian kurang lebih tujuh meter di lokasi yang dikelola oleh KCN.

Penanaman mangrove jenis rhizopora mucronata tahap dua yang berlangsung awal Juni 2022 akan diikuti oleh penanaman tahap III di kawasan Pelabuhan KCN Marunda dan telah disesuaikan dengan desain yang terdapat dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Acara penanaman mangrove sebagai bagian dari mewujudkan 'green port' ini dihadiri oleh Kordinator Bidang Pengendalian, Pemanfaatan dan Pelestarian Hutan dari Kementerian Kordinasi Maritim & Investasi, Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok ,  Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Marunda, Direksi PT Karya Citra Nusantara.

Badan Usaha Pelabuhan Karya Citra Nusantara merupakan pelabuhan supporting Pelabuhan Internasional Tanjung Priok yang khusus melayani bongkar muat barang curah.  Pelabuhan ini merupakan proyek strategis infrastruktur pendukung program tol laut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…